Lando Norris Memuji Capaian Bagus McLaren di Formula 1 GP Jepang 2023

McLaren sukses cetak double podium

Red Bull memang berpesta di Formula 1 2023 GP Jepang. Tim yang dipimpin Christian Horner itu sukses menyegel gelar juara konstruktor untuk kali kedua secara beruntun. Walau begitu, ada satu tim yang juga mencuri perhatian karena keberhasilan meraih double podium pada Minggu (24/9/2023) siang WIB.

Tim tersebut ialah McLaren. Lando Norris dan Oscar Piastri berhasil merampungkan balapan di Sirkuit Suzuka dengan menempati posisi kedua serta ketiga. Pencapaian tersebut mendapat pujian Norris karena McLaren telah menunjukkan kemajuan yang luar biasa.

1. McLaren amankan posisi start kedua serta ketiga saat sesi kualifikasi GP Jepang

Lando Norris Memuji Capaian Bagus McLaren di Formula 1 GP Jepang 2023Oscar Piastri berada di depan Lando Norris saat balapan GP Jepang 2023. (formula1.com)

McLaren menunjukkan performa mengesankan sejak sesi latihan GP Jepang. Salah satunya terjadi saat sesi latihan ketiga. Lando Norris dan Oscar Piastri menjadi pembalap tercepat kedua serta ketiga dalam sesi tersebut. Catatan positif tersebut berlanjut saat sesi kualifikasi.

Saat sesi kualifikasi, Oscar Piastri berhasil meraih posisi start kedua. Pembalap asal Australia itu terpaut 0,581 detik dari Max Verstappen yang berada di pole position. Sementara itu, Lando Norris memulai balapan dari posisi ketiga dan hanya terpaut 0,0035 detik dari Piastri.

2. McLaren raih double podium perdana sepanjang musim 2023

Memulai balapan dari posisi kedua serta ketiga menjadi modal bagus untuk Lando Norris dan Oscar Piastri saat menjalani balapan. Begitu lampu start padam, Norris langsung mengambil alih posisi kedua dari Piastri. Selepas itu, performa kedua pembalap terbilang stabil selama menjalani balapan berdurasi 53 lap.

Hingga bendera chequered dikibarkan, Lando Norris dan Oscar Piastri tetap berada di posisi kedua serta ketiga. Itu menjadi double podium pertama McLaren sepanjang musim 2023. Terakhir kali ada dua pembalap McLaren finis di posisi tiga besar adalah saat GP Italia 2021. Ketika itu, Daniel Ricciardo keluar sebagai pemenang dan Lando Norris finis di posisi kedua.

Baca Juga: 6 Podium Pertama Lando Norris di Formula 1

3. Lando Norris puas dengan pencapaian McLaren di GP Jepang

Lando Norris Memuji Capaian Bagus McLaren di Formula 1 GP Jepang 2023Lando Norris memegang trofi saat berada di podium GP Jepang 2023. (formula1.com)

Lando Norris mengungkapkan rasa puas atas hasil yang dicapai oleh McLaren di GP Jepang. Pembalap asal Inggris itu memuji kerja keras yang sudah dilakukan tim sehingga MCL60 tampil cepat di Sirkuit Suzuka. Tak lupa, Norris juga memberi apreasiasi atas podium perdana Oscar Piastri pada musim debutnya di Formula 1.

“Hari luar biasa lainnya untuk kami. Finis kedua dan ketiga, jadi kami tak bisa meminta lebih banyak lagi. Tim melakukan pekerjaan luar biasa. Start balapku sangat bagus. Aku hampir menyalip Verstappen, tetapi Verstappen tetaplah Verstappen.

Aku tak punya banyak kesempatan di tikungan kedua. Akan tetapi, kecepatannya sangat kuat dibandingkan dengan semuanya. Kami tidak dekat dengan Verstappen, tetapi kami tak berjarak terlalu jauh darinya. Jadi, itu hari yang sangat bagus. Aku sangat senang, khususnya untuk Piastri atas podium perdananya di Formula 1. Jadi, selamat untuknya,” jelas Norris dilansir Racing News 365.

4. Oscar Piastri meraih podium perdana pada musim debutnya di Formula 1

Lando Norris Memuji Capaian Bagus McLaren di Formula 1 GP Jepang 2023pembalap McLaren, Oscar Piastri (oscarpiastri.com)

Tak hanya Norris, Oscar Piastri juga tak bisa menyembunyikan kebahagiaan atas keberhasilan finis ketiga di GP Jepang. Apalagi, ia meraih podium perdana di Formula 1 dalam statusnya sebagai debutan. Pencapaian tersebut semakin membuktikan bahwa Piastri mampu menjaga momentum positif yang sudah dia bangun dalam beberapa balapan terakhir.

“Terasa sangat istimewa. Tentu saja, aku akan mengingatnya dalam waktu yang sangat lama. Aku sangat berterima kasih kepada tim karena memberiku kesempatan ini.

Tak banyak orang di dunia yang mendapat kesempatan ini dalam seluruh hidup mereka. Aku berhasil meraihnya pada musim pertamaku. Jadi, terima kasih banyak untuk tim,” kata Piastri dikutip F1i.

Tambahan 33 poin dari GP Jepang mengokohkan McLaren di posisi kelima klasemen konstruktor. Tim yang berbasis di Woking, Inggris, itu mengoleksi 172 poin dari 16 seri balap yang sudah digelar. McLaren mampu memangkas jarak dengan Aston Martin yang berada di posisi keempat sehingga kedua tim kini terpisah 49 poin.

Baca Juga: Andrea Stella Yakin Oscar Piastri Punya Potensi Merajai Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya