Comscore Tracker

5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions dalam 1 Dekade Terakhir

CR7 ungguli Messi dan Lewandowski! #IDNTimesSport

Liga Champions telah menjadi arena bagi para pesepak bola top bertarung. Banyak legenda yang telah mencatatkan 'tinta emas' di kompetisi antarklub Eropa paling bergengsi tersebut. Khususnya, dalam sedekade terakhir. Penggemar sepak bola telah disuguhi aksi pertarungan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Namun sebenarnya, banyak pemain top lainnya yang juga tampil mengesankan. Tak sedikit dari mereka yang mencatatkan banyak gol. Berikut daftar pencetak gol terbanyak di Liga Champions dalam satu dekade terakhir.

5. Thomas Muller (Bayern Munich) - 42 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions dalam 1 Dekade TerakhirThomas Muller (goal.com)

Nama pertama ini mungkin cukup mengejutkan. Namun faktanya, Thomas Muller menjadi pencetak gol yang produktif untuk Bayern Munich di Eropa. Dia yang sebenarnya bermain kreatif, mampu menorehkan 42 gol di Liga Champions dalam satu dekade terakhir.

Muller bahkan memiliki catatan gol lebih banyak dari beberapa pemain top lain seperti Suarez hingga Neymar. Dia juga terbilang sangat sukses di ajang ini bersama Bayern Munchen. Muller membawa Munchen meraih 2 trofi Liga Champions. Tepatnya pada musim 2012/2013 dan musim 2019/2020.

4. Karim Benzema (Real Madrid) - 52 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions dalam 1 Dekade TerakhirKarim Benzema (realmadrid.com)

Berikutnya ada penyerang andalan Real Madrid, yakni Karim Benzema. Penyerang asal Prancis ini kerap diragukan para pecinta sepak bola. Namun Benzema membuktikannya dengan raihan prestasi khususnya dalam mencatatkan  banyak gol. Dalam sedekade terakhir, Benzema menorehkan 52 gol di ajang Liga Champions.

Ia turut membantu Los Blancos meraih empat gelar Liga Champions. Sepanjang bermain di ajang bergengsi ini, Benzema sendiri telah catatkan 71 gol. Jumlah yang sama dengan salah satu legenda Real Madrid, yakni Raul Gonzalez.

Baca Juga: UEFA Resmi Hapus Aturan Gol Tandang di Liga Champions dan Liga Europa

3. Robert Lewandowski (Borussia Dortmund dan Bayern Munich) - 73 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions dalam 1 Dekade TerakhirRobert Lewandowski (fcbayern.com)

Jika ada satu pemain yang menantang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam hal mencetak gol, itu adalah Robert Lewandowski. Di Bundesliga, dia memecahkan rekor demi rekor, penyerang asal Polandia itu juga berhasil membawa performanya ke level Eropa juga.

Dia mencetak 73 gol dalam sepuluh edisi Liga Champions terakhir hanya dalam 96 pertandingan. Lewandowski mencetak 18 gol untuk Borussia Dortmund dalam 36 pertandingan. Ia turut membantu Bayern Munchen meraih gelar keenam mereka tahun lalu dengan mencetak 15 gol di musim Liga Champions 2019/20.

2. Lionel Messi (Barcelona) - 83 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions dalam 1 Dekade TerakhirLionel Messi (fcbarcelona.fr)

Barcelona bukan lagi kekuatan Eropa seperti dulu. Tetapi pada awal dekade terakhir, tidak ada tim yang ingin melawan mereka. Begitulah dominasi Blaugrana dan inti dari semua itu, tentu saja, Lionel Messi. Dia memenangkan Liga Champions hanya sekali sejak musim 2011/12 dan hanya mencapai semifinal sejak kemenangan keenam mereka di tahun 2015.

Meskipun performa Barca menurun, namun tidak dengan sang bintang. Faktanya, Messi masih menjadi kekuatan tim ini, baik di Liga Champions maupun di LaLiga. Ia telah mencetak 83 gol di Liga Champions dalam satu dekade terakhir. Bahkan, tidak ada yang mendekati. 

1. Cristiano Ronaldo (Real Madrid dan Juventus) - 106 gol

5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions dalam 1 Dekade TerakhirCristiano Ronaldo (bleacherreport.com/Fabio Ferrari/Power Sport Images/Getty Images)

Cristiano Ronaldo telah menjadi ikon di Liga Champions. Dia telah meraih lima trofi Liga Champions dalam karirnya dengan empat di antaranya diraih dalam satu dekade terakhir saja. Dengan 106 gol, jelas bahwa Ronaldo berada di 'level' yang lain. Dia sangat tak terbendung selama meraih empat gelar bersama Real Madrid.

Bahkan, mencetak rekor gol terbanyak dalam satu musim dengan 17 gol selama kesuksesan 'La Decima' musim 2013/14. Namun, sejak bergabung dengan Juventus pada 2018, rata-rata Ronaldo telah turun drastis, ia hanya mencetak 14 gol dalam tiga musim Liga Champions bersama raksasa Serie A itu.

Kontribusi gol dari para pemain tersebut juga membantu timnya meraih gelar juara. Dari pemain-pemain tersebut, siapa yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 8 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Pernah Juara Liga Champions

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya