TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Saptoyogo Purnomo, Peraih Emas Pertama di APG 2022

Andalan Indonesia di para-atletik

Atlet para-atletik Indonesia, Saptoyogo Purnomo di nomor 400 meter T47 putra dalam ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok.NPC Indonesia)

Jakarta, IDN Times - Saptoyogo Purnomo menjadi salah satu atlet yang membuktikan keterbatasan fisik tak jadi penghalang untuk meraih prestasi. Tampil di Asian Para Games 2022 Hangzhou, Saptoyogo menjadi penyumbang emas pertama untuk Merah-Putih.

Ini bukan prestasi pertama Saptoyogo untuk Merah-Putih. Andalan para-atletik Indonesia ini bahkan sudah menyumbang medali dari panggung Paralimpiade untuk Tanah Air.

1. Jadikan kekurangan sebagai kekuatan, Saptoyogo penuh prestasi

Atlet para-atletik Indonesia, Saptoyogo Purnomo di nomor 400 meter T47 putra dalam ajang Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok.NPC Indonesia)

Melansir dari ANTARA, Saptoyogo pertama kali berlatih sprint ketika usianya 16 tahun. Tekun berlatih, Saptoyogo memastikan diri menjadi bagian dari pelatnas Indonesia.

Keterbatasan yang dimilikinya mampu dijadikannya sebagai kekuatannya. Deretan prestasi diraihnya mulai dari ajang nasional hingga internasional.

Salah satu prestasi paling membanggakan Saptoyogo adalah saat dia meraih lime emas di ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2016 lalu di Bandung. Kala itu, Saptoyogo mengunci lima emas dari lima nomor yang diikutinya yakni lari 100 meter, lari 200 meter, lari estafet 4x100 meter, lari estafet 4x400 meter, dan lompat jauh.

2. Sempat jadi bahan olokan

Atlet para-atletik Indonesia, Saptoyogo Purnomo di Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok. NPC Indonesia)

Saptoyogo merupakan salah satu atlet para-atletik Indonesia yang mengidap cerebral palsy yang mengganggu gerakan, otot, atau pun postur tubuhnya. Kondisi ini membuat tangan dan kaki kanan Saptoyogo menjadi lemah dan tak luwes bergerak.

Sempat diolok-olok kawan sebayanya ketika masih kecil, Saptoyogo pernah kecil hati. Namun, Saptoyogo memilih bangkit dari cibiran teman-temannya dan menolak diremehkan.

Baca Juga: Indonesia Raih Emas Pertama di Asian Para Games 2022!

Baca Juga: Para Atletik Incar 4 Emas di Asian Para Games 2022 Hangzhou

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya