5 MVP Final WNBA Terakhir, A'Ja Wilson Terbaru!

Tampil impresif sepanjang Final WNBA

Mengamankan gelar juara WNBA tidaklah mudah. Apalagi WNBA makin kompetitif. Tiap tim harus berjuang keras sepanjang musim untuk menjadi yang terbaik.

Tim yang menjuarai WNBA biasanya memiliki sosok pahlawan. Ia yang membawa mereka merebut penghargaan tertinggi. WNBA lantas memberikan trofi MVP Final WNBA kepada pemain yang berhasil memberikan performa maksimal.

Belakangan ini, A'ja Wilson dinobatkan sebagai MVP Final WNBA 2023. Selain Wilson, berikut nama-nama yang berhasil meraih MVP Final WNBA dalam 5 tahun terakhir.

1. Emma Meesseman meraih MVP Final WNBA 2019 sebagai pemain cadangan

5 MVP Final WNBA Terakhir, A'Ja Wilson Terbaru!Emma Meesseman (wnba.com)

Pada 2019, Washington Mystics berhasil menjuarai WNBA untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Mereka mengalahkan Connecticut Sun dengan kedudukan sengit 3-2. Pemain cadangan Mystics, Emma Meesseman, dinobatkan sebagai MVP Final WNBA 2019. Ia merupakan pemain berkebangsaan Belgia pertama yang membawa pulang penghargaan ini.

Meski tidak bermain sebagai starter, Meesseman mampu memberikan performa luar biasa untuk meraih gelar juara pertamanya. Ia mencatat rataan 17,8 poin dan 4,6 rebound dengan akurasi tembakan 57 persen serta akurasi tripoin 50 persen. Pada pertandingan kelima, Meesseman mencetak 22 poin, 3 rebound, 3 assist, dan 2 steal. Ia berhasil membangkitkan Mystics dengan mengoleksi 11 poin pada kuarter 3 setelah tertinggal 9 poin pada awal kuarter.

2. Breanna Stewart tampil dominan dan jadi MVP Final WNBA 2020

5 MVP Final WNBA Terakhir, A'Ja Wilson Terbaru!Breanna Stewart (instagram.com/breannastewart30)

Breanna Stewart merupakan salah satu pemain terbaik di WNBA hingga saat ini. Ia dinobatkan sebagai MVP Final WNBA 2020 setelah menyapu bersih Las Vegas Aces dengan kedudukan 3-0. Menderita cedera Achilles pada 2019, Stewart masih dapat bermain ganas dan mendominasi.

Stewart mencatat rataan 28,3 poin, 7,7 rebound, 2,3 assist, dan 1,7 blok di Final WNBA 2020. Memulangkan Aces dengan skor akhir 92-59 pada pertandingan ketiga, ia dan Storm mencatat jarak skor terjauh di Final WNBA (33 poin). Stewart juga berhasil mencetak setidaknya 20 poin dalam 6 pertandingan Final WNBA beruntun, terbanyak sepanjang sejarah. Selain itu, ia merupakan pemain kelima yang berhasil meraih setidaknya dua MVP Final WNBA, menyusul Sylvia Fowles, Diana Taurasi, Lisa Leslie, dan Cynthia Cooper.

Baca Juga: 4 Fakta A'ja Wilson, Peraih Defensive Player of the Year WNBA 2023

3. Kahleah Cooper dinobatkan sebagai MVP Final WNBA 2021

5 MVP Final WNBA Terakhir, A'Ja Wilson Terbaru!Kahleah Cooper (instagram.com/chicagosky)

Karier Kahleah Cooper di WNBA sedang melesat. Bergabung dengan Chicago Sky pada 2017, ia berhasil meraih gelar juara pertama bersama mereka pada 2021. Cooper tampil impresif dan berhasil meraih MVP Final WNBA 2021.

Kerja keras Cooper membuahkan hasil yang memuaskan. Ia mencatat rataan 17 poin, 5,5 rebound, 1,3 assist, dan 1,3 steal dalam kemenangan Sky atas Phoenix Mercury di Final WNBA 2021 dengan kedudukan 3-1. Pada pertandingan pertama, Cooper mencetak double-double 21 poin dan 10 rebound. Kemudian, ia mencetak 22 poin pada pertandingan ketiga dan berhasil mengambil momentum yang sempurna untuk Sky dengan kedudukan 2-1.

4. Chelsea Gray meraih MVP Final WNBA pertamanya pada 2022

5 MVP Final WNBA Terakhir, A'Ja Wilson Terbaru!Chelsea Gray (aces.wnba.com)

Las Vegas Aces berhasil mengalahkan Connecticut Sun dengan kedudukan 3-1 di Final WNBA 2022. Chelsea Gray memainkan peranan penting sepanjang seri ini. Atas performanya yang dominan, ia dinobatkan sebagai MVP Final WNBA 2022.

Gray mencatat rataan 18,3 poin, 3 rebound, 6 assist, dan 1,3 steal sepanjang Final WNBA 2022. Pada pertandingan pertama dan kedua, ia berhasil mencetak 21 poin. Gray menutup Final WNBA 2022 dengan mencetak 20 poin, 5 rebound, dan 6 assist pada pertandingan keempat. Penghargaan ini merupakan sebuah pembuktian bagi Gray. Sebab, namanya tidak masuk ke dalam jajaran pemain All-Star dan All-WNBA First Team pada musim yang sama.

5. A'ja Wilson merupakan MVP Final WNBA terbaru

5 MVP Final WNBA Terakhir, A'Ja Wilson Terbaru!A'ja Wilson (aces.wnba.com)

Las Vegas Aces berhasil menjadi juara WNBA beruntun. Mereka mengalahkan New York Liberty di Final WNBA 2023 dengan kedudukan 3-1. Setelah Chelsea Gray, kini giliran A'ja Wilson yang dinobatkan sebagai MVP Final WNBA untuk Aces.

Wilson mencetak rataan double-double di Final WNBA 2023 dengan 21,3 poin, 12,5 rebound, 1,5 assist, 1,3 steal, dan 1,3 blok. Ia mengoleksi enam double-double sepanjang playoff 2023. Bersama Wilson, Aces berhasil sapu bersih Chicago Sky dan Dallas Wings sebelum berlaga di Final WNBA 2023. Mereka hanya kalah sekali ketika berhadapan dengan Liberty pada pertandingan ketiga.

Kelima pemain tersebut berhasil memberikan performa terbaik agar timnya menjadi juara. Mereka pantas untuk membawa pulang trofi MVP Final WNBA. Nama serta kerja keras mereka tidak akan terkubur dalam sejarah.

Baca Juga: Rekap Performa A'ja Wilson di Final WNBA 2023, MVP!

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya