Jorge Martin Tegaskan Ingin Perkuat Tim Pabrikan di MotoGP 2025

Martin masih di Pramac Racing hingga 2024

Jorge Martin tetap berstatus sebagai pembalap Pramac Racing di MotoGP 2024. Ia sudah memperkuat tim satelit Ducati itu sejak debut di kelas utama pada 2021 lalu. Oleh karena itu, tahun depan menjadi musim keempat Martin bersama Pramac Racing di MotoGP.

Meski begitu, Jorge Martin masih menyimpan keinginan untuk memperkuat tim pabrikan. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu menekankan dirinya selambat-lambatnya akan berada di tim utama pada 2025. Lantas, tim pabrikan mana yang akan dibidik Jorge Martin?

1. Capaian Jorge Martin di MotoGP 2023 hingga GP Austria

Jorge Martin Tegaskan Ingin Perkuat Tim Pabrikan di MotoGP 2025Jorge Martin mencium medali setelah sprint race GP Portugal 2023. (pramacracing.com)

Jorge Martin kini berada dalam persaingan perebutan gelar juara MotoGP 2023. Ia menduduki posisi kedua klasemen pembalap dengan perolehan 189 poin. Jorge Martin tertinggal 62 poin dari Francesco Bagnaia yang masih kokoh di puncak klasemen.

Pencapaian Jorge Martin musim ini terbilang mentereng. Ia sudah 3 kali finis podium yang salah satunya merupakan kemenangan di main race GP Jerman. Selain itu, Jorge Martin telah 6 kali finis tiga besar saat sprint race dengan 2 di antaranya didapat dengan finis pertama di GP Prancis dan Jerman.

“Tahun lalu, aku hanya berada di posisi ke-13 saat GP Italia. Musim ini, aku finis kedua di belakang Bagnaia. Pada titik itu, aku tahu aku salah satu yang terbaik. Kemudian, aku menang di GP Jerman,” kata Martin dilansir Speedweek.

Baca Juga: Jorge Martin Gusur Rekor Jorge Lorenzo, Start Terdepan di Australia

2. Jorge Martin yakin bisa bersaing dengan Francesco Bagnaia dalam perebutan gelar juara

Jorge Martin Tegaskan Ingin Perkuat Tim Pabrikan di MotoGP 2025Jorge Martin [kiri] dan Francesco Bagnaia saat pekan balap GP Jerman 2023. (twitter.com/FormulaRapidaEN)

Torehan mengesankan pada musim ini membuat Jorge Martin kian percaya diri. Kemenangan di main race GP Jerman menjadi titik penting yang memacu semangat Martin dalam bersaing di barisan depan. Martin yakin dirinya bisa memberi tekanan kepada Francesco Bagnaia dalam persaingan gelar juara dengan menjaga konsistensi.

“Itu adalah poin penting dalam musim balapku. Sebab, aku mengerti bahwa aku bisa mengalahkan Bagnaia tidak hanya ketika aku lebih cepat daripada dirinya, tetapi juga saat kami sama-sama cepat. Dia sekarang mengincarku dalam pertarungan untuk gelar juara. Itulah hal yang paling penting.

Marco Bezzecchi terus membuat kesalahan kecil, sedangkan aku dan Bagnaia sedikit lebih stabil di semua trek. Jadi, aku pikir kejuaraan akan menjadi antara diriku dan Bagnaia,” jelas Martin.

3. Jorge Martin bidik kursi balap di tim pabrikan untuk MotoGP 2025

Jorge Martin Tegaskan Ingin Perkuat Tim Pabrikan di MotoGP 2025pembalap Pramac Racing Jorge Martin (motogp.com)

Performa oke yang diperlihatkan pada musim ini juga menjadi penegasan tentang potensi Jorge Martin dalam memperkuat tim utama sebuah pabrikan. Pembalap berusia 28 tahun itu merasa layak mendapat kursi balap di tim pabrikan berkaca dari prestasi yang sudah dicapai sejauh ini. Tak mengherankan jika Jorge Martin membidik tempat di tim pabrikan pada 2025. Meski Ducati tetap menjadi prioritas, Martin tak menampik akan memilih pabrikan lain jika Ducati tak memberinya satu kursi di tim utama.

“Tujuanku adalah bergabung ke tim pabrikan pada 2025 karena aku layak mendapatkannya. Aku punya potensi untuk menang dengan pabrikan lain. Akan tetapi, pilihan pertamaku adalah Ducati. Namun, jika mereka tidak mengapresiasi talenta dan kerjaku, maka aku akan memilih opsi lain,” tegas Martin.

Jorge Martin gagal mendapatkan tempat di tim utama Ducati musim ini. Pabrikan asal Italia itu lebih memilih Enea Bastianini untuk menjadi rekan setim Francesco Bagnaia hingga akhir musim 2024. Akankah Martin memperkuat tim pabrikan Ducati pada 2025?Menarik untuk dinantikan bersama.

Baca Juga: Francesco Bagnaia, Max Verstappen Versi MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya