Andrea Stella Yakin Oscar Piastri Punya Potensi Merajai Formula 1

Piastri kini berstatus debutan di Formula 1

Oscar Piastri sedang menjalani musim debutnya di Formula 1. Pembalap asal Australia itu berada di McLaren dan menjadi tandem Lando Norris. Meski berstatus sebagai debutan, performa Piastri di balik kemudi mobil MCL60 tak bisa dianggap remeh.

Performa mengesankan Piastri mendapat pujian dari Andrea Stella. Team Principal McLaren itu menyebut Piastri punya aspek-aspek penting untuk tampil oke saat berada di lintasan. Bahkan, Stella menyebut Piastri berpotensi menjadi juara dunia Formula 1 pada masa mendatang.

1. Pencapaian mengesankan Oscar Piastri di Formula 1 hingga GP Belanda 2023

Andrea Stella Yakin Oscar Piastri Punya Potensi Merajai Formula 1Oscar Piastri (kiri) berfoto bersama Max Verstappen (tengah) dan Pierre Gasly selepas sprint race GP Belgia 2023. (oscarpiastri.com)

Penampilan Oscar Piastri di Formula 1 musim ini hingga GP Belanda yang digelar pada 25–27 Agustus 2023 terbilang oke. Ia sudah 5 kali finis di posisi 10 besar saat main race. Prestasi terbaik pembalap berusia 22 tahun itu ketika main race adalah finis keempat di GP Inggris.

Selain itu, Piastri juga mampu menorehkan pencapaian mentereng saat sprint race GP Belgia. Ia berhasil finis di posisi kedua dengan jarak 6,677 detik dari Max Verstappen yang keluar sebagai pemenang. Itu menjadi hasil finis terbaiknya dari tiga sprint race yang sudah berlangsung pada musim ini.

Piastri kini menduduki posisi ke-12 klasemen pembalap dengan perolehan 36 poin. Jumlah poin yang dirinya miliki sama seperti Esteban Ocon yang bertengger di posisi kesebelas. Piastri masih menjadi satu-satunya debutan di Formula 1 2023 yang sudah mengoleksi poin di klasemen.

Baca Juga: Oscar Piastri Kritik Performanya saat Paruh Pertama Formula 1 2023

2. Andrea Stella menilai Oscar Piastri punya aspek penting untuk menjadi pembalap hebat

Andrea Stella Yakin Oscar Piastri Punya Potensi Merajai Formula 1pembalap McLaren Oscar Piastri (formula1.com)

Catatan bagus yang dibukukan Oscar Piastri menjadi perhatian Andrea Stella. Pria asal Italia itu menilai Piastri punya faktor penting untuk menjadi sosok pembalap hebat pada masa mendatang. Apalagi, Piastri memiliki semangat mempelajari hal-hal yang ada di kejuaraan.

“Pembalap yang punya potensi menjadi juara dunia perlu memiliki kecepatan yang alami. Kami melihatnya langsung pada Piastri. Kemudian, mereka perlu punya pemikiran, kapasitas, kapabilitas untuk menggunakan talenta mereka. Oscar membangunnya dengan cara yang menarik. Dia menjaga pikirannya tetap bersih dari gangguan.

Sepertinya dia punya kemampuan yang kuat untuk belajar. Sebab, dia tidak mengalihkan dirinya dari pembelajaran dan fokus. Kami melihatnya langsung saat tes dan pada balapan awal musim ini ,” kata Stella dilansir Racing News 365.

3. Selain mobil yang kompetitif, Oscar Piastri juga punya tiga aspek penting untuk jadi juara dunia

Andrea Stella Yakin Oscar Piastri Punya Potensi Merajai Formula 1Oscar Piastri saat menjalani pekan balap GP Belanda 2023. (oscarpiastri.com)

Performa MCL60 sempat kurang kompetitif pada beberapa balapan Formula 1 2023. Walau begitu, Oscar Piastri masih bisa menyumbangkan 4 poin dari 9 balapan awal musim ini. Capaian Piastri mengalami peningkatan begitu McLaren memberikan serangkaian pembaruan pada MCL60. Piastri sukses finis keempat di GP Inggris dan kelima di GP Hungaria.

Menilik hal tersebut, Andrea Stella yakin Piastri bisa meraih lebih banyak kesuksesan apabila mendapat mobil yang kompetitif. Itu ditambah dengan faktor Piastri yang punya kemauan belajar demi peningkatan performanya saat beradu cepat di lintasan. Aspek ini yang dianggap Stella menjadi faktor penting jika ingin menjadi juara dunia suatu hari kelak.

“Makin jelas bahwa saat mobil menjadi kompetitif, dia bisa bersaing di posisi atas di Formula 1. Jadi, dia punya talenta alami, kapabilitas untuk belajar, dan dia adalah orang yang bagus dengan seperangkat nilai dan etika. Aku pikir tiga elemen ini adalah bagian dari keterampilan juara dunia yang kami bisa lihat pada sosok Piastri,” pungkas Stella.

Oscar Piastri sudah ditunggu pekan balap GP Italia pada 1–3 September 2023 mendatang. Ia datang ke Sirkuit Monza berbekal finis kesembilan di GP Belanda akhir pekan lalu. Akankah Piastri kembali mendulang poin saat berjibaku di GP Italia?

Baca Juga: Andrea Stella Sebut Oscar Piastri Pembalap Spesial bagi McLaren

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya