Jorge Martin Berharap Bisa Jaga Posisi Puncak Klasemen Lebih Lama

The Martinator finis terdepan di sprint race GP Qatar 

Jorge Martin merasakan kebahagiaan setelah sprint race GP Qatar 2024. Pembalap Pramac Racing berhasil finis di posisi terdepan dalam balapan yang digelar pada Sabtu (9/3/2024) malam WIB. Martin finis di depan Brad Binder dengan jarak 0,548 detik.

Keberhasilan tersebut disambut gembira Martin. Ini menjadi hasil bagus untuk membuka MotoGP 2024. Namun, Martin tetap tak mau terlena begitu saja. Sebab, posisinya di puncak klasemen bisa saja tergusur jika gagal menunjukkan performa terbaik saat main race.

1. Jorge Martin finis terdepan di sprint race GP Qatar 2024

Jorge Martin Berharap Bisa Jaga Posisi Puncak Klasemen Lebih LamaJorge Martin saat melintasi garis finis di sprint race GP Qatar 2024. (twitter.com/88jorgemartin)

Jorge Martin memulai sprint race dari pole position. Pembalap bernomor motor 89 itu berhasil menguasai sesi kualifikasi kedua (Q2) lewat torehan waktu 1 menit 50,789 detik. Hasil oke saat kualifikasi menjadi modal penting untuk Martin dalam menjalani sprint race.

Saat lampu start padam, Martin langsung memimpin jalannya balapan. Ia terus dibuntuti Brad Binder yang berada di posisi kedua. Hingga bendera chequered dikibarkan, Martin tetap berada di posisi pertama.

Capaian tersebut untuk sementara menempatkan Martin di posisi puncak klasemen. Pembalap asal Spanyol itu meraup 12 poin setelah finis terdepan dalam balapan berdurasi 11 lap tersebut. Ini menjadi kedua kalinya Martin menyandang status sebagai pemimpin klasemen pembalap. Sebelumnya, Martin berada di posisi tersebut setelah finis pertama saat sprint race GP Indonesia 2023.

Baca Juga: Tekad Jorge Martin Raih Juara MotoGP 2024 Bersama Pramac Racing

2. Jorge Martin mengaku motornya mengalami masalah di bagian belakang saat sprint race

Jorge Martin Berharap Bisa Jaga Posisi Puncak Klasemen Lebih LamaJorge Martin memimpin jalannya sprint race GP Qatar 2024. (motogp.com)

Jorge Martin mengungkapkan pandangannya terkait keberhasilan finis sebagai pemenang sprint race GP Qatar. Ia sangat senang meski tetap merasakan kesulitan sepanjang balapan. Martin mengaku motornya masih memiliki masalah pada bagian belakang dan hampir terjatuh beberapa kali. Martin berharap masalah tersebut bisa teratasi sehingga dirinya bisa memacu motor lebih maksimal.

“Aku tampil cepat, tetapi masalah di bagian belakang masih ada. Kami perlu bekerja terhadap masalah tersebut. Aku benar-benar dekat dengan insiden di beberapa tikungan. Aku sangat kesulitan.

Kami mendapatkannya sekarang. Namun, jika kami terus seperti ini, maka itu menjadi hal yang tidak mungkin. Kami perlu mengerjakan itu,” kata Martin dilansir Motorcycle Sports.

3. Jorge Martin berharap bisa mempertahankan posisi puncak klasemen selama lebih dari 24 jam

Jorge Martin Berharap Bisa Jaga Posisi Puncak Klasemen Lebih Lamapembalap Pramac Racing, Jorge Martin (motogp.com)

Memimpin klasemen sementara MotoGP 2024 tentu menjadi kebahagiaan untuk Jorge Martin. Akan tetapi, ia tak mau terbawa euforia karena main race GP Qatar sudah menantinya. Martin tak ingin mengulangi kesalahan seperti saat GP Indonesia 2023.

Saat itu, Martin sukses mengambil alih posisi puncak klasemen dari Francesco Bagnaia usai finis pertama saat sprint race. Sayangnya, singgasana Martin kembali direbut Bagnaia setelah main race. Itu tak lepas dari gagalnya Martin menuntaskan balapan usai terjatuh dari motor, sedangkan Bagnaia melintasi garis finis sebagai pemenang.

“Ini (sprint race) adalah hari yang luar biasa. Aku mulai mencatatkan rekor putaran dan itu adalah putaran yang mengagumkan. Memulai musim seperti ini tentunya merupakan hal yang bagus.

Aku berharap diriku bisa mempertahankan keunggulan selama lebih dari 24 jam, tidak seperti saat GP Indonesia. Namun, musim balap masih panjang, jadi hal tersebut tak terlalu membuatku khawatir. Semoga kami bisa mengalami peningkatan, karena aku merasa Brad Binder dan Aleix Espargaro memiliki kecepatan lebih baik saat ini. Mari kita lihat apakah kami bisa membendung mereka saat main race,” jelas Martin dikutip Motorcycle Sports.

Main race MotoGP Qatar akan digelar pada Senin (11/3/2024) pukul 00.00 WIB. Jorge Martin memulai balapan berdurasi 22 lap tersebut dari pole position. Akankah Martin berhasil finis sebagai pemenang dini hari nanti?

Baca Juga: Pramac Ingatkan Ducati soal Potensi Jorge Martin Pindah Tim

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya