Comscore Tracker

7 Penyebab Kamu Mengigau Saat Tidur yang Paling Umum, Bisa Tanda Stres

Atur jadwal tidurmu ya...

Mengigau adalah fenomena yang lumrah terjadi saat tidur. Meski begitu apakah berbahaya? Ternyata menurut penjelasan para ahli, mengigau gak dianggap sebagai masalah kesehatan yang berarti.

Akan tetapi, apa yang terjadi jika seseorang terus-menerus mengigau tanpa henti? Kalau itu terjadi, sudah tentu kamu perlu ke dokter. Namun, apa sih sebenarnya penyebab mengigau dan gimana cara mengatasinya? Berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Mengigau adalah gangguan tidur yang biasa terjadi dan gak berbahaya

7 Penyebab Kamu Mengigau Saat Tidur yang Paling Umum, Bisa Tanda Strespexels.com/bruce mars

Dilansir dari National Sleep Foundation, mengigau atau biasa disebut somniloquy adalah gangguan tidur yang membuat orang berbicara saat tidur, namun gak menyadarinya. Mengigau bisa berbentuk dialog atau monolog (bicara sendiri) yang rumit, seperti bergumam atau bicara omong kosong. Meski begitu, mengigau bisa jadi indikasi gangguan tidur yang lebih serius, seperti sleep apnea (napas berhenti), night terrors (menjerit) dan gangguan perilaku REM (Rapid Eye Movement). 

2. Mengigau lebih sering terjadi pada anak-anak dan pria dewasa

7 Penyebab Kamu Mengigau Saat Tidur yang Paling Umum, Bisa Tanda Streshellosehat.com

Mengigau memang bisa terjadi pada siapa saja. Namun, dilansir dari Hello Sehat, sekitar 5 persen lebih sering terjadi pada anak-anak dan pria dewasa berusia 25 tahun ke atas. 

3. Biasanya penyebab utama mengigau karena faktor psikologis

7 Penyebab Kamu Mengigau Saat Tidur yang Paling Umum, Bisa Tanda Stressleepsugar.com

Biasanya, seseorang mengigau karena sedang mengalami tekanan emosional atau stres. Tentu saja, ini akan lebih sering terjadi pada penderita depresi. Jika kamu merasa kesehatan mentalmu mengganggu aktivitasmu, lebih-lebih membuat istirahatmu gak pulas, sebaiknya kamu berkonsultasi pada ahlinya. 

Baca Juga: 10 Bahaya Kurang Tidur Ternyata Bisa Lebih Parah dari yang Kita Duga

4. Bisa juga disebabkan karena kurang tidur, demam dan penggunaan obat-obatan tertentu

7 Penyebab Kamu Mengigau Saat Tidur yang Paling Umum, Bisa Tanda Streshellosehat.com

Jika kamu tidur dalam keadaan sangat mengantuk dan kurang tidur, kamu akan lebih rentan mengigau. Selain itu, mengigau juga bisa terjadi saat kamu demam atau suhu badanmu meningkat drastis. Hal serupa pun terjadi saat kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

5. Minum-minuman keras dan penyalahgunaan obat terlarang juga bisa membuat seseorang mengigau

7 Penyebab Kamu Mengigau Saat Tidur yang Paling Umum, Bisa Tanda Stresadobe.com

Selain hal-hal di atas, kebiasaan mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang juga bisa membuatmu mengigau. Untuk itu, ada baiknya kamu menghindari kebiasaan ini. 

6. Mengigau gak membutuhkan pengobatan, kecuali untuk kasus tertentu

7 Penyebab Kamu Mengigau Saat Tidur yang Paling Umum, Bisa Tanda Stresnorthwell.edu

Umumnya, mengigau gak membutuhkan pengobatan khusus. Meski begitu, jika kamu terus-menerus mengigau dan dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan ahlinya, seperti dokter atau psikolog. 

7. Lakukan kebiasaan baik, seperti tidur terjadwal dan dalam waktu yang cukup

7 Penyebab Kamu Mengigau Saat Tidur yang Paling Umum, Bisa Tanda Streszoomzum.com

Salah satu cara untuk menghindari tidur mengigau dengan tidur secara teratur dan terjadwal. Selain itu penuhilah kebutuhan tidurmu, jangan terlalu singkat atau terlalu lama. Hindari juga makan makanan yang mengganggu kualitas tidurmu, seperti makan makanan berat atau minuman beralkohol.

Setiap gejala pasti punya makna. Sama halnya dengan gejala mengigau ini. Memang perkara sepele, namun jangan dibiarkan ya jika ini sudah mengganggumu atau orang yang tidur bersamamu. Salam sehat jiwa raga!

Baca Juga: Kenapa sih Kalau Tidur Mulut Kita Terbuka? Berikut Alasannya

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You