5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bundesliga dalam 10 Tahun Terakhir

Ada dua pemain Bayern Munchen! #IDNTimesSport

Tidak diragukan lagi, Bundesliga adalah salah satu kompetisi terbaik di kancah Eropa. Ajang kompetisi tertinggi sepak bola di Jerman tersebut dikenal selalu memproduksi pemain-pemain hebat dan berbakat di setiap periodenya. Banyak sekali penyerang mumpuni yang lahir dari kompetisi tersebut.

Kehebatan seorang penyerang tentu dilihat dari banyaknya sang pemain mencetak gol. Di ajang Bundesliga, hanya ada beberapa nama yang mampu tampil konsisten dalam mencetak gol di 10 tahun terakhir. Siapa saja para penyerang tersebut? Berikut ulasannya!

1. Robert Lewandowski – 269 gol 

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bundesliga dalam 10 Tahun TerakhirRobert Lewandowski (derstandard.de)

Robert Lewandowski sudah mendominasi daftar top skor Bundesliga dalam beberapa tahun terakhir. Penyerang asal Polandia itu bahkan berhasil memecahkan rekor Gerd Muller dengan menciptakan 41 gol di musim lalu. Dengan performa tersebut, tidak menutup kemungkinan ia bakal bersaing untuk mendapatkan penghargaan Ballon d’Or tahun ini.

Lewandowski tercatat sudah memenangi sepatu emas Bundesliga sebanyak 4 kali secara berturut-turut. Pria berusia 32 tahun itu sejauh ini telah mengoleksi 269 gol di kompetisi tertinggi Jerman tersebut. Semua gol itu diciptakan oleh Lewandowski bersama dua klub berbeda, yaitu Borussia Dortmund dan Bayern Munchen.

2. Marco Reus – 117 gol 

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bundesliga dalam 10 Tahun TerakhirMarco Reus (bvb.de)

Meski tumbuh dari akademi Borussia Dortmund, Marco Reus justru tampil menjanjikan bersama Borussia Monchengladbach. Torehan terbaik sang pemain tercipta ketika musim 2011/2012 dengan membukukan 18 gol dari 32 pertandingan. Berkat performa itu, Borussia Dortmund kepincut dan kembali membelinya.

Di Signal Iduna Park, penampilan Reus semakin membaik. Ia selalu menjadi pemain kunci setiap Dortmund bertanding. Tahun terbaik Reus bersama Dortmund tercipta pada musim 2018/2019, di mana ia mampu membukukan 17 gol serta 11 assist dari 27 pertandingan. Sementara dalam 10 tahun terakhir, Reus sudah mengoleksi 117 gol di Bundesliga.

Baca Juga: 5 Striker Liga Rusia yang Layak Pindah ke Klub Liga Top Eropa

3. Thomas Muller – 104 gol 

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bundesliga dalam 10 Tahun TerakhirThomas Muller (eurosport.com)

Thomas Muller memang mengalami perubahan posisi dalam beberapa tahun terakhir. Ia lebih sering menciptakan assist daripada gol untuk Bayern Munchen. Meski demikian, sang pemain tetap memiliki catatan gol yang istimewa di kompetisi Bundesliga. Dalam satu dekade terakhir, ia sudah membukukan total 104 gol.

Pencapaian terbaik Muller tercipta pada musim 2015-2016, di mana ia mencetak 20 gol dari 31 pertandingan. Sedangkan dalam dua musim terakhir, ia secara keseluruhan sukses menciptakan 42 assist. Torehan itu membuktikan bahwa Muller tetap tampil konsisten meski telah dimakan usia.

4. Pierre-Emerick Aubameyang – 98 gol 

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bundesliga dalam 10 Tahun TerakhirPierre-Emerick Aubameyang (eurosport.com)

Setelah berkarier di kompetisi Italia dan Prancis, Pierre-Emerick Aubameyang kemudian bergabung dengan Borussia Dortmund pada tahun 2013. Awalnya, ia sempat bermain di posisi sayap. Namun, karena kualitasnya yang menjanjikan dalam mencetak gol, Aubameyang digeser menjadi penyerang tengah.

Penyerang asal Gabon itu dikenal karena memiliki kecepatan lari yang sangat kencang dan penyelesaian akhir yang bagus. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ia mencetak cukup banyak gol di kompetisi Bundesliga. Selama berkarier di ajang tertinggi Jerman tersebut, Aubameyang telah mencetak 98 gol dan 22 assist dari 144 pertandingan.

5. Timo Werner – 91 gol 

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bundesliga dalam 10 Tahun TerakhirTimo Werner (90min.com)

Sama seperti Aubameyang, Timo Werner memulai kariernya juga sebagai sayap kiri di Stuttgart. Akan tetapi, kemampuannya di depan gawang lawan membuat ia berpindah posisi sebagai penyerang tengah. Setelah tampil mengesankan bersama Stuttgart, Werner direkrut oleh RB Leipzig pada musim panas 2016.

Kemampuan Werner sendiri semakin meningkat sejak bergabung dengan RB Leipzig. Ia kemudian berhasil mencetak 91 gol dan 42 assist di kompetisi Bundesliga. Berkat performa yang impresif, Werner direkrut oleh Chelsea pada musim panas tahun lalu. Sayangnya, performa sang pemain sedikit menurun sejak bermain di kompetisi Inggris.

Kesuksesan mereka dalam mencetak banyak gol di Bundesliga tentu tidak terlepas dari kekompakan tim serta strategi yang diterapkan oleh para pelatih. Hanya ada tiga pemain yang bisa menambah lagi torehan golnya di musim depan, yaitu Robert Lewandowski, Marco Reus, dan Thomas Muller.

Baca Juga: 5 Klub Langganan Marco Reus untuk Menciptakan Gol, Ada Bayern Munchen

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya