Luca Marini Jelaskan Kegagalannya di Main Race GP Austria 2023

Harus puas di belakang Marco Bezzecchi

Luca Marini kembali gagal naik podium di MotoGP 2023. Pembalap Mooney VR46 Racing itu harus puas menyudahi main race GP Austria yang digelar pada Minggu (20/8/2023) malam WIB di posisi keempat. Ia finis di belakang rekan setimnya, Marco Bezzecchi.

Selepas balapan, Marini menjelaskan apa yang menyebabkan dirinya gagal merengkuh podium. Ia mengaku ada masalah pada bagian motor sehingga menyulitkannya beradu cepat untuk perebutan posisi tiga besar. Lantas, apa masalah yang dialami Luca Marini?

1. Memulai balapan dengan cukup baik, Luca Marini harus puas finis keempat

Luca Marini Jelaskan Kegagalannya di Main Race GP Austria 2023Luca Marini berada di depan Jack Miller saat main race GP Austria 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Luca Marini sejatinya memulai main race dengan cukup baik. Berada di posisi start keenam, Marini naik ke posisi kelima saat balapan masih berumur satu lap. Sayangnya, Marini disalip Marco Bezzecchi pada lap keempat sehingga berada di posisi keenam.

Marini kembali ke posisi kelima usai menyalip Jack Miller pada lap ketujuh. Posisi tersebut mampu dipertahankannya hingga lap 25. Marini terlibat pertarungan sengit dengan Alex Marquez dalam perebutan posisi keempat.

Hasilnya, Marini sukses mengasapi Alex Marquez pada lap 26. Posisi keempat mampu dipertahankan Marini hingga balapan tuntas. Ia finis di belakang Marco Bezzecchi dengan jarak 2,635 detik.

2. Luca Marini mengakui ada masalah yang menjegalnya finis di zona podium

Luca Marini Jelaskan Kegagalannya di Main Race GP Austria 2023Luca Marini saat menjalani pekan balap GP Austria 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Luca Marini sedikit kecewa dengan masalah yang terjadi saat main race GP Austria. Pembalap asal Italia itu mengaku mengalami masalah pada ban belakang motor yang hampir membuatnya terjatuh. Hal tersebut memberi peluang pembalap lain menyalipnya pada lap-lap awal balapan.

“Saat start, aku mengalami slide parah ban belakang motorku di area keluar tikungan 1. Itu hampir membuatku terjatuh. Itulah mengapa Jack Miller dan Alex Marquez bisa menyalipku. Butuh waktu yang lama untuk mengejar ketertinggalan,” kata Marini dilansir Speedweek.

Baca Juga: Luca Marini Bicara soal Kesulitan yang Dialami saat MotoGP Jerman

3. Luca Marini sadar peluangnya meraih podium sirna karena masalah ban belakang

Luca Marini Jelaskan Kegagalannya di Main Race GP Austria 2023pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini (flickr.com/vr46racingteam)

Luca Marini menyadari masalah pada ban belakang memupuskan harapan naik podium di Red Bull Ring. Jika mampu mempertahankan posisi ketiga sejak awal balapan, Marini berpeluang untuk mempertahankan posisinya. Akan tetapi, harapan Marini berbeda dengan kenyataan saat balapan.

“Pada titik itu, peluangku untuk merengkuh podium telah hilang. Jika aku mempertahankan posisi ketiga pada lap pertama, maka itu akan menjadi balapan yang berbeda. Akan tetapi, seperti itulah balapan. Kesalahan kecil semacam itu bisa terjadi,” jelas Marini.

4. Posisi Luca Marini di klasemen pembalap usai GP Austria 2023

Luca Marini Jelaskan Kegagalannya di Main Race GP Austria 2023klasemen pembalap MotoGP 2023 usai GP Austria (twitter.com/MotoGP)

Finis keempat di main race GP Austria setidaknya mengobati kekecewaan Luca Marini yang gagal finis saat sprint race di Red Bull Ring. Marini terjatuh usai bersenggolan dengan Jorge Martin pada lap ketujuh. Itu menjadi kedua kalinya Marini gagal finis di sprint race setelah GP Portugal.

Hingga GP Austria rampung, Marini baru sekali naik podium. Adik tiri Valentino Rossi itu meraih podium saat finis kedua di main race GP Amerika. Selain itu, Marini juga baru sekali finis tiga besar saat sprint race. Itu terjadi saat Marini finis ketiga di GP Argentina.

Tambahan 13 poin dari GP Austria menaikkan posisi Luca Marini di klasemen pembalap. Ia berhasil menggusur Aleix Espargaro untuk berada di posisi keenam lewat koleksi 120 poin. Sementara itu, Mooney VR46 bercokol di peringkat kedua klasemen tim setelah mengumpulkan 303 poin. Tim tersebut tertinggal sebelas poin dari tim satelit Ducati lainnya, Pramac Racing.

Baca Juga: Valentino Rossi Yakin Marco Bezzecchi Bakal Bertahan di VR46

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya