Johann Zarco Menanti Hasil Oke Selepas MotoGP San Marino

Harus puas finis di posisi kesepuluh

Johann Zarco belum berhasil naik podium pada paruh kedua MotoGP 2023. Terbaru, pembalap Pramac Racing itu harus puas finis di posisi ke-10 saat main race GP San Marino pada 10 September 2023 lalu. Sehari sebelumnya, Zarco juga gagal mendulang poin usai finis di posisi ke-14 saat sprint race di Sirkuit Misano, Italia.

Johann Zarco belum cukup puas dengan hasil yang diperolehnya saat beradu cepat di GP San Marino. Meski begitu, kata menyerah tidak juga muncul dalam benaknya saat ini. Zarco malah sedang menantikan hasil oke dalam delapan seri balap tersisa di MotoGP musim ini.

1. Johann Zarco belum naik podium pada paruh kedua MotoGP 2023

Johann Zarco Menanti Hasil Oke Selepas MotoGP San MarinoJohann Zarco saat menjalani pekan balap GP San Marino. (johannzarco.com)

Dalam empat seri balap putaran kedua MotoGP 2023, Johann Zarco belum sekali pun naik podium. Hasil terbaik Zarco saat main race adalah finis keempat di GP Catalunya. Selain itu, torehan terbaik saat sprint race pada periode yang sama ialah finis keempat di GP Inggris.

Capaian tersebut berbeda dengan yang diperoleh Jorge Martin. Pembalap bernomor motor 89 itu sudah dua kali naik podium selama paruh kedua musim ini. Martin finis ketiga di GP Catalunya dan keluar sebagai pemenang di GP San Marino. Perihal sprint race, Martin mampu 2 kali finis di posisi 3 besar. Ia finis ketiga di GP Austria dan meraih kemenangan di GP San Marino.

2. Johann Zarco cukup puas finis di posisi ke-10 saat main race GP San Marino

Johann Zarco Menanti Hasil Oke Selepas MotoGP San MarinoJohann Zarco saat menjalani pekan balap GP San Marino 2023. (johannzarco.com)

Johann Zarco merasa cukup senang walau hanya meraup enam poin setelah finis di posisi kesepuluh dalam main race GP San Marino. Ia menyadari pekan balap di Sirkuit San Marino pekan lalu tak berlangsung mudah untuknya. Apalagi, Zarco harus memulai sprint dan main race dari posisi start ke-16. Hal tersebut membuat Zarco harus berupaya lebih keras agar bisa menyodok pembalap lain guna memperoleh posisi finis lebih baik.

“Aku senang bahwa aku bisa meraih posisi sepuluh besar. Pada awal balapan sangat sulit bagiku untuk mengimbangi kecepatannya. Namun, aku mendapatkan kecepatan yang bagus pada sepertiga akhir balapan dan itu sangat bagus,” kata Zarco dilansir Speedweek.

Baca Juga: Johann Zarco Tak Lagi Terobsesi Kemenangan, Cuma Ingin Nyaman

3. Johann Zarco menilai Sirkuit Misano bukan trek yang mudah ditaklukkan

Johann Zarco Menanti Hasil Oke Selepas MotoGP San MarinoJohann Zarco berada di atas motor Desmosedici GP23 jelang GP San Marino 2023. (johannzarco.com)

Johann Zarco menilai Sirkuit Misano bukanlah trek yang mudah ditaklukkan. Sejumlah hal tak bekerja maksimal ketika memacu motor Desmosedici GP23. Meski begitu, Zarco tetap puas atas perjuangannya selama menjalani pekan balap GP San Marino.

“Semua orang bilang Sirkuit Misano memberikan daya cengkeram yang kuat. Akan tetapi, sejujurnya aku tak merasakan itu. Hal tersebut berarti persepsiku terhadap hal-hal itu sangat berbeda dengan sebagian besar pembalap.

Akan tetapi, aku sudah kesulitan di Sirkuit Misano sejak tahun lalu. Jadi, aku ingin merasakan daya cengkeram itu sehingga aku bekerja terhadap hal itu. Namun, ada sedikit pengorbanan terhadap keseimbangan motor,” jelas Zarco.

4. Johann Zarco ingin naik podium lebih banyak pada balapan sisa MotoGP 2023

Johann Zarco Menanti Hasil Oke Selepas MotoGP San Marinopembalap Pramac Racing Johann Zarco (motogp.com)

Johann Zarco belum menyerah memburu hasil terbaik pada MotoGP 2023. Ia bertekad mengeluarkan performa terbaiknya menyongsong rentetan pekan balap di Asia yang akan dimulai dari GP India pada 22–24 September mendatang. Zarco berharap bisa naik podium lebih banyak sebelum 2023 berakhir.

“Aku menantikan hari yang lebih baik. Dengan balapan di luar Eropa, aku akan mencoba mendapat lebih banyak podium di sana,” pungkas Zarco.

Johann Zarco bertengger di posisi keenam dalam klasemen pembalap. Ia sudah mengumpulkan 147 poin dari 12 seri balap yang sudah digelar. Zarco tertinggal seratus poin dari Jorge Martin yang bercokol di posisi kedua.

Baca Juga: Alex Marquez Tanggapi Kepindahan Johann Zarco ke LCR Honda 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya