Tata Nama IUPAC dalam Kimia: Pengertian dan Aturan

Senyawa juga diberi nama biar gak tertukar

Senyawa kimia sebenarnya telah ditemukan sejak dahulu. Namun, ilmuwan pada masa itu hanya memberikan sebutan non baku pada tiap senyawanya. Hasilnya, beberapa senyawa sama, tetapi memiliki nama berbeda.

Guna merumuskan pemberian nama internasional, pada 1892 perhimpunan ilmuwan kimia merumuskan penamaan senyawa kimia yang diberi nama tata nama IUPAC atau International Union of Pure and Applied Chemistry.

Apa itu IUPAC?

Tata Nama IUPAC dalam Kimia: Pengertian dan Aturanilustrasi logo IUPAC (iupac.org)

IUPAC merupakan badan internasional yang mewadahi dan mewakili para peneliti di bidang kimia serta ilmu pengetahuan dan teknologi terkait lainnya. IUPAC menjadi sebuah organisasi resmi yang berfungsi sebagai katalis. Badan ini bertujuan mempromosikan standar dan memfasilitasi komunikasi yang jelas serta gak ambigu di seluruh dunia.

Salah satu bentuk usahanya yakni dengan membentuk sistem tata nama standar internasional untuk memberikan nama pada senyawa. Tata nama IUPAC berguna untuk memberi setiap senyawa organik nama yang unik dan gak ambigu. Dengan begitu, akan lebih mudah membedakan antar senyawa lain yang disebutkan dalam sistem.

Contoh produk dari IUPAC yang paling sering ditemui adalah tabel periodik kimia. Sebagaimana kamu tahu, masing-masing unsur dan senyawa diberikan nama dengan inisial dan kodenya masing-masing. Dengan begitu, kamu memahami H sebagai Hidrogen di Indonesia sama dengan di Beatrice, Amerika.

Penamaan senyawa organik

Tata Nama IUPAC dalam Kimia: Pengertian dan Aturanilustrasi rumus kimia (pexels.com/RF._.studio)

Sistem penamaan IUPAC pun mengikuti aturan umum. Aturan itu yaitu sebuah molekul yang diidentifikasi oleh ilmuwan sebagai organik ketika kandungannya gak hanya karbon, tapi ada satu elemen lain. Nah, senyawa tambahan paling umum ditemukan adalah hidrogen.

Tata nama IUPAC memperhatikan tiga hal pokok yaitu kata dasar, awalan kimia, dan akhiran. Adapun penjabarannya seperti berikut:

• Akar kata. Diberikan berdasar jumlah atom karbon yang ada dalam rantai primer (atau rantai atom karbon terpanjang). Misalnya, 'Oct' dalam 'Octane', merujuk pada panjang rantai sepanjang delapan atom karbon.
  • Prefiks adalah bagian dari tata nama IUPAC yang muncul sebelum kata dasar. Misalnya, 'siklo' adalah awalan untuk senyawa 'siklopropana'. Pemberian prefiks ini digunakan untuk membedakan antara senyawa siklik dan senyawa asiklik. Selain itu, terdapat prefiks sekunder yang didasarkan pada rantai samping atau kelompok substituen. Misalnya, gugus 'CH3 ' , yang disebut gugus metil.
  • Akhiran mengacu pada kelompok fungsional utama dan ikatan ganda yang ada dalam senyawa organik. Misalnya, 'ol' dalam 'alkohol', mengacu pada kelas spesifik senyawa organik.

Dengan begitu, penamaan senyawa membantu peneliti membedakan dengan cepat antara jenis molekul, struktur, komponen, dan panjang rantai. Lebih efisien dan memudahkan, kan?