Miguel Oliveira dan Raul Fernandez Dinyatakan Fit Jelang GP Inggris

Duo pembalap RNF Team siap berjibaku di Silverstone

MotoGP 2023 bakal kembali menggelar balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 4–6 Agustus 2023 mendatang. Ini menjadi seri pembuka putaran kedua setelah jeda musim panas. Semua tim dan pembalap kini bersiap untuk bertarung demi meraih hasil maksimal di GP Inggris akhir pekan ini.

Di tengah persiapan menjelang GP Inggris, RNF Team mendapat kabar gembira dari Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Kedua pembalap dinyatakan fit untuk berada di atas motor RS-GP. Hal tersebut memompa semangat Miguel Oliveira dan Raul Fernandez untuk tampil lebih maksimal pada pekan balap kali ini. 

1. Miguel Oliveira berada dalam level kebugaran yang lebih baik menjelang GP Inggris

Miguel Oliveira dan Raul Fernandez Dinyatakan Fit Jelang GP InggrisMiguel Oliveira saat menjalani main race GP Belanda 2023. (twitter.com/rnfracingteam)

Miguel Oliveira berada dalam level kebugaran yang lebih baik menjelang GP Inggris. Pembalap berkebangsaan Portugal itu mengalami cedera bahu kiri karena mengalami insiden dengan Fabio Quartararo saat main race GP Spanyol pada 30 April 2023. Hal tersebut memaksa Oliveira absen di GP Prancis dua pekan selepas insiden.

Itu menjadi cedera kedua yang didapat Oliveira selama MotoGP 2023. Sebelumnya, ia mengalami cedera tendon kaki kanan selepas insiden di main race GP Portugal. Alhasil, Oliveira terpaksa absen saat pekan balap GP Argentina.

“Aku pikir ini adalah waktu bagus untuk kembali setelah jeda yang begitu panjang. Itu sangat membantuku untuk memulihkan pundakku sepenuhnya. Aku datang ke level kebugaran yang dekat dengan posisiku saat awal musim. Aku pastinya merasa sangat percaya diri dan senang untuk mulai bekerja serta menjadi kompetitif lagi di atas motor RS-GP milikku,” kata Oliveira dilansir Crash.

2. Raul Fernandez sudah tak sabar untuk balapan di Sirkuit Silverstone

Miguel Oliveira dan Raul Fernandez Dinyatakan Fit Jelang GP InggrisRaul Fernandez saat menjalani pekan balap GP Jerman 2023. (twitter.com/rnfracingteam)

Tak hanya Miguel Oliveira, Raul Fernandez juga berada dalam kondisi bugar menyongsong GP Inggris. Jeda musim panas yang panjang dimanfaatkan dengan baik oleh pembalap asal Spanyol itu untuk memulihkan kondisi lengan yang mengalami cedera. Sebelumnya, Raul Fernandez menjalani operasi lengan pada Mei 2023 lalu.

“Aku punya lima pekan untuk mempersiapkan diri dengan sangat baik. Setelah operasi pada bulan Mei, aku merasa akan menjadi hal menarik untuk mencoba melakukan bagian kedua dari musim ini dengan sangat baik.

Aku siap melaju. Aku benar-benar senang untuk memulai kembali. Aku tak bisa berdiam di rumah lagi karena aku ingin balapan. Aku tak sabar untuk tiba di Silverstone,” tegas Raul Fernandez.

3. Capaian Miguel Oliveira dan Raul Fernandez selama putaran pertama MotoGP 2023

Miguel Oliveira dan Raul Fernandez Dinyatakan Fit Jelang GP InggrisRaul Fernandez dan Miguel Oliveira berfoto bersama kru RNF Team. (twitter.com/rnfracingteam)

Miguel Oliveira dan Raul Fernandez masih belum berada di posisi 10 besar dalam klasemen pembalap MotoGP 2023. Miguel Oliveira bertengger di posisi ke-17 lewat perolehan 27 poin. Sementara itu, Raul Fernandez bercokol di peringkat ke-23 setelah meraup 8 poin.

Prestasi terbaik Miguel Oliveira saat main race adalah finis kelima di GP Amerika. Adapun hasil finis terbaik Oliveira ketika sprint race adalah saat GP Spanyol. Ketika itu, Oliveira mampu melintasi garis finis di posisi kelima.

Di lain pihak, Raul Fernandez belum pernah meraup poin saat sprint race. Hasil terbaiknya pada balapan hari Sabtu adalah finis ke-11 di GP Portugal. Untuk main race, capaian terbaik Raul Fernandez dalam 8 seri balap MotoGP 2023 adalah GP Belanda. Ia sukses merampungkan balapan di posisi ke-12.

Pada klasemen tim, RNF Team berada di posisi kesepuluh setelah mengoleksi 39 poin. Mereka tertinggal 12 poin dari GASGAS Tech3 yang berada satu peringkat di atas. GP Inggris akhir pekan ini tentu menjadi momentum bagus untuk RNF Team meraup hasil lebih banyak lagi ketimbang beberapa balapan sebelumnya. Akankah mereka bisa membawa pulang banyak poin dari Sirkuit Silverstone?

Baca Juga: Miguel Oliveira Kecewa Gagal Finis karena Insiden di MotoGP Portugal

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya