MotoGP 2023 Bukan Musim yang Bagus untuk Aprilia, Apa Sebabnya?

Masih ada kekurangan pada RS-GP

Aprilia menjalani MotoGP 2023 dengan baik. Performa RS-GP terbilang oke di tengah dominasi Ducati dalam kejuaraan. Dua pembalap tim pabrikan Aprilia, yaitu Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, berhasil masuk posisi 10 besar dalam klasemen pembalap.

Akan tetapi, Aprilia menilai MotoGP 2023 bukanlah musim yang bagus untuk mereka. Paolo Bonora selaku manajer tim Aprilia Racing melihat ada kekurangan pada motor milik pabrikan yang berbasis di Noale, Italia, itu. Lantas, apa kelemahan RS-GP yang perlu dibenahi untuk musim depan?

1. Aprilia mengantongi 2 kemenangan main race sepanjang MotoGP 2023

Aprilia berhasil menorehkan 2 kemenangan main race dalam 20 seri balap MotoGP 2023. Kemenangan tersebut diraih oleh Aleix Espargaro di GP Inggris dan Catalunya. Itu menjadi jumlah kemenangan terbanyak yang diperoleh Aprilia selama semusim sejak mereka kembali bergabung ke MotoGP pada 2015.

Selain itu, Aprilia juga sekali menyabet posisi terdepan saat sprint race. Itu terjadi saat Aleix Espargaro melintasi garis finis di posisi pertama saat GP Catalunya. Sementara itu, Maverick Vinales menuntaskan musim tanpa finis sebagai pemenang di sprint ataupun main race.

Torehan apik Aleix Espargaro menempatkan pembalap bernomor motor 41 itu berada di posisi keenam klasemen pembalap. Ia berhasil mengoleksi 206 poin dengan 158 poin di antaranya didapat saat main race. Aleix Espargaro unggul 2 poin dari Maverick Vinales yang bercokol di peringkat ketujuh.

2. Aprilia tak puas dengan hasil MotoGP 2023 karena gagal mencapai target

MotoGP 2023 Bukan Musim yang Bagus untuk Aprilia, Apa Sebabnya?Maverick Vinales berada di depan Francesco Bagnaia di GP Valencia 2023. (aprilia.com)

Walau mengantongi 2 kemenangan main race dan sekali finis di posisi terdepan ketika sprint race, Aprilia tak merasa puas dengan pencapaian mereka di MotoGP 2023. Pasalnya, tujuan yang telah ditetapkan Aprilia gagal tercapai terutama disebabkan oleh kegagalan mencetak banyak poin pada paruh kedua musim 2023. Paolo Bonora mengakui timnya menaruh ekspektasi terlalu tinggi sejak awal musim.

"Sejujurnya, MotoGP 2023 bukanlah musim yang bagus bagi kami. Mungkin karena kami memulai musim dengan ekspektasi terlalu tinggi. Kami tidak mencapai tujuan yang ditetapkan.

Kami tidak mencetak banyak poin pada paruh kedua musim 2023 meski menjalani balapan bagus di GP Inggris dan Catalunya. Kami membuang banyak situasi bagus," kata Bonora dilansir Crash.

3. Paolo Bonora menyadari adanya kekurangan pada RS-GP

MotoGP 2023 Bukan Musim yang Bagus untuk Aprilia, Apa Sebabnya?Aleix Espargaro saat menjalani main race GP Jepang 2023. (aprilia.com)

Paolo Bonora menyoroti titik lemah RS-GP yang harus diperbaiki menyongsong MotoGP 2024. Salah satunya adalah pada aspek pengereman. Selain itu, Bonora juga menekankan potensi RS-GP saat berada di trek lurus yang harus dimaksimalkan agar dapat bersaing dengan motor pabrikan lainnya.

"Kami tahu aspek mana yang menjadi titik terlemah kami. Kami sangat bagus dalam layout trek yang khusus dan spesifik. Contohnya adalah layout trek tikungan di GP Catalunya dan Inggris.

Namun, kami harus meningkatkan motor pada fase pengereman yang kuat. Ketika Anda punya kecepatan tinggi di trek lurus, Anda harus melesat secepat mungkin dan melaju," jelas Bonora dikutip Crash.

Aprilia Racing menuntaskan MotoGP 2023 dengan bertengger di posisi kelima klasemen tim. Mereka mengumpulkan 410 poin dan berada di belakang KTM Factory Racing lewat selisih 46 poin. Sementara itu, CryptoDATA RNF Team sebagai tim satelit Aprilia bercokol di peringkat kedelapan. Tim yang diperkuat Raul Fernandez dan Miguel Oliveira itu mengantongi 134 poin.

Dalam klasemen konstruktor, Aprilia berada di posisi ketiga dengan mengantongi 326 poin. Mereka tertinggal 47 poin dari KTM yang menempati peringkat kedua. Kondisi tersebit berbeda dari MotoGP 2022. Saat itu, Aprilia berada di atas KTM dengan keunggulan 8 poin.

Baca Juga: Oliveira Jadi Calon Pengganti Marquez, Ini Kata Bos Aprilia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya