JakPro Negosiasi Jadwal Baru Formula E ke FEO

Indonesia gagal jadi tuan rumah Formula E 2024 karena Pemilu

Jakarta, IDN Times - PT Jakarta Propertindo (JakPro) selaku pemegang lisensi Formula E, ternyata masih mengupayakan balapan di musim 2024 bisa digelar di Jakarta. JakPro sampai saat ini terus berkomunikasi dengan Formula E Operation (FEO) terkait kemungkinan pergeseran jadwal balapan.

Direktur Utama JakPro, Iwan Takwin, mengakui FEO mempertimbangkan efektivitas penyelenggaraan balapan di Indonesia karena berbenturan dengan Pemilu 2024. Ada kekhawatiran logistik sulit masuk dan proses perizinan sulit karena fokusnya ke pesta demokrasi di Indonesia.

"JakPro saat ini tengah melalui beberapa tahapan komunikasi dan koordinasi secara intensif bersama FEO terkait perubahan jadwal penyelenggaraan kejuaraan dunia balap mobil listrik Formula E di Jakarta," ujar Iwan dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Baca Juga: Indonesia Dicoret dari Daftar Tuan Rumah Formula E 2024

1. JakPro apresiasi dukungan FIA dan FEO terhadap pesta demokrasi di Indonesia

JakPro Negosiasi Jadwal Baru Formula E ke FEOKPU RI menggelar simulasi pengiriman logistik Pemilu 2024 di Kantor KPU Kabupaten Bogor, Cibinong, Jawa Barat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Iwan memahami, kalender yang ditayangkan Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) memiliki dampak global terhadap negara-negara yang terlibat di dalamnya. Bagi Iwan, apa yang diputuskan FIA dan FEO, merupakan bentuk penghargaan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kami mengapresiasi dukungan FIA dan FEO terhadap pesta demokrasi Indonesia tahun depan yang akan menjadi perhatian dan konsentrasi utama bagi seluruh pihak demi memastikan kelancaran Pemilihan Umum Presiden 2024," katanya.

2. Indonesia dicoret jadi tuan rumah Formula E 2024

JakPro Negosiasi Jadwal Baru Formula E ke FEOilustrasi formula E (ANTARA/ (Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky/AFP)

Indonesia tak lagi masuk sebagai salah satu tuan rumah dalam ajang balapan Formula E musim 2024. Dalam laman resminya, FIA resmi merilis kalender balap Formula E 2024 dan Jakarta tak masuk dalam daftar tuan rumah.

Sejatinya, balapan Formula E Jakarta, Indonesia diagendakan berlangsung pada Sabtu 8 Juni 2024. Namun, menyusul masa kampanye dan Pemilu di Indonesia pada 2024 mendatang, Formula E memutuskan tak menggelar balapan di Jakarta.

"Turnamen yang diagendakan di Jakarta pada Sabtu 8 Juni 2024, tidak akan berlangsung menyusul pengumuman Pemilu Indonesia," tulis Formula E dalam laman resminya pada Jumat (20/10/2023).

3. Pengiriman logistik akan terganggu jika tetap digelar

JakPro Negosiasi Jadwal Baru Formula E ke FEOSalah satu mobil balap yang akan mengaspal di Formula E (IDN Times/Aryodamar)

FIA menilai, jika balapan tetap dilaksanakan, maka pengiriman logisitk dan kebutuhan penyelenggaraan Formula E di Jakarta dirasa akan terganggu.

"Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kemungkinan balapan dilakukan di kota tersebut pada alternatif waktu lainnya," tulis FEO.

Baca Juga: Jakarta Tak Jadi Tuan Rumah Formula E 2024, Heru Serahkan ke JakPro

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya