Comscore Tracker

Tak Disangka, Ternyata 4 Hewan Ini Sangat Cerdas! Lebah Salah Satunya

Jangan anggap mereka tak mengerti apa-apa, ya

Jika diminta menyebutkan hewan pintar, kemungkinan orang akan memilih anjing, simpanse, lumba-lumba, atau gurita. Hewan-hewan itu memang terkenal dengan kecerdasannya, tapi apakah itu berarti hanya mereka saja yang pantas disebut hewan cerdas?

Ternyata tidak. Berikut ulasan tentang empat hewan cerdas yang mungkin sama sekali tidak kamu sangka sebelumnya.

1. Merpati

Tak Disangka, Ternyata 4 Hewan Ini Sangat Cerdas! Lebah Salah Satunyanytimes.com

Biasanya, spesies burung yang dikenal cerdas adalah burung beo, kakaktua, dan gagak. Mungkin banyak yang gak tahu kalau merpati pun sebenarnya gak kalah cerdas. Apa buktinya? Live Science melaporkan bahwa merpati bisa berhitung dari satu sampai sembilan, loh. What?

Ya, dalam sebuah percobaan, para ilmuwan mengajari seekor merpati untuk berhitung sampai angka tiga. Mereka menghadapkan si merpati pada sebuah layar sentuh. Di layar itu, ada tiga set gambar yang berisi objek satu, objek dua, dan objek tiga.

Si merpati harus menyentuh gambar-gambar tersebut dengan urutan yang benar untuk mendapat makanan. Pada akhirnya, dia berhasil melakukannya!

Setelah itu, para ilmuwan memasukkan enam set gambar tambahan, sehingga total ada sembilan set gambar berisi satu sampai sembilan objek. Hebatnya, tanpa diajari lebih lanjut, si merpati berhasil menekan gambar-gambar itu dengan urutan yang tepat! Tingkat keberhasilannya mencapai 70 persen dari beberapa kali percobaan.

Percobaan tersebut sebelumnya sudah pernah sukses dilakukan oleh monyet dan simpanse. Ternyata, merpati pun berhasil melakukannya. Damien Scarf, salah satu ilmuwan yang melakukan percobaan tersebut bahkan menyebut bahwa merpati bisa mempelajari hampir segala macam hal yang bisa dipelajari primata. Luar biasa, 'kan?

2. Ayam

Tak Disangka, Ternyata 4 Hewan Ini Sangat Cerdas! Lebah Salah Satunyawarrenphotographic.co.uk

Ayam adalah hewan yang sehari-hari kita lihat, bahkan kita sering memakan daging mereka. Karena lebih sering menemui mereka dalam bentuk ayam goreng daripada ayam yang masih hidup, banyak orang gak tahu kalau ayam adalah hewan yang cerdas.

BBC melaporkan sebuah penelitian yang membuktikan bahwa ayam bisa melakukan perhitungan sederhana. Namun, objek penelitian tersebut bukan ayam dewasa, melainkan anak ayam yang baru berumur tiga hari!

Ayam juga diketahui punya kemampuan object permanence, yaitu kemampuan untuk mengetahui bahwa meskipun sebuah benda tersembunyi dari pandangan, benda itu tetap ada. Kemampuan tersebut bahkan gak dimiliki anak manusia berumur kurang dari dua tahun. Sudah mulai takjub? Masih ada lagi, nih.

Ayam juga punya kemampuan sosial yang baik. Mereka berkomunikasi dengan mengeluarkan lebih dari 30 suara berbeda. Selain itu, ayam jantan biasanya suka melakukan tarian untuk menarik perhatian betina. Tapi jika si jantan melihat bahwa ada jantan dominan di dekatnya, dia akan melakukan tarian diam-diam supaya gak ketahuan. Pintar, 'kan?

Baca Juga: 5 Fakta Porpoise, Hewan yang Sering Salah Dikira Lumba-Lumba

3. Lebah

Tak Disangka, Ternyata 4 Hewan Ini Sangat Cerdas! Lebah Salah Satunyacsmonitor.com

Sulit rasanya membayangkan serangga bisa jadi makhluk yang cerdas, tapi ternyata faktanya demikian. Lebah sejak lama diketahui bisa memberi tahu keberadaan sumber makanan kepada koloninya dengan cara melakukan semacam tarian. Dengan tarian itu koloni lebah bisa tahu lokasi makanan tersebut, termasuk arah dan jaraknya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Queen Mary di London menunjukkan kecerdasan lebah. Peneliti menaruh sebuah bola kecil di atas meja dan menunjukkannya kepada seekor lebah. Jika bolanya didorong ke tengah meja, ia akan mendapat hadiah berupa air gula. Si lebah dengan cepat belajar untuk melakukan hal itu.

Lalu, peneliti mendatangkan satu lebah lagi yang tidak tahu apa-apa. Lebah itu kemudian memperhatikan lebah yang sudah terlatih menggerakkan bola ke tengah meja. Ternyata, lebah yang baru itu langsung belajar untuk melakukan hal yang sama. Itu menunjukkan bahwa meski memiliki otak yang sangat kecil, lebah ternyata bisa belajar dengan cepat.

4. Anjing padang rumput

Tak Disangka, Ternyata 4 Hewan Ini Sangat Cerdas! Lebah Salah Satunyawonderopolis.org

Anjing padang rumput adalah sejenis tupai tanah yang hidup di padang berumput di Amerika Utara dan Meksiko. Mereka dinamai anjing padang rumput (prairie dog) karena bisa mengeluarkan suara yang mirip gonggongan anjing. Suara itu mereka keluarkan sebagai alarm peringatan kepada kelompoknya saat ada bahaya yang datang.

Nah, suara anjing padang rumput itulah yang membuat ilmuwan sadar bahwa ternyata mereka hewan yang cerdas. Ahli biologi bernama Con Slobodchikoff menjelaskan bahwa suara yang mereka keluarkan lebih kompleks dari yang kita kira. Untuk tiap jenis bahaya yang mengancam, mereka akan mengeluarkan suara peringatan yang berbeda pula.

Gak hanya itu, teriakan anjing padang rumput juga bisa mendeskripsikan detail yang luar biasa. Jika seorang manusia datang mendekat, misalnya, mereka bisa mendeskripsikan seberapa besar orang itu, pakaian warna apa yang ia pakai, bahkan soal apakah orang itu membawa senjata atau tidak.

Yap, jadi jika suatu saat kamu berjalan mendekati sekawanan anjing padang rumput dan salah satunya mulai berteriak, bisa jadi dia sedang berkata pada kelompoknya, "Ada manusia kurus tinggi memakai baju merah sedang berjalan ke arah sini!" Luar biasa, bukan?

Itulah empat hewan cerdas yang mungkin tidak kamu sangka sebelumnya. Kecerdasan mereka pasti membuat kita semakin takjub pada kehebatan dunia fauna, ya!

Baca Juga: 14 Fakta Unik Seputar Lumba-lumba, Hewan Tercerdas di Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya