Max Verstappen Cetak Rekor Usai Menang di Formula 1 GP Hungaria

Laju Verstappen belum terbendung

Max Verstappen kembali melanjutkan tren positifnya di GP Hungaria. Ia berhasil finis sebagai pemenang dalam balapan berdurasi 70 lap di Sirkuit Hungaroring pada Minggu (23/7/2023). Verstappen mampu mengungguli Lando Norris yang menuntaskan balapan di posisi kedua.

Capaian mengesankan Verstappen di GP Hungaria menghadirkan sejumlah rekor. Tak hanya Verstappen, Red Bull juga menorehkan catatan penting setelah hasil mentereng di Sirkuit Hungaroring. Lalu, apa saja rekor-rekor yang berhasil diciptakan Verstappen di Formula 1 kali ini?

1. Max Verstappen meraih kemenangan ke-44 di GP Hungaria 2023

Max Verstappen Cetak Rekor Usai Menang di Formula 1 GP HungariaMax Verstappen saat berada di podium GP Hungaria 2023. (twitter.com/F1)

Memulai balapan dari posisi kedua, Max Verstappen langsung tancap gas dengan menyalip Lewis Hamilton di tikungan pertama pada lap pertama. Verstappen mampu menjaga posisi pertama hingga bendera chequered dikibarkan. Pembalap berkebangsaan Belanda itu finis dengan keunggulan 33,731 detik dari Lando Norris.

Hasil tersebut menjadi kemenangan ke-44 Verstappen sepanjang berkiprah di Formula 1. Ia terpaut tujuh kemenangan dari Alain Prost dalam daftar rekor pembalap F1 dengan kemenangan terbanyak. Kombinasi performa RB19 dan kemampuan di balik kemudi yang makin matang memungkinkan jumlah kemenangan Verstappen bertambah pada seri-seri berikutnya.

2. Max Verstappen menorehkan tujuh kemenangan beruntun sejak GP Miami

Max Verstappen Cetak Rekor Usai Menang di Formula 1 GP HungariaMax Verstappen saat menjalani balapan GP Hungaria 2023. (formula1.com)

Kemenangan Max Verstappen di GP Hungaria juga makin menambah rentetan kemenangan yang belum terputus sejak GP Miami. Ia sudah membukukan 7 kemenangan beruntun dari 9 kali naik podium di posisi pertama sepanjang 2023. Keberhasilan itu menempatkan namanya di posisi kelima dalam daftar pembalap dengan jumlah kemenangan beruntun terbanyak.

Verstappen bersanding dengan Nico Rosberg, Michael Schumacher, dan Alberto Ascari yang juga menorehkan tujuh kemenangan beruntun di F1. Jumlah kemenangan beruntun itu bisa bertambah jika Verstappen memenangi GP Belgia yang digelar pada 30 Juli 2023 nanti. Bukan tidak mungkin jagoan Red Bull itu menyamai rekor Sebastian Vettel yang meraih sembilan kemenangan berturut-turut andai finis terdepan di GP Belanda pada 27 Agustus mendatang.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Formula 1 GP Hungaria, Berlangsung di Hungaroring!

3. Max Verstappen membukukan 14 kemenangan disertai fastest lap, salip rekor Sebastian Vettel

Max Verstappen Cetak Rekor Usai Menang di Formula 1 GP HungariaMax Verstappen saat menjalani balapan GP Hungaria 2023. (formula1.com)

Tak hanya memenangi balapan, Max Verstappen juga meraih tambahan satu poin usai mencatatkan fastest lap di GP Hungaria. Itu menjadi yang ke-14 kalinya ia memenangi sebuah balapan ditambah mencatatkan fastest lap. Hal tersebut menempatkannya di posisi kelima dalam daftar pembalap dengan jumlah kemenangan yang disertai fastest lap terbanyak.

Verstappen berhasil menyalip rekor Sebastian Vettel yang berjumlah 13 poin. Ia terpaut empat rekor kemenangan ditambah dengan fastest lap dari Jim Clark yang berada di posisi keempat. Sementara itu, Michael Schumacher masih kokoh di puncak daftar rekor kategori dengan meraih 48 kali kemenangan berserta fastest lap.

4. Red Bull mampu mematahkan rekor McLaren yang bertahan sejak 1988

Keberhasilan Max Verstappen finis terdepan di GP Hungaria menjadi catatan bagus untuk Red Bull. Tim yang dikepalai Christian Horner itu mampu meraih 12 kemenangan beruntun sejak GP Abu Dhabi 2022. Rinciannya, Verstappen menang 10 kali dan Sergio Perez finis terdepan 2 kali.

Itu sekaligus mematahkan rekor yang dipegang McLaren sejak 1988. Kala itu, McLaren menorehkan sebelas kemenangan beruntun dari GP Brasil hingga Belgia 1988. Ayrton Senna mempersembahkan 7 kemenangan, sedangkan Alain Prost mampu mencatatkan 4 kemenangan.

“Untuk tim, meraih 12 kemenangan beruntun adalah hal yang luar biasa. Apa yang telah kami lalu beberap tahun lalu adalah hal yang sulit dipercaya. Mudah-mudahan, kami bisa menjaga momentum ini untuk waktu yang lama,” ujar Verstappen dilansir Racing News 365.

Rentetan rekor yang ditorehkan Max Verstappen dan Red Bull berpotensi bertambah pada seri-seri berikutnya. Apalagi, performa Red Bull belum mampu ditandingi tim lainnya di Formula 1 2023. Menarik untuk mengamati rekor apa saja yang bakal ditorehkan Verstappen dan Red Bull dalam beberapa seri balap berikutnya.

Baca Juga: McLaren Yakin Putus Rentetan Kemenangan Max Verstappen di F1 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya