Pandangan Helmut Marko soal Dominasi Max Verstappen di Formula 1 2023

Belum ada yang bisa menandingi Verstappen

Max Verstappen belum tertandingi di Formula 1 2023. Pembalap Red Bull itu sukses meraup 10 kemenangan dari 12 seri balap yang sudah digelar. Verstappen kini bertengger di puncak klasemen pembalap dengan perolehan 314 poin.

Dominasi Verstappen sepanjang paruh pertama Formula 1 2023 mendapat respons dari Helmut Marko. Penasihat tim Red Bull itu mengakui performa bagus Verstappen yang konsisten hadir hingga GP Belgia. Bahkan, Marko dengan berani menyebut belum ada pembalap yang berada dalam satu level yang sama dengan Verstappen sepanjang musim ini.

1. Max Verstappen menutup paruh pertama Formula 1 2023 dengan kemenangan di GP Belgia

Pandangan Helmut Marko soal Dominasi Max Verstappen di Formula 1 2023Max Verstappen tersenyum di podium usai memenangi GP Belgia 2023. (formula1.com)

Max Verstappen baru saja menutup paruh pertama Formula 1 2023 dengan kemenangan. Pembalap berkebangsaan Belanda itu sukses menyapu bersih kemenangan saat sprint dan main race di Sirkuit Spa-Francorchamps. Torehan mentereng itu menghadirkan rekor dalam catatan karier Verstappen di Formula 1.

Verstappen sukses meraih delapan kemenangan beruntun sejak GP Miami. Ia kini berselisih satu kemenangan dari Sebastian Vettel yang menduduki posisi puncak rekor pembalap dengan jumlah kemenangan beruntun terbanyak. Rekor yang dipegang Vettel itu sudah bertahan sejak 2013 silam.

Selain itu, Verstappen membantu Red Bull untuk memperkokoh posisi sebagai tim dengan jumlah kemenangan terbanyak berturut-turut. Tim yang dipimpin Christian Horner itu sudah mencatatkan 13 kemenangan beruntun sejak GP Abu Dhabi 2022. Rekor tersebut berpotensi berlanjut jika Verstappen atau Sergio Perez bisa meraih kemenangan di GP Belanda selepas jeda musim panas.

Baca Juga: Jos Verstappen Sanjung Kombinasi Apik Max Verstappen dan Red Bull

2. Helmut Marko mengakui keperkasaan Max Verstappen di Formula 1 2023

Pandangan Helmut Marko soal Dominasi Max Verstappen di Formula 1 2023Max Verstappen saat menjalani pekan balap GP Spanyol 2023. (formula1.com)

Keperkasaan Max Verstappen di Formula 1 2023 mendapat pengakuan dari Helmut Marko. Ia bahkan mengumpamakan pembalap yang finis kedua di belakang Verstappen sebagai seorang pemenang. Pengandaian ini muncul karena Verstappen sudah berada di level yang berbeda dengan pembalap lain di grid musim ini.

“Berada di posisi kedua di belakang Verstappen terasa seperti sebuah kemenangan. Tidak ada pembalap lain yang bisa berada dengannya pada satu level yang sama. Fernando Alonso dan Lewis menjadi yang lebih dekat, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkannya pada saat ini.

Aku tahu betapa bagusnya Verstappen dan itu harus diperhatikan. Dia merawat ban dengan baik dan masih bisa melaju dengan cepat. Dia bisa membaca balapan dan dia sangat jauh di depan dengan apa yang telah dirinya lakukan pada waktu sebelumnya. Itu adalah kapasitas luar biasa di dalam kepalanya,” jelas Helmut Marko dilansir F1i.

3. Talenta pembalap dan eksekusi mulus Red Bull jadi faktor kesuksesan Max Verstappen

Pandangan Helmut Marko soal Dominasi Max Verstappen di Formula 1 2023Max Verstappen berselebrasi usai finis pertama di GP Belgia 2023. (formula1.com)

Helmut Marko paham, performa mentereng Max Verstappen merupakan kombinasi dari talenta sang pembalap dan eksekusi mulus yang dilakukan Red Bull. Pria asal Austria itu berharap tren positif yang sudah terbangun bisa berlanjut selepas jeda musim panas. Marko pun dengan bercanda menginginkan tidak ada libur musim panas agar bisa melihat timnya melanjutkan dominasi di Formula 1 2023.

“Sangat luar biasa performa dari seluruh pihak di dalam tim, pit stop, strategi, dan para pembalap. Kami melakukan beberapa hiburan dengan percakapan antara Verstappen dan teknisinya melalui radio tim. Aku ingin tetap berlanjut, tetapi untuk orang-orang yang bekerja dengan sangat keras seperti para mekanik, mereka butuh istirahat,” kata Marko.

Red Bull saat ini bertengger di puncak klasemen konstruktor dengan perolehan 503 poin. Mereka unggul 256 poin dari Mercedes yang bercokol di posisi kedua. Sebanyak 62,4 persen poin diperoleh dari Max Verstappen, sedangkan 37,6 persen berasal dari koleksi poin Sergio Perez.

Baca Juga: Helmut Marko Buka Suara soal Pemecatan Nyck de Vries dari AlphaTauri

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya