3 Fakta Aaron Gordon, Forward Eksplosif Denver Nuggets

Salah satu dunker ternama di NBA

Setelah menjalani musim-musim terakhir yang berat, Denver Nuggets akhirnya menjadi juara NBA pada 2022/2023. Ini merupakan kali pertama mereka duduk di takhta tertinggi. Nuggets berhasil memulangkan Miami Heat dengan kedudukan 4-2 di Final NBA.

Seluruh pemain Nuggets mengambil peran penting dalam kejuaraan ini, salah satunya Aaron Gordon. Ia menjalankan tugas dengan baik di posisi power forward. Teknik bermainnya yang cocok dengan Nikola Jokic membuatnya tampil efisien.

Yuk, berkenalan dengan salah satu dunker terbaik sekaligus pemain kunci Denver Nuggets lewat fakta Aaron Gordon di bawah ini!

1. Dipilih Orlando Magic di NBA Draft 2014

3 Fakta Aaron Gordon, Forward Eksplosif Denver NuggetsAaron Gordon (nba.com)

Karier Aaron Gordon di NBA dimulai sejak 2014, ketika Orlando Magic memilihnya pada urutan ke-4 di NBA Draft. Saat masih kuliah, ia sendiri dikenal sebagai pemain kuat dengan energi yang besar serta aktif di kedua sisi lapangan. Gordon juga memiliki kemampuan dunk di atas rata-rata. Tidak heran ia terpilih di urutan atas NBA Draft.

Selama bersama Magic, Gordon berkembang menjadi seorang starter yang solid di samping Nikola Vucevic. Ia menjalani musim terbaiknya pada 2017/2018 dengan rataan 17,6 poin, 7,9 rebound, dan 2,3 assist. Pada 24 Oktober 2017, Gordon mencetak poin tertingginya (41 poin) melawan Brooklyn Nets.

Baca Juga: Nikola Jokic, Sosok Serbia yang Bawa Denver Nuggets Terbang Tinggi

2. Ditukar ke Denver Nuggets pada 2021

3 Fakta Aaron Gordon, Forward Eksplosif Denver NuggetsAaron Gordon (nba.com/nuggets)

Aaron Gordon berhasil menjadi pemain berkualitas untuk Orlando Magic. Namun, mereka hanya dua kali menembus babak playoff  bersamanya. Setelah bertahun-tahun menjalani musim yang biasa saja, Magic memutuskan untuk menukar Gordon ke Denver Nuggets. Sebagai gantinya, mereka mendapatkan Gary Harris, RJ Hampton, dan pilihan putaran pertama pada 2025.

Ternyata, Nuggets merupakan tempat yang cocok untuk Gordon. Selama 3 musim hingga saat ini, akurasi tembakannya meningkat mencapai 53,6 persen. Ia hanya memiliki akurasi 44,7 persen selama bermain bersama Magic.

Gordon makin mudah untuk menyerang ke dalam area cat saat bermain bersama Nikola Jokic. Permainan Nuggets terlihat makin efektif. Mereka bisa dengan leluasa menyerang dari berbagai sisi di lapangan. 

3. Pemain kunci dalam musim kejuaraan Nuggets

3 Fakta Aaron Gordon, Forward Eksplosif Denver NuggetsAaron Gordon (nba.com/nuggets)

Aaron Gordon tampil spektakuler pada 2022/2023. Ia mencatat rataan 16,3 poin, 6,6 rebound, dan 3 assist dengan akurasi tembakan 56,4 persen. Gordon terus bermain disiplin sepanjang musim dan memiliki pengaruh yang besar dalam kesuksesan Nuggets.

Sepanjang playoff, Gordon juga mampu mengantisipasi megabintang ternama, seperti Karl-Anthony Towns, Kevin Durant, dan LeBron James. Selain itu, ia tampil dominan saat Nuggets membutuhkannya dengan mencetak 27 poin, 7 rebound, dan 6 assist dengan akurasi tembakan 73 persen pada pertandingan keempat Final NBA 2023. Gordon bahkan melakukan blok krusial yang berhasil mengubah momentum pada pertandingan kelima. Ia dan Nuggets berhasil mendominasi playoff dengan rekor 16-4.

Dahulunya hanya dunker elite tanpa penghargaan berarti, kini Aaron Gordon merupakan juara NBA. Ia mempunyai mentalitas kuat serta selalu siap dalam keadaan apa pun. Potensi Gordon dan Nuggets sangat besar untuk terus menguasai NBA dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga: 5 Fakta Jamal Murray, Raja Tripoin Baru Denver Nuggets

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya