10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib Dikuasai

Yang mau bermain sepak takraw wajib tahu, nih!

Sepak takraw adalah permainan bola kecil yang memadukan dua olahraga, yaitu voli dan sepak bola. Istilah sepak takraw berasal dari kata "sepak" yang berarti menendang dan "takraw" yang memiliki arti bola rotan.

Tujuan dari permainan sepak takraw adalah menendang bola melewati net menggunakan kaki, kepala, atau dada. Olahraga sepak takraw bisa dibilang menjadi salah satu permainan yang cukup berkembang di negara-negara Asia Tenggara.

Meski sepak takraw di Indonesia tidak sepopuler badminton dan sepak bola, tapi bagi kalian yang tertarik mencoba, ada beberapa teknik dasar sepak takraw yang wajib kalian kuasai. Berikut 10 teknik dasar sepak takraw untuk pemula. Simak sampai habis, ya.

1. Inside kick

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib Dikuasaiilustrasi sepak takraw (takraw-association.org.uk)

Teknik dasar pertama dalam bermain sepak takraw adalah inside kick atau tendangan menggunakan kaki bagian dalam. Inside kick adalah teknik tendangan paling umum digunakan dalam sepak takraw yang berguna untuk mengontrol bola.

Teknik ini biasanya digunakan untuk menerima bola servis dan mengumpan kepada killer (striker). Caranya adalah gunakan bagian dalam kaki untuk menyentuh bola, sementara kaki lainnya bertugas sebagai tumpuan.

2. Outside kick

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib Dikuasaiilustrasi sepak takraw (instagram.com/gk_spo)

Teknik tendangan kaki bagian luar atau outside kick menjadi teknik dasar sepak takraw berikutnya harus kalian kuasai saat bermain sepak takraw. Jenis tendangan ini biasa digunakan untuk mendorong bola ke atas dan menyerang pertahanan lawan.

Laju bola yang dihasilkan dari sepakan outside kick biasanya lebih cepat dan keras sehingga menjadi salah satu cara untuk mendulang poin terbaik. Caranya adalah gunakan satu kaki sebagai tumpuan, sementara kaki yang lainnya menekuk membentuk sudut 90 derajat sambil menendang bola pada kaki bagian luar.

Baca Juga: 5 Pakaian Olahraga yang Bisa Menjadi Penunjang Penampilan Pria, Keren!

3. Header

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib Dikuasaiilustrasi sepak takraw (takraw-association.org.uk)

Header atau sundulan merupakan kemampuan dasar dalam sepak takraw yang patut kalian kuasai. Sundulan biasa digunakan untuk mengontrol bola, mengumpan bola atau bahkan melakukan penyerangan jika bola susah dijangkau dengan kaki.

Teknik menyundul bola ini tidak boleh sembarangan menggunakan bagian kepala karena bisa menyebabkan sakit kepala. Gunakan bagian dahi kepala dan pastikan kepala kalian saat menyundul dalam keadaan rileks dan tidak kaku agar bola bisa memantul secara maksimal.

4. Horse kick serve

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib Dikuasaiilustrasi sepak takraw (sepaktakraw.co)

Horse kick serve merupakan tendangan tinggi saat posisi kaki berada di atas kepala dan bahu. Teknik ini terbilang cukup menantang dan sulit karena membutuhkan ketrampilan dan fleksibilitas tinggi dari seorang pemain.

Horse kick serve biasa digunakan untuk servis atau permulaan permainan yang cukup efektif untuk mendapatkan poin. Karena servis yang menggunakan horse kick serve memiliki laju bola yang cepat dan keras sehingga lawan susah untuk mengontrol bola.

5. Roll spike

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib Dikuasaiilustrasi sepak takraw (sepaktakraw.co)

Roll spike adalah teknik menendang bola dengan menggunakan unsur akrobatik yang biasa digunakan untuk menyerang. Gerakan roll spike ini mirip dengan gerakan salto, yaitu menendang bola menggunakan bagian luar kaki dengan badan membelakangi atau menyamping dari net.

Menendang dengan teknik roll spike biasa dilakukan oleh striker atau orang yang berposisi di dekat net. Tendangan roll spike sangat efektif untuk mendapatkan poin ketika bermain sepak takraw. Namun, perlu diingat teknik ini sangatlah susah sehingga dibutuhkan latihan rutin agar melakukannya dengan baik.

6. Tendangan menapak

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib DikuasaiIlustrasi: Tim Sepak Takraw Double Event Sulawesi Selatan bertanding di PON XX Papua 2020. ( Foto PB PON XX PAPUA/Gino F Hadi)

Teknik dasar sepak takraw berikutnya adalah tendangan menapak. Sesuai namanya, teknik tendangan ini menggunakan tapak atau telapak kaki pemain untuk menendang bola.

Teknik ini biasanya digunakan saat ingin melakukan tendangan balasan langsung dari smash yang dilakukan lawan. Biasanya pemain akan mengangkat salah satu kakinya dengan mengarahkan telapak kaki ke depan.

Harapannya bola serangan lawan akan ter-block telapak kakinya, sehingga bola kembali ke area lawan dan berpotensi memberikan poin baginya.

7. Tendangan paha

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib DikuasaiSepak takraw sebagai permainan bola besar (canva.com)

Tendangan paha berbeda dari teknik dasar sepak takraw sebelumnya yang bertujuan untuk memindahkan bola ke area lawan. Tendangan paha lebih sering digunakan untuk mengontrol bola setelah diberikan oleh lawan atau rekan tim.

Caranya adalah dengan mengangkat salah satu paha hingga membentuk sudut 90 derajat. Dengan harapan bola yang diterima akan memantul di paha, sehingga kamu bisa lebih mudah mengendalikannya.

Setelah bola terkendali, kamu bisa langsung mengoper ke rekan tim untuk membuat serangan ke lawan.

8. Kontrol dada

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib DikuasaiIlustrasi bola sepak takraw. (Pixabay.com/ktphotography)

Sama seperti teknik dasar sepak takraw sebelumnya, teknik dada juga digunakan untuk mengontrol dan mengendalikan bola yang datang dari lawan. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan membuka dan membusungkan dada ke atas.

Kemudian fokuskan pandangan ke arah bola. Sebisa mungkin pastikan bola jatuh tepat di dadamu. Jika berhasil, kamu bisa melanjutkan dengan teknik tendangan lainnya.

9. Kontrol bahu

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib DikuasaiIlustrasi teknik kontrol dada pada sepak takraw (freepik.com)

Teknik dasar sepak takraw yang juga wajib dikuasai setiap pemain adalah kontrol bahu. Sama seperti teknik sebelumnya, kontrol bahu juga dilakukan untuk mengendalikan bola yang datang kepadamu.

Caranya dengan membuka bahu sebelah kanan atau kiri agar bola dapat mendarat tepat di bagian bahu depan. Setelah itu, kombinasikan dengan tendangan kaki bagian dalam atau punggung kaki.

Baca Juga: 15 Peraturan Sepak Takraw yang Perlu Kamu Ketahui

10. Tendangan simpuh

10 Teknik Dasar Sepak Takraw untuk Pemula, Wajib DikuasaiTendangan simpuh sebagai teknik dasar sepak takraw (freepik.com/kjpargeter)

Teknik dasar sepak takraw yang terakhir adalah tendangan simpuh. Teknik tendangan ini menggunakan kaki bagian belakang untuk menendang bola.

Teknik ini cukup sulit dilakukan jika tidak terbiasa dan terlatih. Sebab kamu perlu mengira-ngira di mana bola akan mendarat di belakangmu.

Tendangan simpuh digunakan untuk melakukan penyelamatan tak terduga dari bola serangan lawan yang datang ke area tim kamu. Teknik ini juga biasanya dilakukan secara spontan dan cepat, sehingga lagi-lagi butuh akurasi dan ketepatan dalam melakukannya.

Nah, itulah 10 teknik dasar sepak takraw yang perlu kalian tahu dan kuasai saat bermain. Dengan pemahaman teknik yang baik, maka kalian akan lebih mudah saat bermain sepak takraw bersama teman-teman. Ada yang tertarik mencoba sepak takraw?

Baca Juga: Sejarah Sepak Takraw, Kombinasi Tiga Jenis Olahraga

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya