Trackhouse Racing Ramaikan Persaingan di MotoGP 2024

Jadi tim satelit Aprilia Gantikan RNF Team

MotoGP kedatangan tim baru untuk musim 2024. Trackhouse Racing resmi mengisi satu slot setelah RNF Team tak lagi berada di kejuaraan. Nantinya, tim balap asal Amerika Serikat itu bakal menjadi tim satelit Aprilia dengan Raul Fernandez serta Miguel Oliveira sebagai pembalap mereka.

Lantas, apa tanggapan pihak Trackhouse Racing setelah resmi menjadi tim di MotoGP? Lalu, seperti apa sepak terjang tim tersebut di ajang balap selain MotoGP? Simak ulasannya sampai tuntas.

1. Trackhouse Racing lebih dulu berkecimpung di ajang balap NASCAR

Trackhouse Racing Ramaikan Persaingan di MotoGP 2024Ross Chastain berada di depan dua mobil saat balapan di Phoenix Raceway pada NASCAR Cup Series 2023. (trackhouse.com)

Trackhouse Racing memang pemain baru di kejuaraan MotoGP. Akan tetapi, tim tersebut sudah berkecimpung di ajang balap NASCAR sejak debut di Daytona 500 NASCAR Cup Series 2021. Daniel Suarez menjadi pembalap penuh waktu pertama yang memperkuat Trackhouse Racing. Kemudian, Trackhouse Racing memiliki pembalap lain, yaitu Ross Chastain, sehingga mulai 2022 mereka punya dua pembalap penuh waktu.

Tim yang dimiliki oleh mantan pembalap NASCAR Cup Series, Justin Marks, dan rapper Pitbull itu juga punya proyek yang diberi nama Project91. Sesuai namanya, proyek ini diambil dari nama mobil yang mereka pakai di NASCAR Cup Series dengan tujuan menempatkan pembalap international untuk ikut serta dalam ajang balap tersebut. Kimi Raikkonen dan Shane van Gisbergen tercatat sebagai pembalap paruh waktu untuk proyek tersebut.

2. Trackhouse Racing yakin dapat membantu MotoGP menjangkau pasar Amerika Utara

Trackhouse Racing Ramaikan Persaingan di MotoGP 2024Justin Marks berada di atas motor RS-GP saat peluncuran Trackhouse Racing MotoGP Team. (motogp.com)

Masuk menjadi salah satu tim MotoGP tentu menjadi babak baru dalam perjalanan Trackhouse Racing di dunia balap. Ini menjadi langkah bagi Trackhouse Racing mengembangkan skala perusahaan mereka ke ajang balap di luar roda empat. Justin Marks juga yakin kehadiran timnya dapat membantu MotoGP menjangkau penggemar baru khususnya di Amerika Serikat.

"Bergabung ke MotoGP adalah momen sangat menarik bagi perusahaan muda kami. Trackhouse telah bekerja sejak hari pertama untuk mengenali peluang motorsport yang unik dan menarik. Bisa berekspansi ke seri global seperti MotoGP adalah langkah besar untuk meningkatkan skala perusahaan.

Kami sangat percaya pada misi Dorna. Kami berkomitmen membawa sesuatu yang baru dan menarik ke dalam kejuaraan sembari bekerja keras untuk membantu mengembangkan serta memperluas olahraga luar biasa ini kepada jutaan penggemar baru di Amerika Utara dan sekitarnya," kata Marks dilansir MotoGP.

3. Dorna Sports sambut baik masuknya Trackhouse Racing ke MotoGP

Trackhouse Racing Ramaikan Persaingan di MotoGP 2024suasana peluncuran Trackhouse Racing MotoGP Team (motogp.com)

Dorna juga menyambut baik masuknya Trackhouse Racing ke MotoGP. Dan Rossomondo selaku Chief Commercial Officer Dorna Sports menyebut bahwa kehadiran tim tersebut menjadi berita bagus untuk kejuaraan. Rossomondo menilai Trackhouse Racing memiliki faktor-faktor penting yang dapat membantu tujuan bisnis kejuaraan.

"Trackhouse datang ke MotoGP adalah berita bagus. Mereka mendapatkan kesuksesan balap yang telah banyak diraih serta pemasaran dan promosi yang datang dengan menjalankan tim motorsport level atas. Kombinasi dari keunggulan operasional dipadu dengan keahlian mereka di luar trek adalah standar yang kami inginkan di MotoGP. Kami tahu pengaruh Trackhouse akan menjadi hal positif dan mendukung tujuan bisnis kami," ucap Rossomondo dikutip MotoGP.

Trackhouse Racing dijadwalkan bakal meluncurkan livery untuk motor mereka pada awal musim 2024. Akan tetapi, pihak tim menampilkan livery bercorak bendera Amerika Serikat saat acara peluncuran tim pada Selasa (5/12/2023). Itu sebagai wujud simbolis untuk menghormati warna pengujian yang sebelumnya dipakai Nicky Hayden serta warisan balap motor Amerika Serikat yang luar biasa. Menarik untuk menantikan babak baru Trackhouse Racing di dunia balap saat MotoGP 2024 digelar.

Baca Juga: Rossi: Marquez Bersama Ducati Bakal Berbahaya di MotoGP 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya