5 Pemain dengan Poin per Game Tertinggi di FIBA World Cup 2023

Tidak ada pemain dari Timnas Jerman

FIBA World Cup 2023 resmi berakhir pada 10 September 2023. Timnas Jerman berhasil keluar sebagai juara usai membungkam perlawanan Timnas Serbia pada babak final. Pertandingan berakhir dengan skor 83-77.

Para pemain Timnas Jerman layak mendapat apresiasi atas perjuangan mereka di FIBA World Cup 2023. Uniknya, tidak ada satu pun pemain Jerman yang masuk daftar lima pemain dengan poin per game tertinggi di FIBA World Cup 2023.

1. Luka Doncic tampil hebat baik di NBA maupun di timnas

5 Pemain dengan Poin per Game Tertinggi di FIBA World Cup 2023Luka Doncic (instagram.com/lukadoncic)

Luka Doncic menjadi satu-satunya pemain aktif NBA yang membela Timnas Slovenia di FIBA World Cup 2023. Pemain berusia 24 tahun ini kini bermain untuk Dallas Mavericks di NBA. Kehebatan Doncic sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pemain berposisi point guard dan shooting guard ini sudah meraih banyak penghargaan selama berkarier di NBA, di antaranya 4 NBA All-Star dan 4 All-NBA First Team. Tak hanya hebat di NBA, Doncic mampu meneruskan performa hebatnya di Timnas Slovenia. Dia menjadi tulang punggung mereka di FIBA World Cup 2023. Bukti nyatanya adalah rata-rata 27 poin per game di FIBA World Cup 2023.

2. Jordan Clarkson menjadi tumpuan utama Timnas Filipina

5 Pemain dengan Poin per Game Tertinggi di FIBA World Cup 2023Jordan Clarkson (fiba.basketball)

Berikutnya, ada pemain yang kini memperkuat Utah Jazz. Dia adalah Jordan Clarkson. Sebelum di Jazz, pemain berposisi point guard dan shooting guard ini juga pernah membela Los Angeles Lakers dan Cleveland Cavaliers di NBA.

Clarkson sendiri memperkuat Timnas Filipina di FIBA World Cup 2023. Setali tiga uang dengan Luka Doncic, dia juga menjadi satu-satunya pemain NBA di timnya. Clarkson sukses membuktikan kualitasnya sebagai seorang pemain NBA. Dia membuat rataan 26 poin per game di FIBA World Cup 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda di FIBA World Cup 2023, Ada yang Masih 16 Tahun!

3. Lauri Markkanen tampil apik bersama Timnas Finlandia

5 Pemain dengan Poin per Game Tertinggi di FIBA World Cup 2023Lauri Markkanen (fiba.basketball)

Lauri Markkanen adalah rekan setim Jordan Clarkson di Utah Jazz. Pemain asal Finlandia ini biasa bermain sebagai small forward dan power forward. Postur Markkanen yang mencapai 213 sentimeter cukup ideal untuk posisi tersebut.

Pemain berusia 26 tahun ini menunjukkan performa memukau bersama Utah Jazz pada 2022/2023. Markkanen sukses terpilih NBA All-Star 2023 dan NBA Most Improved Player 2023. Dia berhasil meneruskan performa apik itu kala membela Timnas Finlandia di FIBA World Cup 2023. Markkanen mencatatkan rata-rata 24,8 poin per game.

4. Shai Gilgeous-Alexander membawa Timnas Kanada menjadi juara ketiga

5 Pemain dengan Poin per Game Tertinggi di FIBA World Cup 2023Shai Gilgeous-Alexander (fiba.basketball)

Selanjutnya, ada bintang Oklahoma City Thunder dan Timnas Kanada bernama Shai Gilgeous-Alexander. Pemain berusia 25 tahun ini termasuk salah satu pemain All-NBA yang turut meramaikan FIBA World Cup 2023. Sebagai seorang pemain All-NBA, Gilgeous-Alexander sukses membuktikan kualitasnya bersama Timnas Kanada.

Pemain berposisi shooting guard dan point guard ini menjadi mesin poin andalan Timnas Kanada di FIBA World Cup 2023. Gilgeous-Alexander mengemas rata-rata 24,5 poin per game bersama Timnas Kanada di FIBA World Cup 2023. Sayang, Timnas Kanada hanya mampu ia bawa menjadi tim peringkat tiga di ajang internasional tersebut.

5. Karl-Anthony Towns menjadi sosok pembeda di Timnas Republik Dominika

5 Pemain dengan Poin per Game Tertinggi di FIBA World Cup 2023Karl-Anthony Towns (fiba.basketball)

Terakhir, ada pemain berposisi center yang kini memperkuat Minnesota Timberwolves di NBA. Namanya Karl-Anthony Towns. Dia sempat memberi kejutan lantaran memutuskan memperkuat Timnas Republik Dominika di FIBA World Cup 2023. 

Pasalnya, Towns lahir dan besar di Amerika Serikat. Di sisi lain, kehadiran pemain yang dikenal lihai menembak jarak jauh ini cukup berpengaruh bagi Timnas Republik Dominika. Towns menjadi sosok pembeda dan sukses mencetak rata-rata 24,4 poin per game bagi Timnas Republik Dominika di FIBA World Cup 2023.

Lima pemain di atas berperan penting bagi timnas masing-masing di FIBA World Cup 2023. Sayang, tidak ada dari mereka yang mampu mengantarkan timnasnya menjadi juara pertama di ajang internasional tersebut. Hal ini tampaknya menunjukkan bahwa permainan secara tim lebih unggul ketimbang performa dahsyat dari seorang individu semata.

Baca Juga: Kiprah 5 Pemain Barcelona di FIBA World Cup 2023

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya