5 Performa Terbaik Jamal Murray di NBA Playoffs 2023

Tampil impresif di saat yang tepat

Jamal Murray memiliki salah satu kisah terbaik di NBA. Ia harus absen sebanyak 555 hari sejak 2020/2021 akibat cedera berat di kaki kirinya. Pada 2022/2023, Murray langsung menjadi juara NBA pada musim pertamanya pulih dari cedera.

Performanya di awal musim memang tidak terlalu mengesankan. Namun, Murray terus menemukan cara bermainnya kembali seiring berjalannya waktu. Ia bahkan bermain jauh lebih impresif melebihi dirinya sebelum menderita cedera pada kaki kirinya, khususnya di NBA Playoffs 2023. Turut mengambil peran besar dalam kesuksesan Denver Nuggets, berikut adalah performa-performa terbaik yang Jamal Murray berikan di lapangan sepanjang playoff.

1. Triple-double 30 poin di Final NBA

5 Performa Terbaik Jamal Murray di NBA Playoffs 2023Jamal Murray (nba.com)

Jamal Murray selalu siap untuk bertempur di panggung terbesar. Pada pertandingan ketiga di Final NBA 2023, ia berhasil mencetak triple-double dengan 34 poin, 10 rebound, dan 10 assist di kandang Miami Heat. Performanya turut membantu Nuggets mengambil kedudukan 2-1 atas Heat.

Murray mencetak 12 dari 34 poin tersebut di kuarter empat. Sebelumnya, ia telah mengoleksi 20 poin saat halftime. Bersama dengan Nikola Jokic (32 poin, 21 rebound, dan 10 assist), mereka merupakan satu-satunya sepasang rekan yang berhasil mencatat triple-double dalam pertandingan Final NBA.

2. Berapi-api untuk mengunci kemenangan di Final Wilayah Barat

5 Performa Terbaik Jamal Murray di NBA Playoffs 2023Jamal Murray (nba.com)

Pada pertandingan kedua melawan Los Angeles Lakers di Final Wilayah Barat, Jamal Murray terlihat kesusahan untuk mencetak skor. Ia hanya mengoleksi 14 poin di 3 kuarter pertama. Dari 17 tembakan, hanya 5 tembakan yang berhasil masuk.

Namun, Murray langsung memanas saat Nuggets membutuhkannya. Ia langsung mencetak 23 poin di kuarter empat. Perfoma fantastisnya ini berhasil merebut momentum pertandingan dari Lakers dan menjauhkan kedudukan Nuggets hingga berjarak puluhan poin. Akhirnya, Nuggets unggul 2-0 atas Lakers. Murray mengakhiri pertandingan dengan mengoleksi 37 poin, 10 rebound, 5 assist, 4 steal, dan 6 tripoin.

Baca Juga: Jamal Murray Kembali dengan Potensi Menjanjikan di NBA

3. Tampil ganas di Los Angeles

5 Performa Terbaik Jamal Murray di NBA Playoffs 2023Anthony Davis dan Jamal Murray (nba.com/nuggets)

Setelah mencetak 23 poin di kuarter empat pada pertandingan kedua, Jamal Murray masih berapi-api memasuki pertandingan ketiga. Bermain di kandang Lakers, ia telah mengoleksi 30 poin dan 4 tripoin saat halftime. Dari 20 tembakan yang Murray ambil, 13 di antaranya berhasil masuk.

Murray mengakhiri pertandingan ini dengan mencetak 37 poin, 7 rebound, 6 assist, dan 2 steal. Nuggets unggul 3-0 atas Lakers. Di saat Nikola Jokic mulai kesulitan untuk mencetak skor, Jamal Murray selalu berhasil tampil layaknya seorang megabintang. 

4. Duel spektakuler dengan Anthony Edwards

5 Performa Terbaik Jamal Murray di NBA Playoffs 2023Jamal Murray (nba.com)

Sejak putaran pertama, Jamal Murray telah membuktikan bahwa dirinya telah kembali dengan kondisi yang lebih baik. Ia menjalani duel fantastis dengan bintang muda Minnesota Timberwolves, Anthony Edwards, pada pertandingan kedua. Murray dan Edwards masing-masing mengumpulkan 40 dan 41 poin.

Selain 40 poin, Murray mencatat 5 assist dan 3 rebound dalam 39 menit waktu bermain. Ia juga berhasil mencetak 6 tripoin dengan akurasi 60 persen. Murray mampu mengimbangi Edwards secara konsisten hingga membuahkan kemenangan sebelum berpindah ke kandang Timberwolves. Nuggets unggul 2-0 setelah memenangkan pertandingan kedua dengan skor 122-113.

5. Langsung tampil maksimal lawan Phoenix Suns

5 Performa Terbaik Jamal Murray di NBA Playoffs 2023Jamal Murray (nba.com)

Pada 2020/2021, Nuggets harus pulang lebih awal setelah disapu bersih oleh Phoenix Suns di putaran kedua. Pada saat itu, Jamal Murray sedang dalam proses pemulihan dan tidak bermain sama sekali. Bertemu lagi pada 2022/2023, Jamal Murray langsung memberikan seluruh kemampuannya untuk membalas kekalahan Nuggets.

Pada pertandingan pertama, Murray tampil spektakuler dengan mencetak 34 poin, 9 assist, 5 rebound, 2 steal, dan 6 tripoin hanya dalam 37 menit waktu bermain. Ia juga berhasil merebut banyak momentum sepanjang pertandingan dan membuat Suns semakin kewalahan. Nuggets menang dominan atas Suns dengan skor 125-107.

Belum pernah meraih penghargaan yang layak untuk disebut sebagai bintang, Jamal Murray langsung menunjukkan potensinya di atas lapangan. Ia merupakan salah satu pemain terbaik di NBA, khususnya saat playoff. Kini, Murray merupakan seorang juara NBA dan ia akan terus berkembang menjadi seorang megabintang apabila dapat mempertahankan konsistensinya.

Baca Juga: 5 Fakta Jamal Murray, Raja Tripoin Baru Denver Nuggets

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya