Alex Marquez Membeberkan Perbandingan Motor Honda dan Ducati

Ducati sedang didgaya di MotoGP

Ducati menunjukkan dominasi mereka di MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. Terbukti, pabrikan asal Italia itu berhasil meraih gelar juara konstruktor selama 4 musim beruntun pada 2020—2023. Tak hanya itu, prestasi Ducati juga terlihat dari Francesco Bagnaia yang sukses merengkuh gelar juara pembalap pada 2022—2023.

Capaian gemilang Ducati menjadi daya tarik bagi para pembalap untuk bergabung dengan skuad yang berbasis di Bologna, Italia. Marc Marquez menjadi salah satu pembalap terbaru yang memutuskan pindah ke Gresini Racing yang memakai motor Desmosedici.

Kepindahan pembalap bernomor motor 93 itu mendapat tanggapan dari Alex Marquez. Bahkan, Alex tak segan memberi perbandingan motor Ducati dengan Honda yang sebelumnya pernah dipakai oleh dirinya dan Marc.

Lantas, apa yang membedakan kedua motor tersebut dari sudut pandang Alex Marquez?

1. Alex Marquez memperkuat Honda selama 3 musim sebelum pindah ke Gresini Racing

Alex Marquez Membeberkan Perbandingan Motor Honda dan DucatiAlex Marquez saat memperkuat Repsol Honda di MotoGP 2020. (motogp.com)

Sebelum bergabung dengan Gresini Racing, Alex Marquez sempat menjadi bagian dari Honda selama 3 musim pada 2020—2022. Alex Marquez memperkuat Repsol Honda pada 2020. Kemudian, ia berada di LCR Honda pada 2021—2022. Namun, ia gagal menorehkan hasil oke ketika mengendarai motor RC213V.

Prestasi terbaiknya saat balapan adalah finis kedua di GP Prancis 2020 dan Aragon 2020. Adapun peringkat terbaik Alex Marquez di klasemen pembalap adalah posisi ke-14 pada 2020 dengan koleksi 74 poin. Kondisi tersebut membuat Alex Marquez tak bisa menunjukkan performa terbaiknya di kelas utama MotoGP.

Alex Marquez memutuskan pindah ke Gresini Racing pada 2023. Hasilnya, juara Moto2 2019 itu berhasil dua kali finis terdepan saat sprint race GP Inggris dan Malaysia. Ia menutup perjuangannya musim lalu dengan menempati peringkat kesembilan di klasemen pembalap setelah mengumpulkan 177 poin.

Baca Juga: MotoGP Unlimited Jadi Judul Docuseries MotoGP di Amazon Prime

2. Alex Marquez memberikan perbandingan brutal antara motor Honda dan Ducati

Alex Marquez Membeberkan Perbandingan Motor Honda dan DucatiAlex Marquez berada di depan Marc Marquez saat sprint race GP Belanda 2023. (gresiniracing.com)

Jejak Alex Marquez yang pindah ke Gresini Racing diikuti kakaknya. Marc Marquez mengakhiri kebersamaan dengan Repsol Honda yang sudah terjalin pada 2013—2023. Pemilik enam gelar juara kelas MotoGP itu sudah menjajal Desmosedici saat tes resmi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 28 November 2023.

Marc Marquez menorehkan catatan oke saat tes tersebut. Ia berada di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 29,424 detik. Marc Marquez bahkan mengungguli adiknya dengan jarak 0,214 detik. 

Catatan bagus Marc Marquez mendapat komentar Alex Marquez. Ia menyebut kepindahan kakaknya ke Gresini Racing adalah langkah bagus. Sebab, performa Desmosedici lebih baik ketimbang RC213V. Bahkan, Alex Marquez berani memberikan perbandingan brutal terhadap kedua motor tersebut.

"Pergi dari Honda ke Ducati seperti meninggalkan motor anak-anak menuju motor dewasa. Itu jauh lebih nyaman dan memungkinkan Anda menjadi kompetitif sejak awal. Itu memberikan Anda banyak keamanan dan sensasi lebih baik," kata Alex Marquez dilansir Crash.

3. Alex Marquez membantah memengaruhi kakaknya untuk pindah ke Gresini Racing

Alex Marquez Membeberkan Perbandingan Motor Honda dan DucatiMarc Marquez (kiri) dan Alex Marquez (motogp.com)

Alex Marquez sempat disebut sebagai sosok yang mendorong kepindahan Marc Marquez ke Gresini Racing. Akan tetapi, Alex Marquez membantah dirinya telah memengaruhi kakaknya untuk beralih ke tim yang memakai motor Ducati. Meski begitu, Alex Marquez tak menampik memberi opini saat Marc Marquez menanyakan beberapa hal tentang dirinya saat memperkuat Gresini Racing.

"Aku sama sekali tak memengaruhi Marc Marquez untuk datang ke Ducati. Dia sangat cerdas. Dia tahu dari mana dirinya berasal. Jika Anda melihat para pembalap Ducati, kami memiliki gaya balap yang berbeda dan pada akhirnya kami semua tampil cepat dan itu memberi banyak kepercayaan diri.

Marc menanyakan banyak hal kepadaku. Aku memberinya opini sebagai seorang saudara. Aku telah melihat semuanya yang telah terjadi sejak 2020. Itu menjadi hal berat baginya. Merasa kompetitif dan bertarung untuk gelar juara membuat kepercayaan diri Anda kembali," papar Alex dikutip Crash.

Pencinta MotoGP kini sedang menantikan kiprah Marc Marquez bersama Gresini Racing. Akankah ia mampu kembali ke performa terbaiknya dan konsisten bersaing di barisan terdepan? Hanya waktu yang akan menjawabnya!

Baca Juga: 3 Pembalap MotoGP Pakai Helm Spesial di MotoGP Mandalika

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya