5 Performa Terbaik Nikola Jokic di NBA Playoffs 2023

Jokic cetak berbagai sejarah baru

Nikola Jokic dan Denver Nuggets berhasil menjadi juara NBA untuk petama kalinya pada 2022/2023. Sepanjang playoff, mereka hanya kalah empat kali. Nuggets mengakhiri perlombaan menjadi juara ini setelah mengalahkan Miami Heat di Final NBA dengan kedudukan 4-1.

Dari putaran pertama hingga Final NBA, Jokic selalu tampil dominan. Tanpanya, perjuangan Nuggets di playoff akan berat. Jokic mampu mempertahankan konsistensinya dan memberikan performa luar biasa di tiap pertandingan. Berikut adalah beberapa performa terbaik yang Nikola Jokic berikan hingga Nuggets menjadi juara.

1. Triple-double bersejarah di Final NBA

5 Performa Terbaik Nikola Jokic di NBA Playoffs 2023Nikola Jokic (nba.com/nuggets)

Nikola Jokic sering mencetak triple-double dalam berbagai pertandingan. Namun, kali ini jauh lebih bersejarah. Pada pertandingan ketiga di Final NBA 2023, Jokic berhasil menjadi pemain pertama yang mencetak setidaknya 30 poin, 20 rebound, dan 10 assist dalam pertandingan Final NBA.

Jokic mengakhiri pertandingan ketiga dengan mengoleksi 32 poin, 21 rebound, dan 10 assist dengan akurasi tembakan 57,1 persen. Kareem Abdul-Jabbar dan Wilt Chamberlain pernah mencatat angka-angka tersebut, tetapi hanya di pertandingan playoff biasa. Selain itu, rekannya Jamal Murray juga mencetak 34 poin, 10 rebound, dan 10 assist. Itu menjadikan mereka sebagai satu-satunya sepasang rekan yang mencetak triple-double 30 poin dalam pertandingan Final NBA.

2. Mengawali Final Wilayah Barat dengan penuh dominasi

5 Performa Terbaik Nikola Jokic di NBA Playoffs 2023Nikola Jokic (nba.com/nuggets)

Setelah absen dari Final Wilayah Barat selama 2 tahun, Nikola Jokic dan Denver Nuggets langsung tampil maksimal pada pertandingan pertama melawan Los Angeles Lakers. Mereka berhasil mengambil kedudukan 1-0 dengan skor 132-126. Jokic sendiri mencetak 34 poin, 21 rebound, 14 assist, dan 2 blok dengan akurasi tembakan 70,6 persen.

Ini merupakan triple-double ke-12 untuk Jokic di playoff. Pada kuarter pertama, ia berhasil mengoleksi 12 rebound, menyamai Tim Duncan dalam rebound terbanyak pada kuarter pertama. Jokic mengumpulkan 19 poin, 16 rebound, dan 7 assist saat halftime, menjadikannya sebagai pemain pertama yang mencatat angka tersebut. Ia mampu mengambil kendali sepanjang pertandingan dan membuat Nuggets makin percaya diri.

Baca Juga: 5 Center yang Sukses Mencuri Perhatian Sepanjang 2022/2023, Ada Jokic

3. Double-double untuk membawa Denver Nuggets jadi juara

5 Performa Terbaik Nikola Jokic di NBA Playoffs 2023Nikola Jokic (nba.com)

Memasuki pertandingan kelima di Final NBA 2023, Nuggets hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk meraih gelar juara. Mereka akhirnya menang dramatis dengan skor 94-89. Jokic mencetak 28 poin, 16 rebound, dan 4 assist dengan akurasi tembakan 75 persen.

Sepanjang pertandingan, Nuggets kesulitan untuk mencetak angka dan sempat tertinggal di kuarter dua dan tiga. Namun, Jokic tetap tampil konsisten. Ia mencetak 10 dari 28 poinnya pada kuarter 4 dan berhasil membuat pemain Nuggets lainnya berapi-api dengan kepemimpinannya. Nuggets berhasil bertahan dan memenangi Final NBA 2023 dengan kedudukan 4-1.

4. Mencetak poin terbanyak sepanjang karier

5 Performa Terbaik Nikola Jokic di NBA Playoffs 2023Nikola Jokic (nba.com)

Nikola Jokic juga mencetak sejarah pada putaran kedua. Pada pertandingan keempat melawan Phoenix Suns, ia mengoleksi 53 poin, 11 assist, dan 4 rebound dengan akurasi tembakan 66,7 persen. Meskipun Nuggets harus menerima kekalahan, Jokic mampu memberikan seluruh kemampuannya agar mereka tetap hidup sepanjang pertandingan.

Capaian poin tersebut merupakan yang terbanyak dalam karier Jokic, baik musim reguler maupun playoff. Ia juga menjadi center pertama yang mencatat 50 poin dan 10 assist dalam pertandingan playoff. Jokic berhasil menggantikan Alex English sebagai pemain Nuggets dengan total poin terbanyak di playoff dengan 1.541 poin.

5. Tampil buas di kandang Minnesota Timberwolves

5 Performa Terbaik Nikola Jokic di NBA Playoffs 2023Nikola Jokic (nba.com)

Nikola Jokic selalu hadir saat Nuggets membutuhkannya. Pada pertandingan keempat putaran pertama melawan Minnesota Timberwolves, ia mencetak 43 poin, 11 rebound, 6 assist, 2 steal, dan 5 tripoin. Namun, Nuggets belum mampu untuk merebut kemenangan di kandang Timberwolves.

Nuggets tertinggal 12 poin pada 3 menit terakhir pada kuarter empat. Saat itu, Jokic langsung mengambil kendali pertandingan dengan mencetak tripoin, tembakan dua poin, tembakan bebas, dan assist. Seketika, skor menjadi sama dan pertandingan  dilanjutkan ke overtime. Namun, Timberwolves kembali memanas dan Anthony Edwards berhasil mencetak tripoin pada detik-detik terakhir untuk mengunci kemenangan mereka.

Nikola Jokic berhasil memberikan performa-performa legendaris di NBA Playoffs 2023. Kejuaraan ini merupakan salah satu yang paling dominan selama beberapa tahun terakhir. Namun, perjalanan Jokic dan Nuggets tidak berhenti sampai sini saja. Mereka akan terus berupaya untuk membangun dinasti dan mengincar lebih banyak gelar juara.

Baca Juga: Nikola Jokic, Sosok Serbia yang Bawa Denver Nuggets Terbang Tinggi

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya