Charles Leclerc Beri Pandangan soal Insiden Lap Pertama F1 GP Meksiko

Leclerc mengalami kontak dengan Perez

Charles Leclerc berhasil finis di posisi ketiga saat main race Formula 1 2023 GP Meksiko. Pembalap Ferrari itu melintasi garis finis di belakang Max Verstappen dan Lewis Hamilton pada balapan yang digelar, Senin (30/10/2023) dini hari WIB. Ia kembali gagal mengonversi pole position yang diperolehnya menjadi kemenangan.

Saat main race berlangsung, Charles Leclerc sempat terlibat kontak dengan Sergio Perez pada lap pertama. Hal tersebut menyebabkan adanya kerusakan pada mobil Perez. Meski bisa kembali ke pit, Perez gagal menuntaskan balapan di hadapan publik negaranya. Lantas, seperti apa pandangan Leclerc mengenai insiden tersebut?

1. Charles Leclerc berkontak dengan Sergio Perez pada lap pertama GP Meksiko 2023

Charles Leclerc Beri Pandangan soal Insiden Lap Pertama F1 GP MeksikoSergio Perez terlibat insiden dengan Charles Leclerc saat main race GP Meksiko 2023. (formula1.com)

Charles Leclerc langsung mendapat kejutan selepas lampu start padam. Pembalap berkebangsaan Monako itu langsung diapit oleh Max Verstappen dan Sergio Perez saat memasuki tikungan pertama. Beberapa saat kemudian, insiden terjadi di tikungan tersebut yang melibatkan Leclerc dan Perez.

Perez yang berada di sisi kiri Leclerc melakukan manuver demi merebut posisi pimpinan balapan. Akan tetapi, Leclerc dalam posisi terjepit di antara Perez dan Verstappen. Alhasil, Leclerc dan Perez mengalami kontak yang membuat Perez keluar dari trek.

Sidepod sisi kanan mobil Perez terlihat berlubang, sedangkan endplate sisi kiri sayap depan mobil Leclerc mengalami kerusakan. Perez kembali ke trek dan masuk ke pit selepas insiden. Namun, Perez gagal melanjutkan balapan meski Red Bull mengupayakan perbaikan pada sidepod dan floor mobil.

Sementara itu, Leclerc masih dapat melanjutkan balapan. Namun, ia disalip Lewis Hamilton pada lap 40. Posisi ketiga tetap berada di tangan Leclerc hingga bendera chequered dikibarkan.

Baca Juga: Carlos Sainz Ingin Bersama Ferrari Selepas Formula 1 2024

2. Charles Leclerc sampaikan pembelaannya terkait insiden dengan Sergio Perez

Charles Leclerc Beri Pandangan soal Insiden Lap Pertama F1 GP Meksikopembalap Ferrari, Charles Leclerc. (formula1.com)

Selepas balapan, Charles Leclerc mendapat sambutan kurang mengenakkan dari penggemar yang ada di Autodromo Hermanos Rodriguez. Teriakan ejekan terdengar saat Leclerc mendapat kesempatan wawancara sebelum naik podium. Leclerc langsung memberikan penjelasan mengenai insiden yang melibatkan dirinya dan Perez.

“Ada banyak orang yang mencemooh. Sejujurnya, aku tak punya ruang untuk menghindar. Aku berada di antara dua pembalap Red Bull. Sayangnya, aku bersentuhan dengan Perez, tetapi aku tak punya ruang. Itu merusak mobilku, tetapi mengakhiri balapan Perez.

Itulah hidup. Aku kecewa mengakhiri balapan Perez seperti itu. Akan tetapi, aku benar-benar tidak melakukannya dengan sengaja. Aku tak punya ruang untuk menghindar,” jelas Leclerc dilansir Racing News 365.

3. Sergio Perez unggah konten di media sosial usai insiden GP Meksiko 2023

Di sisi lain, Sergio Perez mengunggah konten di akun Twitter (kini X) miliknya menanggapi insiden di tikungan pertama. Ia menyebut bahwa insiden tersebut bukanlah kesalahan Leclerc. Tak lupa, Perez turut menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan penggemarnya selama pekan balap GP Meksiko.

“Pertama, aku ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang dari lubuk hatiku yang paling dalam. Kalian adalah penggemar terbaik di dunia. Hari ini, aku meninggalkan segalanya di trek, melihat celah, dan mengambil peluang.

Itu bukan kesalahan Leclerc. Itu hanya insiden balap. Hal tersebut tak berjalan sesuai keinginan kami, tetapi kami memberikan segalanya untuk mengejar kemenangan itu. Aku merasa bangga atas usaha kami serta kerja yang luar biasa dari Red Bull pada akhir pekan ini,” terang Perez.

Tambahan 15 poin membuat Charles Leclerc tetap berada di posisi ketujuh klasemen pembalap. Ia sudah mengumpulkan 166 poin dari 19 seri balap yang sudah digelar. Leclerc kini tertinggal 3 poin dari Lando Norris yang berada di posisi keenam.

Sementara itu, kegagalan meraih poin di Formula 1 2023 GP Meksiko membuat keunggulan poin Sergio Perez terhadap Lewis Hamilton terpangkas. Kedua pembalap kini berjarak 20 poin setelah Hamilton sukses meraup 19 poin dari posisi finis kedua serta tambahan 1 poin dari fastest lap. Perez harus bangkit pada seri berikutnya jika tak ingin posisi kedua di klasemen pembalap berpindah tangan ke Hamilton.

Baca Juga: Lewis Hamilton Merilis Bisnis Baru di Luar Formula 1, Apa Itu? 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya