Jorge Martin Kecewa Gagal Finis di Main Race MotoGP Spanyol 2024

Terjatuh saat sedang memimpin balapan

Main race MotoGP Spanyol 2024 yang berlangsung pada Minggu (28/4/2024) malam WIB tampaknya menjadi momen yang ingin segera dilupakan Jorge Martin. Betapa tidak, pembalap Pramac Racing itu gagal menuntaskan balapan yang digelar di hadapan publik negara sendiri. Martin terjatuh saat sedang memimpin jalannya balapan.

Kejadian tersebut tentu membuat Martin kecewa. Apalagi, ia punya peluang menuntaskan balapan sebagai pemenang. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi sehingga membuat Jorge Martin terjatuh dari motornya?

1. Sempat memimpin balapan, Jorge Martin terjatuh pada lap kesebelas

Jorge Martin Kecewa Gagal Finis di Main Race MotoGP Spanyol 2024Jorge Martin terjatuh saat main race GP Spanyol 2024. (motogp.com)

Jorge Martin memulai balapan dari posisi start ketiga. Saat lampu start padam, Martin berhasil naik ke posisi kedua. Pembalap bernomor motor 89 itu berada di belakang Marc Marquez. Tak berselang lama, Francesco Bagnaia berhasil menyalip sehingga Martin melorot ke posisi ketiga.

Pada lap kedua, Jorge Martin kembali berada di posisi kedua setelah mengasapi Marc Marquez. Martin berhasil memimpin jalannya balapan pada awal lap ketiga usai mendahului Bagnaia. Posisi terdepan berhasil dijaga Martin meski mendapat perlawanan dari Bagnaia.

Namun, petaka untuk Martin terjadi pada lap kesebelas. Ia mengalami lowside saat melibas tikungan enam. Alhasil, ia gagal melanjutkan balapan. Ini menjadi kali pertama Martin gagal finis saat main race pada 2024.

Baca Juga: Jorge Martin Tak Pandang Sebelah Mata Francesco Bagnaia di MotoGP 2024

2. Jorge Martin bertekad tak ingin membuat kesalahan pada seri berikutnya

Jorge Martin Kecewa Gagal Finis di Main Race MotoGP Spanyol 2024Jorge Martin berada di depan Francesco Bagnaia saat main race GP Spanyol 2024. (twitter.com/88jorgemartin)

Jorge Martin kecewa terhadap insiden yang menimpanya saat main race GP Spanyol 2024. Ia merasa punya kecepatan untuk menutup balapan dengan hasil terbaik. Martin belum bisa menjelaskan masalah yang membuatnya terjatuh ketika memimpin balapan. Meski begitu, Martin bertekad untuk tidak membuat kesalahan lagi pada seri-seri berikutnya.

“Aku sedih tentang balapan kali ini. Aku punya start bagus. Aku mempertahankan posisi pimpinan balapan. Aku merasa kuat, tetapi aku mengalami insiden yang tidak bisa kujelaskan bagaimana itu bisa terjadi. Aku akan menganalisis data dengan timku karena aku tak ingin membuat kesalahan seperti itu lagi,” kata Martin dilansir Crash.

3. Jorge Martin ingin memanfaatkan tes resmi di Sirkuit Jerez dengan sebaik mungkin

Jorge Martin Kecewa Gagal Finis di Main Race MotoGP Spanyol 2024Jorge Martin saat menjalani sesi kualifikasi GP Spanyol 2024. (motogp.com)

Selepas GP Spanyol 2024, pembalap dan tim MotoGP akan melakoni tes resmi yang berlangsung di Sirkuit Jerez pada Senin (29/4/2024) sore WIB. Jorge Martin ingin memanfaatkan sesi tes tersebut untuk mempelajari Desmosedici GP24 lebih dalam lagi. Selain itu, pembalap berusia 26 tahun itu juga akan mencari solusi bersama tim guna memperbaiki kekurangan yang ada pada motornya.

“Itu menjadi hari yang buruk. Namun, hal yang membuatku merasa baik adalah mengetahui bahwa diriku berada di tim yang hebat dan kami akan menemukan solusi untuk masalah ini. Sebenarnya, bagus untuk memiliki tes pada esok hari (Senin) sehingga aku bisa kembali ke trek, mencari tahu apa yang terjadi, dan terus meningkatkan diri,” ucap Martin dikutip Crash.

Meski gagal finis saat main race, Jorge Martin tak menyudahi GP Spanyol 2024 dengan tangan hampa. Ia meraih 12 poin setelah finis sebagai pemenang saat sprint race yang digelar pada Sabtu (27/4/2024) malam WIB. Kini, Martin masih berada di puncak klasemen lewat perolehan 92 poin.

Sementara itu, keunggulan Jorge Martin di klasemen pembalap kini terpangkas. Itu menyusul keberhasilan Francesco Bagnaia memenangkan main race GP Spanyol setelah gagal finis ketika sprint race. Kesuksesan finis pertama di main race membuat Bagnaia kini menduduki posisi runner-up dengan mengantongi 75 poin.

Baca Juga: Jorge Martin Kuasai Sprint Race MotoGP Spanyol

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya