Miguel Oliveira Bersyukur Finis Kelima di Main Race GP Amerika

Sempat absen di Argentina untuk memulihkan fisik

Miguel Oliveira kembali mengikuti balapan MotoGP 2023 usai absen di GP Argentina. Pembalap RNF Team itu mampu menuntaskan main race GP Amerika di posisi kelima pada Senin (17/4/2023) dini hari WIB.

Oliveira mensyukuri hasil yang didapatnya. Apalagi Circuit of the Americas (COTA) bukanlah sirkuit favorit. Itu ditambah kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya pulih dari cedera ligamen.

1. Meski berada di posisi start kurang oke, Miguel Oliveira meraih poin di sprint dan main race

Miguel Oliveira Bersyukur Finis Kelima di Main Race GP AmerikaMiguel Oliveira saat menjalani pekan balap GP Amerika 2023. (twitter.com/rnfracingteam)

Miguel Oliveria memulai balapan dari posisi yang kurang oke. Ia menempati posisi start ke-15 saat sprint dan main race. Walau begitu, ia mampu tampil bagus di atas RS-GP dalam dua sesi balapan.

Oliveira finis di posisi kedelapan saat sprint race. Peningkatan hasil didapat pembalap asal Portugal itu ketika main race. Ia merampungkan balapan berdurasi 20 lap di posisi kelima.

2. Miguel Oliveira melalui hari yang berat, terutama saat main race GP Amerika

Miguel Oliveira Bersyukur Finis Kelima di Main Race GP AmerikaMiguel Oliveira saat menjalani pekan balap GP Amerika 2023. (motogp.com)

Pencapaian cukup mengesankan di GP Amerika membuat Miguel Oliveira senang. Ia mengaku menjalani hari yang berat, terutama saat main race berlangsung. Oliveira beberapa kali merasakan dirinya hampir jatuh dari motor.

"Itu hari yang sulit. Aku terus-menerus dalam bahaya untuk jatuh. Aku benar-benar senang tetap berada di sadel motor dan tampil kompetitif," kata Oliveira dilansir Speedweek.

Baca Juga: Miguel Oliveira Penasaran dengan Performa Motor RS-GP di COTA

3. Miguel Oliveira sebut finis kelima di main race GP Amerika sebagai kemenangan kecil

Miguel Oliveira Bersyukur Finis Kelima di Main Race GP AmerikaMiguel Oliveira saat menjalani pekan balap GP Amerika 2023. (twitter.com/rnfracingteam)

Miguel Oliveira memang gagal menyegel kemenangan di sprint dan main race GP Amerika. Namun, ia tetap menganggap finis kelima di main race sebagai kemenangan kecil untuknya dan tim setelah absen di GP Argentina.

"Hasil ini adalah kemenangan kecil setelah kembali dari cedera. Dengan keadaan seperti itu, finis kelima adalah hasil bagus pada trek yang aku benar-benar tidak suka sama sekali," jelas Oliveira.

4. Cedera ligamen dan embusan angin di sirkuit menyulitkan Miguel Oliveira saat memacu RS-GP

Miguel Oliveira Bersyukur Finis Kelima di Main Race GP AmerikaMiguel Oliveira saat menjalani pekan balap GP Amerika 2023. (twitter.com/rnfracingteam)

Cedera ligamen Miguel Oliveira imbas insiden dengan Marc Marquez saat GP Portugal masih mengganggunya ketika main race GP Amerika. Situasi lebih berat ketika dirinya kesulitan mengendalikan RS-GP karena faktor embusan angin di COTA.

"Sejujurnya, aku merasa sangat sakit di sekujur tubuh sehingga ligamen kakiku hampir tidak relevan. Angin berembus dari arah yang aneh sehingga dinding samping ban mendapat tekanan tambahan di tikungan kanan. Ban terlalu aus dan aku tetap kehilangan kendali ban depan," papar Oliveira.

5. Miguel Oliveira bercokol di posisi ke-14 klasemen pembalap

Miguel Oliveira Bersyukur Finis Kelima di Main Race GP Amerikapembalap RNF Team Miguel Oliveira (twitter.com/rnfracingteam)

Tambahan 13 poin dari GP Amerika membuat Miguel Oliveira menduduki posisi ke-14 di klasemen pembalap. Ia tercatat sudah meraup 16 poin, unggul 14 poin dari rekan setimnya, Raul Fernandez, yang berada di posisi juru kunci.

Sementara itu, RNF Team bercokol di posisi kesembilan klasemen tim. Mereka baru mengemas 18 poin dari 3 seri balap yang sudah digelar sejauh ini.

MotoGP akan menggelar seri keempat di Jerez, Spanyol, pada 28—30 April 2023 mendatang. Miguel Oliveira belum punya rekor bagus saat balapan di sana ketika berkiprah di kelas utama MotoGP. Akankah catatan kurang oke Oliveira di Jerez dapat terpatahkan dua pekan mendatang?

Baca Juga: Miguel Oliveira Dipastikan Absen di GP Argentina Akibat Cedera 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya