5 Fakta Cleveland Cavaliers yang Wajib Diketahui, Baru Juara Sekali!

Sempat tampil buruk di NBA

Performa Cleveland Cavaliers di NBA 2022/2023 bisa dibilang mengalami peningkatan. Pasalnya, mereka sukses bercokol di peringkat keempat Wilayah Timur pada pertengahan musim.

Cavs masih berambisi mengulang memori manis mereka kala juara NBA pada 2016 lalu. Bedanya, saat itu mereka masih diperkuat LeBron James.

Cavaliers sendiri memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang. Buat yang penasaran, langsung saja simak lima fakta fakta menarik Cleveland Cavaliers di bawah ini.

1. Cleveland Cavaliers menjuarai NBA untuk pertama kalinya pada 2016

5 Fakta Cleveland Cavaliers yang Wajib Diketahui, Baru Juara Sekali!LeBron James dan Kyrie Irving semasa membela Cleveland Cavaliers. (nba.com)

Sejak berdiri pada 1970 silam, Cleveland Cavaliers baru sekali merasakan gelar juara NBA. Hal itu mereka dapat pada 2016. Cavs kala itu dimotori oleh LeBron James dan Kyrie Irving yang berhasil menumbangkan Golden State Warriors dengan agregat 4-3.

Kemenangan tersebut juga mencetak sejarah baru di NBA. Bukan tanpa sebab, Cavs yang berhasil bangkit menjadi satu-satunya tim yang mampu keluar sebagai juara NBA setelah sempat tertinggal 1-3 pada babak final.

2. Menjadi salah satu tim dengan kekalahan beruntun terbanyak dalam sejarah NBA

5 Fakta Cleveland Cavaliers yang Wajib Diketahui, Baru Juara Sekali!Center muda Cleveland Cavaliers, Evan Mobley, tengah melakukan dunk. (nba.com)

Kekalahan beruntun tentu tidak diinginkan oleh tim mana pun di NBA. Sialnya, Cleveland Cavaliers sempat mengalami petaka tersebut usai kepergian megabintang mereka, LeBron James, ke Miami Heat pada 2010.

Setelah ditinggal LeBron, Cavs seolah hilang arah dan menelan sebanyak 26 kekalahan beruntun di NBA. Catatan tersebut hanya kalah dari Philadelphia 76ers yang pernah menelan 28 kekalahan beruntun.

Baca Juga: 5 Pemain Cleveland Cavaliers yang Terpilih di Urutan Pertama NBA Draft

3. Jersey Cleveland Cavaliers tidak selalu identik dengan warna merah tua pada masa lampau

5 Fakta Cleveland Cavaliers yang Wajib Diketahui, Baru Juara Sekali!Kevin Love menjadi pemain veteran di Cleveland Cavaliers saat ini. (nba.com)

Tiap mendengar nama Cleveland Cavaliers, akan terlintas di benak banyak orang warna jersey merah tua khas Cavaliers. Pasalnya, Cavs memang sudah cukup lama mengenakan jersey dengan warna itu.

Kendati demikian, Cavs pernah memiliki warna jersey lain pada masa lampau. Warna lain yang pernah mereka gunakan berupa oranye, biru, hingga hitam.

4. Sukses memilih dua bintang besar NBA dari NBA Draft

5 Fakta Cleveland Cavaliers yang Wajib Diketahui, Baru Juara Sekali!LeBron James dan Kyrie Irving semasa membela Cleveland Cavaliers. (nba.com)

Cleveland Cavaliers pernah memilih dua pemain yang menjelma menjadi bintang besar NBA dari NBA Draft. Kedua pemain tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah LeBron James dan Kyrie Irving.

Meski keduanya kini sudah tidak berseragam Cavs, mereka pernah memberi kenangan manis bagi seluruh fans di Cleveland dengan sukses membawa tim kesayangan mereka juara NBA untuk pertama kalinya pada 2016. LeBron kini membela Los Angeles Lakers dan Irving membela Brooklyn Nets.

5. Lima musim pertama yang dijalani Cleveland Cavaliers NBA bisa dibilang buruk

5 Fakta Cleveland Cavaliers yang Wajib Diketahui, Baru Juara Sekali!LeBron James bermain bersama dua rekannya di Cleveland Cavaliers, Kyrie Irving dan Kevin Love. (nba.com)

Pada awal perjalanannya di NBA, langkah Cleveland Cavaliers bisa dibilang cukup berat. Bagaimana tidak, 5 musim pertama yang mereka jalani di NBA berlangsung cukup buruk. Cavs pun kala itu terseok-seok dan menelan banyak kekalahan.

Kendati demikian, kondisi itu perlahan membaik hingga pada musim keenam Cavs sukses memenangi gelar juara divisi mereka yang pertama. Sebelum itu, rekor menang kalah Cavs sempat cukup menyedihkan dengan rincian 15 kali menang dan 67 kali kalah.

Meski awalnya sempat kesulitan setelah ditinggal LeBron James untuk kedua kalinya pada 2018, Cleveland Cavaliers perlahan berhasil bangkit. Bahkan, mereka memiliki skuad tangguh di NBA 2022/2023 ini. Cavs diperkuat pemain sekelas Donovan Mitchell, Darius Garland, dan lainnya.

Baca Juga: 5 Pebasket Muda Berbakat yang Bisa Menggangkat Cleveland Cavaliers

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya