Formula 1 dan MotoGP Musim 2021 Seri Australia Batal Digelar

Batal akibat pembatasan perjalanan imbas pandemi COVID-19

Kabar kurang mengenakkan datang dari dua ajang balap, yakni Formula 1 dan MotoGP. Secara bersamaan diumumkan bahwa ajang tersebut terpaksa membatalkan balapan seri Australia.

Pembatalan ini diumumkan secara bersamaan pada Selasa (6/7/2021). Pembatalan ini dilakukan karena adanya pembatasan perjalanan sebagai dampak dari merebaknya Covid-19. 

1. Pembatalan disebabkan pembatasan perjalanan dan logistik imbas pandemi COVID-19

Formula 1 dan MotoGP Musim 2021 Seri Australia Batal DigelarSirkuit Phillip Island (motogp.com)

Pembatalan gelaran balapan Formula 1 dan MotoGP di Australia disebabkan oleh adanya pembatasan perjalanan dan logistik ke negara tersebut. Terlebih saat ini virus COVID-19 varian Delta menjadi perhatian serius berbagai negara karena memiliki transmisi penyebaran yang cepat.

Pembatalan ini pun disampaikan langsung oleh CEO Australian Grand Prix Corporation, Andrew Westacott. Ia menyampaikan rasa sedih kepada para penggemar dua ajang balap itu sebab GP Australia kembali dibatalkan.

“Pasti ada tantangan untuk mengentaskan COVID-19, tapi saya bisa pastikan kepada penggemar bahwa meski ada kesedihan di antara staf kami yang luar biasa, tetap ada kegigihan dan tekad untuk memastikan MotoGP di Phillip Island dan Formula 1 di Albert Park dengan layout baru menjadi pertunjukan luar biasa di Victoria pada waktu mendatang,” kata Andrew dilansir Motorsport.com.

2. Meski GP Australia batal, Formula 1 optimistis bisa gelar 23 balapan musim 2021

Formula 1 dan MotoGP Musim 2021 Seri Australia Batal DigelarGelaran GP Australia pada musim 2019 (formula1.com)

Meski mengalami pembatalan, Formula 1 menegaskan tetap berencana menggelar 23 balapan musim 2021 ini. Perlu diketahui, ajang balap jet darat itu sudah menggelar sembilan balapan dan masih menyisakan 14 balapan lagi.

"Meski kecewa tak bisa menggelar balapan di Australia pada musim ini, kami yakin dapat menggelar 23 balapan dan kami punya opsi untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh GP Australia,” kata CEO Formula 1, Stefano Domenicali.

Baca Juga: Kisah Andrea Moda, Tim Terburuk Sepanjang Sejarah Formula 1

3. Sebelumnya, Formula 1 GP Australia digeser dari bulan Maret ke pertengahan November

Formula 1 dan MotoGP Musim 2021 Seri Australia Batal DigelarPenonton saat menyaksikan GP Australia (formula1.com)

Formula 1 GP Australia musim ini sejatinya sudah mengalami penundaan. Awalnya, balapan yang rutin berlangsung di sirkuit Albert Park tiap tahunnya bakal digelar seperti biasa pada Maret.

Namun, situasi pandemi COVID-19 di awal tahun masih belum menunjukkan tanda mereda. Formula 1 pun memutuskan menggeser jadwal ke pertengahan bulan November, tepatnya pada 19--21 November 2021.

4. MotoGP bergerak cepat, GP Algarve masuk menggantikan GP Australia

Formula 1 dan MotoGP Musim 2021 Seri Australia Batal DigelarJadwal baru MotoGP 2021 usai GP Australia dibatalkan

Di sisi lain, MotoGP bergerak cepat menyusul dibatalkannya balapan GP Australia. Berdasarkan rilisan resmi MotoGP, slot balapan yang sejatinya bakal digelar pada 22--24 Oktober mendatang bakal diisi oleh GP Algarve.

Balapan yang berlangsung di sirkuit internasional Algarve, Portugal, akan berlangsung pada 5--7 November 2021. Sementara itu, GP Malaysia yang dihelat di sirkuit internasional Sepang akan memakai tanggal penyelenggaraan GP Australia.

5. Program vaksinasi di Australia membuka harapan untuk gelaran Formula 1 dan MotoGP di musim mendatang

Formula 1 dan MotoGP Musim 2021 Seri Australia Batal DigelarBalapan MotoGP di sirkuit Phillip Island (motogp.com)

Harapan untuk menggelar balapan di Australia pada musim mendatang mulai terbuka. Ini didasarkan pada program vaksinasi yang dilakukan di Negeri Kanguru tersebut. 

Meski dimulai terlambat, Australia berharap ada lebih banyak orang yang sudah divaksinasi pada akhir tahun ini sehingga pembatasan perjalanan ke negara itu bisa dilonggarkan. Hal ini dapat menjadi titik terang gelaran balapan Formula 1 dan MotoGP di Australia di musim berikutnya.

Baca Juga: Potret Limbah Medis Vaksinasi Berserakan di Lokasi Vaksinasi di Banten

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya