Francesco Bagnaia Nikmati Duel Lawan Marc Marquez di GP Spanyol 2024

Kedua pembalap bersaing saat main race

Francesco Bagnaia kembali merengkuh kemenangan di MotoGP 2024. Kali ini, pembalap Ducati Lenovo Team itu sukses finis terdepan saat main race GP Spanyol. Bagnaia finis di depan Marc Marquez dengan keunggulan 0,372 detik.

Kemenangan Bagnaia di Sirkuit Jerez diwarnai dengan duel antara dirinya dan Marc Marquez. Francesco Bagnaia dan Marc Marquez bahkan sempat mengalami kontak meski tak sampai membuat kedua pembalap terjatuh. Pertarungan sengit tersebut mendapat tanggapan langsung dari Bagnaia. Ia mengaku sangat menikmati duel yang terjadi melawan Marc Marquez.

1. Start dari posisi ketujuh, Francesco Bagnaia sukses finis pertama di main race GP Spanyol

Francesco Bagnaia Nikmati Duel Lawan Marc Marquez di GP Spanyol 2024Francesco Bagnaia melintasi garis finis di depan Marc Marquez saat main race GP Spanyol 2024. (motogp.com)

Francesco Bagnaia memulai balapan dari baris start ketiga. Hal itu karena Bagnaia meraih posisi start ketujuh dalam sesi kualifikasi. Meski begitu, Bagnaia mampu merangsek ke barisan depan begitu lampu start padam tanda balapan dimulai.

Francesco Bagnaia langsung menyodok ke posisi kedua di belakang Marc Marquez. Bahkan, Bagnaia berhasil menyalip Marquez di tikungan 13 sebelum memasuki lap kedua. Sayangnya, Bagnaia kehilangan posisi pertama karena Jorge Martin berhasil menyalipnya.

Bagnaia kembali menduduki posisi pertama pada lap 11 menyusul jatuhnya Martin di tikungan 6. Selepas itu, Bagnaia terus dibuntuti Marquez yang memburu kemenangan perdana bersama Gresini Racing. Pertarungan antara kedua pembalap semakin intens pada fase terakhir main race.

Bagnaia dan Marquez bahkan sempat terlibat kontak pada lap 21 di tikungan 10. Pada prosesnya, Bagnaia berhasil finis di depan Marquez dalam balapan yang berdurasi 25 lap tersebut. Ini menjadi kemenangan kedua Bagnaia pada 2024. Sebelumnya, ia berhasil finis terdepan di main race GP Qatar.

Baca Juga: Pasang Surut Francesco Bagnaia pada Awal MotoGP 2024

2. Cerita Francesco Bagnaia soal duel sengit melawan Marc Marquez saat main race

Francesco Bagnaia Nikmati Duel Lawan Marc Marquez di GP Spanyol 2024Marc Marquez (kiri) dan Francesco Bagnaia saat main race GP Spanyol 2024 (motogp.com)

Francesco Bagnaia menyampaikan pendapatnya perihal duel sengit melawan Marc Marquez yang terjadi di main race GP Spanyol 2024. Ia mengaku menikmati persaingan yang terjadi meski sempat terjadi kontak antara dirinya dan Marc Marquez. Bagnaia berpendapat bahwa kontak tersebut terjadi dengan cara yang cerdas. Bagnaia juga menuturkan manuver seperti apa yang dia terapkan demi menjaga posisi pertama agar tak direbut Marc Marquez.

“Pastinya, Anda tahu ketika Anda bertarung melawan Marc Marquez, Anda harus mengeluarkan kemampuan terbaik karena pertarungannya sangat intens. Sejujurnya, itu adalah satu-satunya tempat yang bisa aku pertahankan karena aku sangat tahu bahwa dia sangat kuat di tikungan 7 dan 8. Aku mendengar setiap lap bahwa dia memangkas jarak.

Namun, aku benar-benar kuat di area masuk tikungan 9. Jadi, aku bilang kepada diriku untuk tidak mengambil risiko di tikungan 8, tetapi aku akan mengerem sangat keras di tikungan 9 untuk memiliki sedikit keuntungan. Aku tahu bahwa jika aku mengerem sekeras ini, dia pastinya akan sedikit melebar. Aku menggunakannya untuk menutup jalur dan berada di depan lagi,” jelas Bagnaia dilansir Motorsport.

3. Francesco Bagnaia kini berjarak 17 poin dari Jorge Martin di klasemen pembalap

Francesco Bagnaia Nikmati Duel Lawan Marc Marquez di GP Spanyol 2024Francesco Bagnaia mencium trofi usai finis pertama di main race GP Spanyol 2024. (motogp.com)

Kemenangan saat main race GP Spanyol 2024 mengerek posisi Francesco Bagnaia di klasemen pembalap. Ia kini menduduki posisi kedua klasemen dengan koleksi 75 poin. Bagnaia tertinggal 17 poin dari Jorge Martin yang masih berada di posisi teratas.

Meski begitu, Bagnaia tak mau terlalu memikirkan soal gelar juara. Ia berusaha tampil sebaik mungkin begitu mendapat kesempatan memimpin jalannya balapan. Bagnaia juga merasa nyaman selama memacu Desmosedici GP24 terutama saat main race berlangsung.

“Terlalu dini untuk memikirkan tentang itu (gelar juara). Segera setelah Martin terjatuh, aku merasa lebih baik dengan motor ini. Aku mulai mendorong dan sedikit menurunkan waktu putaran.

Jadi, aku tidak pernah berpikir untuk menyerah dan mengambil posisi kedua. Aku bukan orang yang suka menyerah dalam kondisi seperti ini,” kata Bagnaia dikutip Motorsport.

MotoGP akan menggelar seri kelima di Le Mans, Prancis, pada 10–12 Mei 2024. Dalam pekan balap GP Prancis 2023, Bagnaia mampu merampungkan sprint race di posisi ketiga. Sayangnya, pembalap asal Italia tersebut gagal finis ketika main race. Mampukah Francesco Bagnaia menorehkan hasil lebih baik di GP Prancis musim ini?

Baca Juga: Jorge Martin Kecewa Gagal Finis di Main Race MotoGP Spanyol 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya