Alex Marquez Nantikan Komentar Kakaknya Soal Motor Ducati

Marc Marquez masih belum beri komentar

MotoGP 2023 menjadi musim terakhir Marc Marquez memperkuat Repsol Honda. Pembalap asal Spanyol itu akan memperkuat Gresini Racing pada 2024 mendatang. Marc Marquez terikat kontrak selama semusim di tim tersebut.

Kedatangan Marc Marquez ke skuad Gresini Racing disambut hangat oleh adiknya, Alex Marquez. Ia menantikan duet dengan Marc Marquez yang nantinya sama-sama memakai motor Desmosedici GP23. Selain itu, Alex Marquez juga menunggu komentar dari kakaknya perihal performa Desmosedici GP23 yang sudah dipakai saat tes di Valencia pada 28 November 2023.

1. Sebelum Gresini Racing, Marquez bersaudara pernah satu tim di Repsol Honda

Alex Marquez Nantikan Komentar Kakaknya Soal Motor DucatiAlex Marquez (kiri) dan Marc Marquez saat masih berada di Repsol Honda pada 2020. (motogp.com)

Duet Alex Marquez dan Marc Marquez bukan yang pertama kali terjadi di MotoGP. Kedua pembalap pernah berada dalam satu tim yang sama pada 2020. Kala itu, Marquez bersaudara memperkuat Repsol Honda.

Sayangnya, Marc Marquez harus absen panjang selama musim 2020. Itu terjadi akibat pemilik 8 gelar juara di semua kelas MotoGP itu terjatuh saat balapan di GP Spanyol. Akibatnya, Marc Marquez mengalami cedera patah lengan tangan kanan sehingga posisinya digantikan oleh Stefan Bradl.

MotoGP 2024 menjadi momen kedua bagi Alex Marquez dan Marc Marquez berada dalam satu tim yang sama. Kali ini, mereka tak lagi memakai motor dari pabrikan asal Jepang. Alex Marquez dan Marc Marquez akan bersaing di lintasan memakai Desmosedici GP23.

2. Pencapaian Marquez bersaudara selama MotoGP 2023

Alex Marquez Nantikan Komentar Kakaknya Soal Motor DucatiMarc Marquez berada di depan Alex Marquez saat balapan di GP San Marino 2023. (motogp.hondaracingcorporation.com)

Marc Marquez mengikuti jejak adiknya yang lebih dulu pindah ke Gresini Racing. Pasalnya, Alex Marquez bergabung ke tim yang dipimpin oleh Nadia Padovani pada 2023. Hasil oke diperoleh Alex Marquez pada musim perdananya bersama Gresini Racing.

Alex Marquez berhasil 2 kali naik podium saat finis ketiga di GP Argentina dan finis runner-up di GP Malaysia. Selain itu, pembalap bernomor motor 73 mampu finis di posisi pertama saat sprint race GP Inggris dan Malaysia. Alex Marquez menutup MotoGP 2023 dengan bercokol di peringkat kesembilan dalam klasemen pembalap lewat perolehan 177 poin.

Sementara itu, Marc Marquez merampungkan perjalanan di kejuaraan tahun ini dengan bertengger di posisi ke-14 usai mengoleksi 96 poin. Marc Marquez hanya sekali naik podium saat finis ketiga di GP Jepang. Alhasil, paceklik kemenangan yang dirasakan sejak 2022 kembali berlanjut. 

Baca Juga: Ducati Tetap Simpan Rasa Curiga ke Marc Marquez

3. Alex Marquez tak terkejut dengan penampilan Marc Marquez saat tes Valencia

Alex Marquez Nantikan Komentar Kakaknya Soal Motor DucatiMarc Marquez saat menjalani tes di Valencia. (instagram.com/estrellagalicia00)

Marc Marquez membuka lembaran baru di MotoGP dengan bergabung ke Gresini Racing. Debut pembalap berjuluk Ant of Cervera di atas motor Desmosedici GP23 terjadi saat tes Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo pada 28 November 2023. Catatan oke dibukukan Marc Marquez saat memacu motor Ducati versi 2023 itu selama 49 lap.

Marc Marquez berada di posisi keempat dalam catatan waktu tes Valencia. Ia menorehkan waktu 1 menit 29,424 detik. Marc Marquez unggul 0,214 detik dari Alex Marquez yang menempati posisi keenam.

Saat tes Valencia, Marc Marquez terlihat tersenyum selepas memacu motor pada stint pertama. Sayangnya, ia tak bisa mengungkapkan apa pun soal Desmosedici GP23 karena kontrak dengan Honda masih tersisa hingga akhir tahun. Walau begitu, Alex Marquez tak terkejut dengan penampilan kakaknya selama tes berlangsung.

"Aku tahu bahwa dia selalu sangat cepat di sini. Dia membuat langkah yang sama seperti yang aku lakukan tahun lalu (pindah dari Honda ke Ducati) dan aku tahu sebelum hari dimulai. Aku belum berbicara dengannya. Akan tetapi, aku tahu komentar apa yang akan dia katakan kepadaku," kata Alex dilansir Crash.

4. Alex Marquez sebut kedatangan kakaknya ke Gresini Racing akan berdampak positif

Alex Marquez Nantikan Komentar Kakaknya Soal Motor Ducatipembalap Gresini Racing, Marc Marquez (motogp.com)

Kedatangan Marc Marquez ke Gresini Racing menjadi peluang bagus bagi Alex Marquez. Ia yakin pengalaman yang kakaknya miliki selama berada di kelas utama MotoGP akan memberi dampak positif untuk tim pada 2024. Alex Marquez akan memanfaatkan momen tersebut untuk menyerap ilmu dari sang kakak demi meningkatkan performa balap.

"Sekarang, kami tak perlu menyimpan rahasia (tentang motor yang berbeda satu sama lain). Kami bisa berbagi. Bagiku, itu hal yang positif.

Kedatangan Marc Marquez adalah sesuatu yang kupikir akan meningkatkan level tim secara keseluruhan. Aku perlu mengambil keuntungan dari itu. Aku pikir diriku punya kesempatan sangat bagus untuk bertumbuh sebagai seorang pembalap," jelas Alex dikutip Crash.

Gresini Racing sudah mengumumkan jadwal presentasi tim menyambut MotoGP 2024. Melansir MotoGP, tim akan mengadakan acara tersebut pada 20 Januari 2024 mendatang. Momen tersebut sangat ditunggu karena para penggemar MotoGP akan melihat Marc Marquez berada di tim baru.

Baca Juga: Alex Marquez Siap Berduel dengan sang Kakak di MotoGP 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya