5 Petarung Afrika Paling Sukses di UFC, Ada Juara Dunia

Berlaga di berbagai kelas

UFC merupakan ajang berkumpul petarung-petarung terbaik dari berbagai benua, termasuk Afrika. Dalam kurun 5 tahun terakhir, para petarung asal Afrika makin menunjukkan dominasinya di berbagai divisi. Bahkan, beberapa di antaranya mampu meraih gelar juara dunia yang membanggakan negaranya.

Dikenal memiliki teknik bertarung andal yang dapat menumbangkan lawan dalam sekejap, inilah daftar lima petarung Afrika paling sukses di UFC.

1. Francis Ngannou berkompetisi di kelas berat

5 Petarung Afrika Paling Sukses di UFC, Ada Juara DuniaFrancis Ngannou (ufc.com)

Francis Ngannou merupakan petarung kelahiran Batie, Kamerun. Dilansir laman Sportkeeda, ia memulai kariernya di ajang tarung bebas UFC pada 2015. Di pertandingan perdananya, Ngannou mampu mengalahkan petarung kuat, Luis Henrique, pada ronde kedua.

Francis Ngannou dikenal akan pukulan yang sangat kuat. Hal inilah yang membuat banyak lawan-lawannya jatuh pingsan setelah menerima pukulannya secara bertubi-tubi. Kariernya makin sempurna dengan berhasil meraih juara dunia di kelas heavyweight.

2. Kamaru Usman dijuluki The Nightmare

5 Petarung Afrika Paling Sukses di UFC, Ada Juara DuniaKamaru Usman (ufc.com)

Nigeria memiliki banyak atlet MMA yang berkompetisi di UFC. Namun, petarung yang kariernya paling bersinar adalah Kamaru Usman. Ia berlaga di kelas welterweight. Usman membuat rekor yang sangat sulit dilampaui dengan meraih 14 kemenangan secara beruntun.

Tidak heran jika lengenda UFC, Georges St Pierre, menobatkannya sebagai salah satu petarung UFC tersukses dalam sejarah. Keberingasan Usman di dalam ring membuatnya dijuluki The Nightmare. Saat ini, ia memiliki rekor pertandingan 20 kemenangan serta 3 kekalahan.

Baca Juga: UFC Berminat Gelar Duel di Indonesia Arena

3. Israel Adesanya sang master kickboxing

5 Petarung Afrika Paling Sukses di UFC, Ada Juara DuniaIsrael Adesanya (ufc.com)

Israel Adesanya menjadi petarung ketiga asal Afrika yang berhasil meraih gelar juara dunia di UFC setelah Francis Ngannou dan Kamaru Usman. Beberapa petarung top di kelas middleweight pun pernah ia kalahkan, seperti Robert Whittaker, Yoel Romero, dan masih banyak lagi. Ketika bertarung, Israel Adesanya mempraktikkan ilmu bela diri kickboxing dan jiu-jitsu.

Serangan yang paling ditakuti  lawan dari pria berusia 33 tahun tersebut adalah tendangannya yang cepat, kuat, dan akurat. Israel Adesanya juga dikenal akan gayanya yang nyentrik serta sering memprovokasi lawan sebelum bertanding. Lawan terberat Adesanya saat ini adalah Alex Pereira.

4. Karier Sodiq Yusuff makin melejit

5 Petarung Afrika Paling Sukses di UFC, Ada Juara DuniaSodiq Yusuff (ufc.com)

Satu lagi petarung asal negara Nigeria yang kariernya cemerlang di UFC, yaitu Sodiq Yusuff. Ia berlaga di divisi featherweight bersama Alexander Volkanovski, Brian Ortega, dan lain-lain. Sepanjang karienya, Sodiq Yusuff hanya pernah mengalami dua kekalahan.

Kemenangan gemilang yang pernah diraihnya terjadi saat berhasil menumbangkan Gabriel Benitez dan Suman Mokhtarian. Yusuff memiliki pergerakan yang lincah sehingga lawan sulit untuk melancarkan serangan. Bakat besarnya dalam bertarung membuat bos UFC, Dana White, terpukau.

5. Dricus Du Plessis menjadi petarung yang sangat disegani di kelasnya

5 Petarung Afrika Paling Sukses di UFC, Ada Juara DuniaDricus Du Plessis (ufc.com)

Dricus Du Plessis merupakan petarung Afrika yang berasal dari Afrika Selatan. Ia termasuk petarung yang baru bergabung ke UFC pada 2020. Dricus Du Plessis sekarang menduduki peringkat atas di divisi middleweight.  

Sebelum bergabung di UFC, ia pernah berkompetisi di Extreme Fighting Championship. Di ajang tersebut, Driscus berhasil meraih juara dunia di dua kelas berbeda, yaitu middleweight dan welterweight. Saat ini, Dricus Du Plessis menjadi salah satu petarung yang paling ditakuti di UFC.

Petarung asal Afrika memang dikenal akan stamina tubuhnya yang prima. Maka, tidak heran jika petarung-petarung asal Afrika sangat mendominasi di ajang tarung bebas UFC.

Baca Juga: 5 Daftar Petarung UFC Terkaya di Dunia, Hartanya Mencapai Triliunan

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya