Marc Marquez Ingin Lalui MotoGP Catalunya dengan Minim Kendala

Tak ingin ambil risiko terlalu besar

Akhir pekan ini menjadi momen paling ditunggu para penggemar MotoGP. Pasalnya, GP Catalunya yang menjadi seri balap ke-11 dalam kalender balap musim 2023 akan bergulir pada 1–3 September 2023. Para tim dan pembalap tentu menyiapkan diri mereka untuk mendulang hasil terbaik.

Marc Marquez juga ingin meraup hasil bagus saat tampil di hadapan publik negaranya. Walau begitu, pembalap Repsol Honda itu menegaskan tak ingin terlalu mengambil risiko besar saat berjibaku di Circuit de Barcelona-Catalunya. Pasalnya, Marc Marquez tahu bahwa Honda membutuhkan dirinya dalam menguji sejumlah aspek pada motor RC213V.

1. Marc Marquez meraup hasil kurang oke di GP Austria 2023

Marc Marquez Ingin Lalui MotoGP Catalunya dengan Minim KendalaMarc Marquez saat menjalani pekan balap GP Austria 2023. (motogp.hondaracingcorporation.com)

Marc Marquez datang ke Circuit de Barcelona-Catalunya dengan catatan kurang oke. Pembalap asal Spanyol itu harus finis di posisi kesepuluh saat sprint race GP Austria. Kemudian, Marc Marquez meraih 4 poin usai merampungkan main race di Red Bull Ring dengan berada di posisi ke-12.

Itu menjadi pertama kalinya pada musim ini Marc Marquez menyelesaikan main race. Sebelumnya, Marc Marquez gagal finis di GP Portugal, Prancis, Italia, dan Inggris. Hal tersebut bukanlah yang diinginkan Marc Marquez di tengah situasi sulitnya saat ini.

2. Marc Marquez tetap ingin gunakan pendekatan baru yang sudah diterapkan sejak GP Inggris

Marc Marquez Ingin Lalui MotoGP Catalunya dengan Minim Kendalapembalap Repsol Honda Marc Marquez (motogp.com)

Marc Marquez bukannya tanpa upaya demi mengejar hasil terbaik. Akan tetapi, pemilik 6 gelar juara MotoGP itu menegaskan ingin tetap berpegang pada pendekatan baru yang sudah dirinya terapkan sejak GP Inggris. Terlebih, saat ini Honda sedang berfokus menguji sejumlah aspek pada RC213V guna meningkatkan performa motor tersebut.

“Mentalitasnya tetap sama seperti di GP Inggris dan Austria. Kami tentu saja memberikan 95 atau 100 persen. Akan tetapi, Anda selalu harus mengerti posisi batas proyek kami saat ini,” kata Marc Marquez dilansir Speedweek.

Baca Juga: Marquez dan Mir Keluhkan Motor Loyo Honda di MotoGP 2023

3. Marc Marquez bakal coba komponen sayap berbeda saat pekan balap GP Catalunya 2023

Marc Marquez Ingin Lalui MotoGP Catalunya dengan Minim KendalaJoan Mir [kiri] dan Marc Marquez saat menjalani pekan balap GP Austria 2023. (motogp.com)

Marc Marquez dan Honda akan terus memanfaatkan pekan balap guna mencoba beberapa hal berbeda. Marc Marquez mengonfirmasi bahwa dirinya akan mencoba komponen sayap yang berbeda. Nantinya, komponen tersebut akan melalui tes perbandingan untuk melihat mana yang cocok untuk motor RC213V.

“Aku akan mencoba sayap yang berbeda lagi dan melakukan tes perbandingan. Mereka ingin mengujinya di trek yang berbeda sehingga aku akan melakukannya. Cuaca tampaknya sedikit tidak menentu pada Sabtu dan Minggu, jadi kami tetap akan memutuskan.

Namun, jika aku butuh menguji sesuatu, aku akan melakukannya sebab kami sekarang berada di titik di mana kami harus melakukan itu,” jelas Marc Marquez. 

4. Marc Marquez akui Honda perlu melakukan perubahan masif

Marc Marquez Ingin Lalui MotoGP Catalunya dengan Minim Kendalapembalap Repsol Honda Marc Marquez (motogp.com)

Beberapa waktu lalu, Joan Mir menyatakan bahwa Honda perlu melakukan perubahan masif guna mengejar ketertinggalan dari pabrikan lain. Pernyataan tersebut juga disetujui oleh Marc Marquez. Ia mendorong Honda melakukan analisis secara menyeluruh guna menemukan langkah tepat mengatasi situasi yang sedang mendera.

“Ketika Anda terlalu jauh, Anda harus mencari dan mengubah sesuatu. Itu bisa motor atau mungkin pembalap. Dalam sebuah proyek pemenang seperti Honda, Anda harus menganalisis semuanya dan mencoba memahami mengapa kami jauh dari posisi atas.

Itu bukan satu pembalap, tetapi seluruh pembalap Honda. Kami mencoba bekerja bersama dan memahami berbagai hal. Hal positifnya adalah semua pembalap Honda berjuang dengan aspek yang sama,” tegas Marc Marquez.

Marc Marquez sebetulnya punya catatan oke ketika balapan di GP Catalunya. Ia mampu 6 kali naik podium dengan 2 di antaranya diperoleh dengan memenangkan balapan pada musim 2014 dan 2019. Namun, berkaca dari kondisi saat ini, Marc Marquez butuh bekerja keras jika ingin finis setidaknya di zona podium saat GP Catalunya musim ini.

Baca Juga: Akhirnya, Marc Marquez Bisa Finis di MotoGP 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya