5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di LaLiga

Beberapa masih aktif bermain hingga saat ini

LaLiga Spanyol merupakan kompetisi papan atas Eropa yang didominasi oleh pemain lokal. Sebanyak 58 persen pemain yang merumput di sana adalah pemain berkebangsaan Spanyol. Sebagian pemain yang menorehkan penampilan terbanyak di LaLiga juga berasal dari Spanyol.

Meski demikian, terdapat banyak pemain asing yang bersinar di LaLiga. Bahkan, beberapa dari mereka masuk daftar pemain dengan penampilan terbanyak. Siapa saja mereka? Simak ulasan berikut ini!

1. Lionel Messi (520 penampilan) layak menjadi legenda Barcelona

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di LaLigapotret Lionel Messi (laliga.com)

Bukan hal yang mengejutkan jika Lionel Messi menjadi pemain asing dengan jumlah penampilan terbanyak di LaLiga. Pemain berkebangsaan Argentina ini memperkuat Barcelona pada 2005—2021. Selama 11 tahun, Messi mengoleksi 520 penampilan di LaLiga bersama Blaugrana.

Messi layak menyandang status sebagai legenda Barcelona. Ia telah mencatatkan 672 gol dan 303 assist di semua pertandingan yang ia lakoni bersama klub tersebut. Selain itu, Messi juga berhasil meraih berbagai gelar juara, termasuk 10 trofi LaLiga dan 4 trofi Liga Champions Eropa.

2. Antoine Griezmann (475 penampilan) sempat meredup saat memperkuat Barcelona

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di LaLigapotret Antoine Griezmann (laliga.com)

Antoine Griezmann merupakan jebolan akademi Real Sociedad. Ia berhasil promosi ke tim utama pada 2010. Penampilan apik yang ia tunjukkan mampu menarik perhatian Atletico Madrid. Pada 2014,  Atletico Madrid memboyong Griezmann dari Sociedad dengan mahar 30 juta euro atau Rp507 miliar.

Pemain berkebangsaan Prancis ini menjadi andalan Atletico Madrid di lini serang. Griezmann mampu tampil tajam bersama Los Colchoneros. Setelah 5 musim berseragam Atletico Madrid, pemain 32 tahun itu diboyong Barcelona dengan biaya transfer mencapai 120 juta euro atau Rp2 triliun.

Didatangkan dengan biaya mahal, Griezmann justru gagal bersinar bersama Barcelona. Ia hanya bertahan selama 2 musim sebelum akhirnya kembali ke Atletico Madrid. Hingga saat ini, Griezmann telah mencatatkan 475 pertandingan di LaLiga bersama tiga tim yang pernah ia bela.

Baca Juga: Claudio Echeverri, Wonderkid Argentina Penerus Lionel Messi

3. Karim Benzema (439 penampilan) tampil sangat tajam bersama Real Madrid

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di LaLigapotret Karim Benzema (twitter.com/realmadrid)

Selanjutnya, ada Karim Benzema, pemain berkebangsaan Prancis yang berposisi sebagai penyerang. Real Madrid merupakan satu-satunya klub LaLiga yang diperkuat Benzema. Ia membela Los Blancos pada 2009—2023 dengan mengoleksi 439 penampilan di LaLiga.

Benzema dikenal sebagai penyerang yang cukup tajam. Ia telah menorehkan 345 gol sepanjang kariernya di Real Madrid. Pada musim panas 2023, pemain berusia 35 tahun itu resmi berpisah dengan Real Madrid dan melanjutkan kariernya di Saudi Pro League bersama Al-Ittihad.

4. Dani Alves (436 penampilan) selalu jadi pilihan utama di Sevilla dan Barcelona

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di LaLigapotret Dani Alves (laliga.com)

Dani Alves merupakan pemain asal Brasil yang berposisi sebagai bek kanan. Alves pertama kali merumput di LaLiga bersama Sevilla. Saat itu, dirinya didatangkan dari klub Brasil, EC Bahia, pada musim panas 2002.

Setelah 6 musim memperkuat Sevilla, Alves memutuskan untuk berlabuh ke klub Spanyol lainnya, Barcelona. Bersama Barcelona, Alves mampu memenangi berbagai trofi, termasuk 6 gelar juara LaLiga dan 3 Liga Champions. Jika ditotal, pemain berusia 40 tahun ini telah bermain dalam 436 pertandingan LaLiga bersama Sevilla dan Barcelona.

5. Ivan Rakitic (435 penampilan) masih menjadi andalan Sevilla hingga kini

5 Pemain Asing dengan Penampilan Terbanyak di LaLigapotret Ivan Rakitic (laliga.com)

Selain Dani Alves, pemain Sevilla dan Barcelona lainnya yang masuk dalam daftar ini adalah Ivan Rakitic. Gelandang asal Kroasia ini telah membukukan 435 penampilan di LaLiga. Jumlah tersebut masih bisa bertambah mengingat dirinya masih menjadi tumpuan di lini tengah Sevilla.

Selama berkarier di LaLiga, Rakitic telah membukukan 60 gol dan 70 assist. Pemain 35 tahun itu juga berhasil memenangkan empat trofi LaLiga pada 2014/2015, 2015/2016, 2017/2018, dan 2018/2019. Semua trofi tersebut ia raih saat masih berseragam Barcelona.

Lima pemain asing di atas punya catatan apik saat bermain di LaLiga. Antoine Griezmann dan Ivan Rakitic juga masih diandalkan klubnya hingga saat ini. Mereka memiliki peluang untuk memecahkan rekor penampilan terbanyak LaLiga milik Lionel Messi.

Baca Juga: Bryan Zaragoza dan 4 Rekrutan Terakhir Bayern Munich dari Klub LaLiga

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya