4 Tips Mudah Merawat Raket Badminton biar Lebih Awet

Buat kamu yang suka olahraga badminton

Raket badminton merupakan alat olahraga yang digunakan untuk bermain badminton. Badminton menjadi olahraga yang banyak disukai orang. Ada banyak tipe dan jenis raket badminton, kamu bisa pilih sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Bagi para penggemar olahraga badminton, raket menjadi bagian yang begitu penting bagi mereka.

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan kebersihan pada raket badminton. Orang hanya ingin memakainya saja dan gak merawatnya. Oleh karenanya, diperlukan perawatan yang tepat agar raket badminton tidak cepat rusak. Agar selalu awet, terapkan beberapa tips merawat raket badminton berikut ini, ya.

1. Ganti senar raket secara berkala

4 Tips Mudah Merawat Raket Badminton biar Lebih Awetilustrasi senar raket badminton (vecteezy.com/Sophon Nawit)

Hal yang pertama dilakukan adalah mengganti senar raket badminton secara rutin. Senar menjadi bagian terpenting dari raket badminton. Senar berfungsi untuk memantulkan kok saat dipukul. Jika senar raket badminton tidak kuat dan rata, ini bisa membuat pantulan kok menjadi berkurang.

Karenanya, segera ganti senar raket badminton kamu secara rutin. Usahakan untuk mengganti senar raket sebanyak 3 kali dalam setahun. Senar dengan kondisi baik bisa membuat permainanmu semakin bagus.

2. Rutin mengganti grip atau pegangan raket

4 Tips Mudah Merawat Raket Badminton biar Lebih Awetilustrasi grip raket badminton (pexels.com/Lisa A)

Grip menjadi benda kedua yang gak kalah penting dari senar raket. Grip yang terdapat pada raket badminton harus diperhatikan kondisinya. Grip atau pegangan raket berfungsi untuk menahan keringat di tangan saat sedang bermain badminton, keringat yang ada di tangan otomatis akan membuat grip menjadi basah dan lembap. Jika dibiarkan grip kamu bisa mudah rusak.

Perlu diingat, sebaiknya ganti grip raket badminton setiap sebulan sekali. Jika grip raket badmintonmu mulai terlihat rusak, segeralah untuk mengganti dengan yang baru. Grip yang baru akan membuat pegangan pada raket menjadi kuat, performa kamu saat bermain badminton bisa sangat bagus, lho.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tas Raket Badminton yang Murah, Awet, dan Muat Banyak

3. Bersihkan raket badminton setelah selesai digunakan

4 Tips Mudah Merawat Raket Badminton biar Lebih Awetilustrasi alat pembersih (pexels.com/SHVETS production)

Raket badminton yang telah digunakan akan terlihat kotor. Jika raket sudah terlihat kotor, segera bersihkan raket dengan kain lembut yang bersih untuk menghilangkan keringat, debu dan kotoran yang menempel pada raket. Menunda untuk membersihkan raket akan membuat noda dan kotoran semakin banyak, ini bisa membuat raket kamu menjadi susah untuk dibersihkan.

Ingat, jangan membersihkan permukaan raket dengan alat pembersih yang kasar. Hal ini bisa membuat permukaan raket badmintonmu menjadi tergores. Usahakan untuk membersihkannya secara hati-hati menggunakan kain bersih saja. Jadi, sebaiknya langsung dibersihkan saja, ya.

4. Simpan raket badminton dengan baik ketika tidak digunakan

4 Tips Mudah Merawat Raket Badminton biar Lebih Awetilustrasi raket badminton (vecteezy.com/Sophon Nawit)

Saat tidak digunakan, simpan raket badmintonmu dengan baik dan rapi. Sebelum disimpan pastikan raket dalam keadaan bersih dan kering. Jika raket disimpan dalam keadaan basah atau lembap, raket bisa berubah bentuk dan berjamur, lho.

Agar lebih awet, simpan raket di dalam tas khusus raket dan letakan di ruangan dengan suhu normal ruangan. Hindari meletakan atau menyimpan raket di bawah sinar matahari. Hal ini bisa membuat rangka badan pada raket badmintonmu menjadi melengkung.

Bagi kamu yang gemar sekali dengan olahraga badminton, jangan malas untuk merawatnya dengan baik, ya. Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa menjaga raket badminton kesayangan kamu tetap menarik dan tahan lama. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merk Senar Raket Badminton Terbaik

Dina Pradiska Photo Writer Dina Pradiska

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya