Para Atletik Incar 4 Emas di Asian Para Games 2022 Hangzhou

Ditargetkan bawa pulang total 13 medali

Jakarta, IDN Times - Tim para-atletik Indonesia punya terget besar di Asian Para Games 2022 Hangzhou. Skuad Indonesia menargetkan bisa membawa pulang total 13 medali termasuk empat medali emas dari China.

Skuad Indonesia melakukan pengondisian dan adaptasi cuaca sembari latihan di Huanglong Sports Centre Stadium, pada Rabu (18/10/2023) waktu setempat. Tim Indonesia diperkuat 22 para-atlet terbaik di Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Baca Juga: Tim Indonesia ke Asian Para Games 2022 dengan Pesawat Charter

1. Turunkan 22 para-atlet di cabor para-atletik

Para Atletik Incar 4 Emas di Asian Para Games 2022 HangzhouTim para-atletik Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok. NPC Indonesia)

Sebanyak 22 wakil Indonesia akan turun dalam lima nomor pertandingan di cabang olahraga (cabor) para-atletik dalam Asian Para Games 2022 Hangzhou. Kelima nomor yang diikuti adalah lari, lempar cakram, tolak peluru, balap kursi roda, dan lompat jauh.

Kepala Pelatih Para-Atletik, Slamet Widodo, mengatakan, para-atlet Indonesia sudah siap 100 persen untuk menjalani Asian Para Games 2022 Hangzhou.

“Evaluasi kita sama saja seperti latihan biasa, tetapi ketika sudah mendekati suasana perlombaan seperti ini, kita harus tingkatkan mental, motivasi dan semangat atlet. Untuk teknik dan fisik sudah dipersiapkan matang sejak di Solo,” kata Slamet.

Baca Juga: Menpora: Bonus Atlet ASEAN Para Games Setara SEA Games 2023

2. Ditargetkan bawa empat medali emas

Para Atletik Incar 4 Emas di Asian Para Games 2022 HangzhouTim para-atletik Indonesia di Asian Para Games 2022 Hangzhou (dok. NPC Indonesia)

Secara total, skuad para-atletik ditargetkan membawa total 13 medali dari Asian Para Games 2022 Hangzhou. Skuad Merah Putih ditargetkan pulang dengan empat emas, lima perak, dan empat perunggu.

Dua medali emas diharapkan mampu direbut oleh Saptoyogo Purnomo di nomor lari 100m putra T37 dan 200m putra T37.

Sementara satu medali emas diharapkan datang dari Karisma Evi Tiarani yang berlaga di nomor 100m putri T63. Medali emas lainnya ditargetkan kepada Suparni Yati yang akan berlaga di tolak peluru putri F20.

Baca Juga: Menpora Lepas Skuad Asian Para Games 2022, Targetkan 19 Medali Emas

3. Tolak ukur penetapan target skuad Indonesia

Para Atletik Incar 4 Emas di Asian Para Games 2022 HangzhouPara-atletik Indonesia menjalani try-out di Grand Prix Para-Atletik di Nottwil, Swiss (dok. NPC Indonesia)

Slamet mengatakan, target yang dipasang tim para-atletik Indonesia merupakan hasil analisis dari pelatih. Catatan prestasi para-atlet dari sejumlah kejuaraan dan kualifikasi yang sudah diikuti menjadi parameternya.

“Para-atletik merupakan olahraga yang terukur sehingga kita bisa melihat catatan prestasi lawan kemudian dianalisis sehingga muncul target yang ditetapkan kepada atlet tersebut," kata Slamet.

Baca Juga: Indonesia Target Boyong 19 Medali Emas di Asian Para Games 2022 

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya