Mercedes Tak Sabar Hadapi Ferrari di Formula 1 GP Abu Dhabi 2023

Mercedes dan Ferrari berebut posisi kedua klasemen

Persaingan di klasemen konstruktor Formula 1 2023 masih terjadi jelang GP Abu Dhabi pada 24--26 November 2023 mendatang. Meski gelar juara konstruktor berhasil diraih Red Bull, perebutan posisi kedua tetap seru untuk diikuti. Mercedes dan Ferrari kini sedang mengincar posisi tersebut sebelum perjalanan Formula 1 musim ini rampung.

Toto Wolff mengaku sudah tak sabar menantikan duel Mercedes melawan Ferrari. Pasalnya, jarak poin kedua tim tak terlampau jauh. Hasil baik tentu menjadi target Wolff demi mengamankan posisi kedua di klasemen konstruktor.

1. Ferrari berhasil meraup poin lebih banyak daripada Mercedes di GP Las Vegas 2023

Mercedes Tak Sabar Hadapi Ferrari di Formula 1 GP Abu Dhabi 2023Charles Leclerc saat menjalani pekan balap GP Las Vegas 2023. (ferrari.com)

Ferrari semakin mendekati Mercedes di klasemen konstruktor Formula 1 2023. Tim berjuluk kuda jingkrak itu kini berjarak 4 poin dari Mercedes selepas GP Las Vegas yang digelar Minggu (19/11/2023) siang WIB. Ferrari meraup 26 poin dari balapan tersebut, sedangkan Mercedes hanya meraup 10 poin.

Situasi yang terjadi sekarang berbeda dengan saat jeda paruh pertama Formula 1 2023. Ketika itu, Mercedes menduduki posisi kedua lewat perolehan 247 poin. Sementara itu, Ferrari bercokol di peringkat keempat dengan koleksi 191 poin. Kedua tim berjarak 56 poin sebelum putaran kedua bergulir.

2. Ferrari mampu memangkas jarak poin dengan Mercedes sepanjang paruh kedua Formula 1 2023

Mercedes Tak Sabar Hadapi Ferrari di Formula 1 GP Abu Dhabi 2023Charles Leclerc keluar dari mobil selepas balapan GP Las Vegas 2023. (ferrari.com)

Terkikisnya jarak poin antara Mercedes dan Ferrari terjadi karena performa Ferrari yang mengalami peningkatan sepanjang paruh kedua Formula 1 2023. Berdasarkan data StatsF1, sejak GP Belanda, Ferrari konsisten mencetak poin lebih banyak ketimbang Mercedes. Hanya sekali Mercedes meraup poin lebih tinggi ketimbang Ferrari, yaitu di GP Qatar.

Jika ditotal, Ferrari meraih 197 poin selama paruh kedua musim 2023 hingga GP Las Vegas. Di sisi lain, Mercedes menorehkan 145 poin sehingga kedua tim memiliki perbedaan perolehan poin sebanyak 52 poin. Tak mengherankan saat ini jarak poin kedua tim hanya tersisa 4 poin.

Baca Juga: Carlos Sainz Ingin Bersama Ferrari Selepas Formula 1 2024

3. Toto Wolff menyoroti penampilan Mercedes saat GP Las Vegas 2023

Mercedes Tak Sabar Hadapi Ferrari di Formula 1 GP Abu Dhabi 2023Kru Mercedes sedang melakukan pergantian ban untuk mobil Lewis Hamilton di GP Las Vegas 2023. (formula1.com)

Performa Mercedes yang berada di bawah Ferrari mendapat tanggapan dari Toto Wolff. Team Principal Mercedes itu menyoroti apa yang terjadi pada Lewis Hamilton dan George Russell terutama saat GP Las Vegas. Wolff membeberkan alasan gagalnya Hamilton dan Russell menembus posisi lima besar dalam balapan di Las Vegas Strip Circuit.

"Lewis Hamilton ditabrak dua kali dan George Russell membuat kesalahan. Balapan itu merangkum musim balap kami. Sebuah mobil cepat yang bisa bertarung untuk posisi podium. Hamilton juga melakukan hal yang sama seperti Leclerc.

Namun, dia jelas terlibat dalam dua insiden dan Russell mengalami insiden dengan Max Verstappen. Jadi, Anda tidak bisa menang. Anda tidak bisa berada di barisan depan," jelas Wolff dilansir F1i.

4. Toto Wolff menantikan pertarungan Mercedes dan Ferrari di GP Abu Dhabi 2023

Mercedes Tak Sabar Hadapi Ferrari di Formula 1 GP Abu Dhabi 2023Team Principal Mercedes, Toto Wolff (formula1.com)

Toto Wolff tak mengendurkan semangat meski Mercedes gagal mendulang lebih banyak poin di GP Las Vegas. Pria asal Austria itu sudah menantikan seri pemungkas Formula 1 2023 di Abu Dhabi. Pasalnya, Mercedes masih punya kesempatan finis di depan Ferrari guna menghindari hasil akhir yang sama dengan musim 2022 lalu.

"Kami menuju ke sana dengan poin yang hampir sama. Kami punya race director yang tepat. Jadi, itu seharusnya baik-baik saja. Mari balapan karena itu semua bergantung pada akhir pekan terakhir.

Ferrari sangat cepat. Mereka telah melakukan pekerjaan baik. Aku pikir kami bisa saja berada di posisi setara saat GP Las Vegas. Namun, hasilnya menunjukkan sesuatu yang berbeda. Jadi, mari saling bersaing," jelas Wolff dikutip F1i.

Mercedes tentu tak ingin hasil Formula 1 2022 terjadi pada musim ini. Tahun lalu, tim yang berbasis di Brackley, Inggris, itu bertengger di posisi ketiga setelah mengumpulkan 515 poin. Mercedes berada di bawah Ferrari dengan jarak 39 poin. Bisakah Mercedes merampungkan Formula 1 2023 dengan berada di atas Ferrari?

Baca Juga: 8 Pembalap Ferrari yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Brasil

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya