5 Bintang Aktif NBA Terlama yang Belum Meraih Gelar Juara

Ada Chris Paul dan Russell Westbrook

Seluruh atlet pasti memiliki impian untuk menjadi juara, khususnya di NBA. Para pemain terus berlatih untuk mempersiapkan diri mereka dalam memperjuangkan gelar juara. Dengan meraih gelar juara, para pemain akan menduduki posisi tertinggi dan nama mereka akan tertulis dalam sejarah.

Menjadi seorang juara NBA tidaklah mudah. Bahkan, tidak semua bintang NBA dapat meraih gelar ini. Nama-nama pemain di bawah ini belum mengoleksi gelar juara satu pun meskipun telah bermain di NBA selama belasan tahun sebagai bintang.

1. Chris Paul belum pernah dinobatkan sebagai juara memasuki musim ke-19

5 Bintang Aktif NBA Terlama yang Belum Meraih Gelar JuaraChris Paul (nba.com)

Chris Paul merupakan salah satu bintang ternama yang masih aktif di NBA. Ia terkenal dengan kemampuan playmaking dan mencetak skornya yang solid dan lincah. Paul juga memiliki kemampuan bertahan yang luar biasa sebagai seorang point guard dengan tinggi 183 cm, khususnya dalam mencuri bola. 

Memasuki musim ke-19nya di NBA, Paul telah mengukir banyak prestasi. Namun, ia belum dapat meraih gelar juara hingga saat ini. Paul sempat hampir dekat menuju kejuaraan pada 2021 saat Phoenix Suns unggul 2-0 atas Milwaukee Bucks di Final NBA, tetapi Bucks memutarbalikkan keadaan dan merebut gelar juara itu dalam enam pertandingan. Pada 2023/2024, Paul akan bermain bersama Stephen Curry dan Golden State Warriors dengan harapan memiliki kesempatan untuk menjadi juara sebelum pensiun.

2. Al Horford masih berjuang untuk mengoleksi gelar juara bersama Boston Celtics

5 Bintang Aktif NBA Terlama yang Belum Meraih Gelar JuaraAl Horford (nba.com/celtics)

Al Horford juga belum pernah menjadi juara memasuki musim ke-17 di NBA. Sepanjang kariernya, ia dinobatkan sebagai All-Star hingga lima kali saat bermain untuk Atlanta Hawks dan Boston Celtics. Horford saat ini berperan sebagai veteran untuk Celtics.

Horford sempat bermain di Final NBA pada 2022, saat Celtics berhadapan dengan Warriors. Ia langsung tampil impresif pada pertandingan pertama dengan mencatat 26 poin, 6 rebound, dan 3 assist. Horford juga berhasil mencetak 6 tripoin dengan akurasi 75 persen dan memenangi pertandingan tersebut. Ia terus menjadi pemain kunci untuk Celtics. Namun, Horford dan Celtics harus mengakui skuad Warriors yang lebih dominan dan kalah di final setelah enam pertandingan.

Baca Juga: 3 Pemain Legendaris dari NBA Draft 1960, Ada yang Jadi Logo NBA

3. Mike Conley belum pernah merasakan Final NBA hingga saat ini

5 Bintang Aktif NBA Terlama yang Belum Meraih Gelar JuaraMike Conley (nba.com)

Mike Conley sempat dinobatkan sebagai All-Star pada 2021. Namun, ia masih harus berjuang untuk merebut gelar juara. Sama seperti dua lainnya di atas, Conley belum pernah meraih penghargaan tertinggi ini, bahkan belum mencicipi atmosfer Final NBA memasuki musim ke-17.

Conley telah bermain sebagai guard yang solid untuk tiga tim di NBA, yaitu Memphis Grizzlies, Utah Jazz, dan Minnesota Timberwolves. Waktu-waktunya bersama Grizzlies merupakan yang paling dikenang. Namun, ia berhasil menjadi All-Star ketika bermain bersama Jazz.

Sekarang, Conley bermain sebagai veteran bersama Timberwolves. Ia merupakan penembak yang konsisten dengan akurasi total 43,9 persen serta akurasi tripoin 38,2 persen sepanjang kariernya. Conley juga merupakan veteran yang cocok untuk memfasilitasi teknik bermain Anthony Edwards, Rudy Gobert, dan Karl-Anthony Towns.

4. Memasuki musim ke-16, Russell Westbrook masih mencari gelar juara pertamanya

5 Bintang Aktif NBA Terlama yang Belum Meraih Gelar JuaraRussell Westbrook (nba.com)

MVP NBA 2016/2017, Russell Westbrook, telah dinobatkan sebagai All-Star hingga sembilan kali. Ia juga memiliki berbagai prestasi yang membuktikan dominasinya di NBA serta kelayakannya untuk masuk ke dalam Hall of Fame. Namun, Westbrook belum mendapatkan cincin juara NBA hingga saat ini.

Westbrook pernah mencapai Final NBA pada 2012 bersama Oklahoma City Thunder. Ia mencatat rataan 27 poin, 6,6 assist, dan 6,4 rebound dalam 5 pertandingan melawan Miami Heat. Pada pertandingan keempat, performanya meledak dengan mencetak 43 poin, 7 rebound, dan 5 assist dengan akurasi tembakan 62,5 persen. Sayang, Westbrook dan Thunder belum bisa mengalahkan Miami Heat dan harus mengakui kekalahan mereka.

Sang raja triple-double saat ini bermain bersama Kawhi Leonard dan Paul George di Los Angeles Clippers. Sejak bermain bersama Clippers, ia mulai menemukan konsistensinya kembali dengan akurasi tembakan 48,9 persen dan 35,6 persen untuk tripoin (keduanya terbaik sepanjang karier). Westbrook masih memiliki kesempatan untuk meraih gelar juara bersama Clippers.

5. Goran Dragic juga belum pernah menjadi juara NBA

5 Bintang Aktif NBA Terlama yang Belum Meraih Gelar JuaraGoran Dragic (nba.com)

Goran Dragic merupakan pemain posisi point guard yang konsisten. Ia sempat terpilih sebagai All-Star pada 2018 dengan rataan 17,3 poin, 4,1 rebound, dan 4,8 assist dengan akurasi tembakan 45 persen. Catatan rata-ratanya memang tidak setinggi bintang-bintang lainnya, tetapi Dragic mampu memberikan banyak hal positif sesuai dengan perannya untuk Heat di lapangan.

Memasuki musim ke-16 dalam kariernya di NBA, pemain berkebangsaan Slovenia ini belum pernah memegang trofi juara NBA. Dragic sempat bermain di Final NBA pada 2020 melawan Los Angeles Lakers, tetapi tidak dapat tampil maksimal akibat cedera kaki. Ia akhirnya hanya bermain dalam dua pertandingan sebelum Lakers mengalahkan Heat dengan kedudukan 4-2. Saat ini, Dragic bermain sebagai veteran bersama Milwaukee Bucks.

Meskipun telah bermain hingga belasan tahun, bintang-bintang NBA ini masih memiliki kesempatan untuk meraih gelar juara. Namun, mereka bersama timnya masing-masing harus terus berlatih dan berjuang, sebab NBA kini telah berkembang dan makin kompetitif. Siapakah di antara mereka yang akan menjadi juara sebelum menyudahi kariernya? Semua nama di atas memiliki kemampuan yang dibutuhkan sebuah tim untuk menduduki takhta tertinggi di NBA.

Baca Juga: 3 Starter Cavs Paling Banyak Tampil di NBA 2003/2004, LeBron Masuk!

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya