Charles Leclerc Terkejut Mercedes Taklukkan Ferrari di GP Qatar 2023

Mercedes kian menjauh dari kejaran Ferrari

Ferrari mendapat hasil kurang oke saat menjalani pekan balap GP Qatar 2023 yang berlangsung pada 6–8 Oktober 2023. Tim berlogo kuda jingkrak itu hanya mampu membawa pulang 13 poin dari Sirkuit Lusail. Raihan poin tersebut membuat jarak Ferrari dengan Mercedes dalam perebutan posisi kedua klasemen konstruktor kian melebar.

Charles Leclerc mengaku terkejut dengan performa oke Mercedes. Ia melihat Mercedes punya keunggulan dari timnya terutama saat sprint dan main race. Apalagi, Lewis Hamilton dan George Russell sempat terlibat insiden pada lap pertama main race.

1. Mercedes tunjukkan tanda-tanda lebih unggul dari Ferrari sejak sesi kualifikasi

Charles Leclerc Terkejut Mercedes Taklukkan Ferrari di GP Qatar 2023Lewis Hamilton saat sesi kualifikasi GP Qatar 2023. (formula1.com)

Tanda-tanda performa Mercedes lebih unggul ketimbang Ferrari sebetulnya sudah terlihat sejak sesi kualifikasi. George Russell dan Lewis Hamilton berhasil mengamankan posisi start kedua serta ketiga untuk main race. Di sisi lain, Charles Leclerc harus puas menduduki posisi start kelima dan Carlos Sainz gagal lolos dari Q2.

Penampilan oke tersebut berlanjut saat sprint shootout atau sesi kualifikasi untuk sprint race. Walau Hamilton mendapat posisi start ke-12, Russell berhasil meraih posisi start keempat. Russell berada di depan Sainz dan Leclerc yang masing-masing berada di posisi kelima dan keenam.

2. Keunggulan Mercedes terhadap Ferrari berlanjut saat sprint dan main race GP Qatar

Charles Leclerc Terkejut Mercedes Taklukkan Ferrari di GP Qatar 2023salah satu momen saat sprint race GP Qatar 2023. (twitter.com/F1)

Saat sprint race, Russell dan Hamilton berhasil finis di posisi keempat serta kelima. Mercedes total mendapat 9 poin dari sesi tersebut. Sementara itu, Ferrari mendulang 3 poin dari Sainz yang menyudahi balapan di posisi keenam. Leclerc gagal menyumbang poin karena finis di posisi ke-12.

Ketika main race, Ferrari dan Mercedes mendapatkan situasi yang kurang bagus. Dari kubu Ferrari, Sainz tak bisa ikut balapan karena mobilnya mengalami masalah kebocoran bahan bakar. Sementara itu, Hamilton harus keluar balapan lebih awal usai berkontak dengan Russell di tikungan pertama.

Praktis, Mercedes mengandalkan Russell dan Ferrari bertumpu pada Leclerc untuk meraup poin. Walau sempat mengalami insiden, Russell ternyata berhasil finis di depan Leclerc dalam balapan berdurasi 57 lap itu. Russell finis di posisi keempat dengan jarak 4,857 detik dari Leclerc yang ada di posisi kelima.

Baca Juga: Charles Leclerc Meminta Ferrari Membenahi Kinerja Pit Stop

3. Ferrari lakukan pendekatan lebih hati-hati setelah Sainz gagal ikut main race

Charles Leclerc Terkejut Mercedes Taklukkan Ferrari di GP Qatar 2023Charles Leclerc saat menjalani main race GP Qatar 2023. (ferrari.com)

Selepas main race GP Qatar, Leclerc mengakui Ferrari mengambil pendekatan yang lebih hati-hati saat balapan. Hal itu tak lepas dari gagalnya Sainz ikut start balap akibat masalah pada mobilnya. Kondisi tersebut mendorong Leclerc membalap dengan lebih cermat agar dapat menuntaskan balapan di zona poin.

“Kami tidak memulai hari dengan cara terbaik karena masalah yang dialami Sainz. Itu sangat disayangkan. Itu membuat kami mengambil lebih banyak margin pada sisiku dalam hal mengemudi hanya untuk berada di posisi aman. Namun, aku berpikir tidak ada lebih banyak hal yang bisa kami dapatkan untuk balapan,” jelas Leclerc dilansir Racing News 365.

4. Charles Leclerc tak menyangka Mercedes punya kecepatan untuk ungguli Ferrari

Charles Leclerc Terkejut Mercedes Taklukkan Ferrari di GP Qatar 2023George Russell saat menjalani main race GP Qatar 2023. (formula1.com)

Leclerc juga menyoroti performa Mercedes yang di luar dugaannya tampil bagus di Sirkuit Lusail. Pembalap asal Monako itu mengaku tak terlalu terkejut dengan penampilan McLaren yang konsisten menunjukkan kecepatan mereka sepanjang pekan balap GP Qatar. Akan tetapi, Leclerc tak menyangka Mercedes dapat memberi perlawanan kepada timnya.

“Kami tidak terkejut dengan kecepatan McLaren. Meski mereka sangat cepat, kami memperkirakan pada hari Jumat bahwa mereka akan sangat kuat. Di sisi lain, kami cukup terkejut dengan kecepatan Mercedes. Bagi mereka, finis di depan kami dengan insiden pada lap 1 adalah sebuah hal mengejutkan,” kata Leclerc.

Ferrari masih berada di posisi ketiga dengan perolehan 298 poin. Mereka tertinggal 28 poin dari Mercedes yang masih kokoh di peringkat kedua. Formula 1 2023 masih menyisakan lima seri balap lagi. Bisakah Ferrari mengudeta posisi kedua dari Mercedes?

Baca Juga: Carlos Sainz Rasakan Manfaat Pertemuan dengan Insinyur Ferrari

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya