Alex Rins Siap Menyongsong Balapan Terakhir Bersama LCR Honda

Alex Rins bakal pindah ke Yamaha

MotoGP 2023 menyisakan satu pekan balap lagi. GP Valencia akan menutup rangkaian perjalanan MotoGP musim ini pada 24--26 November 2023 mendatang. Tim dan pembalap tentu sudah menantikan pekan balap tersebut dalam upaya meraih hasil terbaik.

Alex Rins termasuk yang menantikan GP Valencia 2023. Pembalap LCR Honda itu sudah melakukan pengecekan kesehatan dalam persiapan untuk turun dalam seri pemungkas di Ricardo Tormo Circuit. Apalagi, GP Valencia akan menjadi balapan terakhir bersama LCR Honda sebelum pindah ke Yamaha.

1. Alex Rins sudah berlatih menggunakan motor Superbike di Sirkuit Catalunya

Alex Rins sudah kembali berlatih menggunakan motor Superbike pekan lalu. Melansir Speedweek, Rins berlatih bersama Andrea Ianone di Sirkuit Catalunya. Itu menjadi kali pertama Rins menunggangi motor setelah menjalani operasi ketiga pada tulang fibia dan tibula kaki kanannya.

Setelah melalui pemeriksaan kesehatan, Rins dalam kondisi baik dan berpeluang turun saat pekan balap GP Valencia. Ia akan kembali berada di atas motor RC213V. Ini tentu menjadi kabar menggembirakan untuk Rins dan LCR Honda jelang pekan balap akhir pekan ini. Walau begitu, tes lebih lanjut tetap dilakukan demi mendapatkan kejelasan.

"Rencananya, pemeriksaan X-Ray akan dilakukan pekan ini dan kami akan mendapat kejelasan," kata Lucio Cecchinello selaku pemilik tim LCR Honda dikutip Speedweek.

Baca Juga: Perasaan Marquez yang Campur Aduk Jelang MotoGP Valencia

2. Posisi Alex Rins diisi oleh Iker Lecuona dalam sejumlah balapan

Alex Rins Siap Menyongsong Balapan Terakhir Bersama LCR HondaIker Lecuona sebelum menjalani main race GP Qatar 2023. (twitter.com/lcr_team)

Alex Rins memutuskan mundur dari GP Australia pada 21 Oktober 2023 lalu lantaran rasa sakit yang diderita pada bagian kaki. Melansir Crash, rasa sakit tersebut berkaitan dengan cedera yang dialaminya saat mengalami insiden di sprint race GP Italia pada 10 Juni 2023 lalu. Padahal, Rins sempat mengikuti sesi latihan di Sirkuit Philip Island dan menduduki posisi ke-12.

Posisi Rins diisi oleh Iker Lecuona di GP Malaysia dan Qatar. Sebelumnya, Lecuona menggantikan Rins saat GP Inggris, Austria, dan Catalunya. Selama menggantikan Rins, Lecuona belum menorehkan poin di klasemen pembalap. Adapun prestasi terbaik Lecuona adalah finis ke-16 saat main race GP Catalunya dan Malaysia.

3. Alex Rins sempat melakukan comeback di GP Indonesia 2023

Alex Rins Siap Menyongsong Balapan Terakhir Bersama LCR HondaAlex Rins saat menjalani pekan balap GP Indonesia 2023. (twitter.com/Rins42)

Alex Rins sempat melakukan comeback di GP Indonesia pada 13-15 Oktober 2023 lalu. Meski gagal dapat poin saat sprint race, Rins sukses mengantongi 7 poin usai finis di posisi kesembilan saat main race. Saat itu, Rins mengaku berjuang menahan rasa sakit saat menuntaskan main race di Sirkuit Mandalika.

Itu adalah usaha yang sangat besar untuk menuntaskan balapan. Setelah sekitar 13 atau 14 lap, rasa sakit itu datang. Itu adalah rasa sakit yang luar biasa," kata Rins dikutip Speedweek.

4. Lin Jarvis berharap Alex Rins bisa ikut tes di Valencia bersama Yamaha

Alex Rins Siap Menyongsong Balapan Terakhir Bersama LCR Hondapembalap LCR Honda, Alex Rins (twitter.com/Rins42)

Selain LCR Honda, Yamaha juga lega Alex Rins punya peluang menjalani pekan balap di GP Valencia. Lin Jarvis selaku Managing Director Yamaha yakin Rins akan ikut dalam tes di Ricardo Tormo Circuit pada 28 November 2023 mendatang. Itu bakal menjadi momen perdana Rins menjajal YZR-M1 sebagai pembalap Yamaha untuk MotoGP 2024.

"Aku yakin Alex Rins akan ikut berkompetisi di GP Valencia. Ia akan melakukan tes untuk kami 2 hari kemudian," kata Jarvis dilansir Speedweek.

Alex Rins akan menjadi rekan setim Fabio Quartararo di Yamaha pada musim depan. Melansir Crash, Rins dikontrak selama semusim hingga akhir 2024. Hal tersebut memungkinkan Rins untuk memilih bertahan atau pindah ke tim lain ketika kontraknya dengan Yamaha rampung. Menarik menantikan kiprah Rins bersama Yamaha yang dimulai saat tes di Valencia pekan depan.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Mewaspadai Kondisi Cuaca saat MotoGP Valencia 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya