10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!

Ada idolamu gak

Dengan banyaknya pemain basket hebat yang terlahir dari NBA, tentu NBA menjadi salah satu kompetisi yang memikat atensi publik.

Pada umumnya, pemain basket di NBA mempunyai tinggi badan di atas 170 cm dan tubuh yang kekar. Sangat jarang sekali yang bermain di NBA dengan tinggi badan di bawah 170 cm.

Namun, nyatanya ada beberapa pemain basket terpendek yang memiliki tinggi badan kurang dari rata-rata tinggi pemain basket. Kendati demikian, bukan berarti mereka punya skill yang minim juga.

Beberapa di antara mereka justru dikenal berprestasi. Siapa saja? Berikut ini kami ulas daftar pemain basket terpendek NBA yang tingginya di bawah rata-rata.

1. Michael Adams (177 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!Michael Adams, salah satu pemain basket terpendek dengan tinggi 177 cm (nba.com)

Karir pebasket seorang Michael Adams dimulai dari perguruan tinggi Boston. Setelah itu, ia dikontrak oleh Sacramento Kings setelah melihat permainannya yang memukau. Ia memiliki tinggi badan sekitar 177 cm.

Awal kariernya di NBA tidaklah memuaskan. Ia hanya mampu mencetak dua angka di tiap pertandingan. Hal itu berakhir setelah kepindahannya ke Denver Nuggets. Di sana, ia bermain sangat apik dengan rata-rata mencetak 26,5 angka dan 10 assist. Ia pensiun pada tahun 1996 dengan mencetak 9.621 angka dan 4.209 assist.

2. Calvin Murphy (175 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!Calvin Murphy (nba.com)

Calvin Murphy bermain sebagai guard untuk tim Houston Rockets selama 13 tahun dari 1970 samapi 1983. Ia memiliki tinggi sekitar 175 cm. Ia pernah memegang rekor sebagai pelempar bebas tertinggi kedua dalam satu musim.

Namanya pernah masuk ke dalam Basketball Hall of Fame pada tahun 1993. Selama berkarier sebagai pemain basket, ia berhasil mencetak 17.949 angka dalam 1.002 pertandingan yang dilakoninya.

3. Nate Robinson (175 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!Nate Robinson (twitter.com/nbatv)

Nate Robinson mulai bermain untuk tim New York Knicks pada tahun 2005 pasca penampilannya yang sangat bagus di kampusnya. Ia memiliki tinggi sekitar 175 cm. Nate pernah menjuarai kontes slam dunk padahal ia hanya memiliki tinggi badan di bawah rata-rata pemain basket pada umumnya. Hal tersebut membuktikan bahwa orang pendek bisa saja melakukan slam dunk.

4. Charlie Criss (172 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!Charlie Criss, salah satu pemain basket terpendek di NBA (nba.com)

Charlie Chriss bermain untuk Continental Basketball Association pasca kelulusannya dari Universitas New Mexico. Namun, hal tersebut tidak membuatnya puas. Dia berambisi untuk bermain di NBA.

Setelah berusaha keras, akhirnya pada tahun 1977 ia berhasi bergabung dengan tim Atlanta Hawks. Pelatihnya mengatakan bahwa ia dipilih dengan alasan kecepatan dan akurasi menembaknya yang bagus.

5. Misaki Wataru (170 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!Misaki Wataru (tsn.ca)

Misaki Wataru adalah pemain basket NBA pertama yang berasal dari Asia dan non-Caucasian. Walaupun kariernya hanya sebentar (1947-1948), ia merupakan pemain yang begitu berharga dan salah satu pemain andalan New York Knicks pada masanya.

6. Greg Grant (170 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!Greg Grant (la-streetball.com)

Greg Grant dapat menutupi kekurangan pada dirinya dengan keterampilan dan energi yang sangat bagus. Di awal kariernya, Greg Grant memulai bermain di Phoenix Suns selama setahun dan bergabung dengan New York Knicks pada tahun 1990. Lalu, Greg menandatangani kontrak dengan Philadelphia 76ers tahun 1991 dan selanjutnya Orlando Magic tahun 1994.

7. Anthony "Spud" Webb (170 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!Spud Webb (instagram.com/spudwebb86)

Anthony "Spud" Webb pertama kali bermain di NBA bergabung dengan klub basket Atlanta Hawks. Selama kariernya, ia bermain di klub Sacramento kings, Minnesota Timberwolves dan mengakhiri kariernya di Orlando Magic.

Selama bermain, Spud Webb sudah bertanding sebanyak 814 pertandingan dan rata-rata skor yang dicetaknya adalah 10 angka pada tiap pertandingan. Tetapi yang paling dikenang dan membuat namanya terkenal adalah menjadi juara kontes Slam Dunk pada tahun 1986. Saat itu, Anthony "Spud" Webb menjadi pemain terpendek yang memenangkan kontes Slam Dunk di NBA.

8. Melvin Hirsch (167 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!probasketballencyclopedia.com

Siapakah Melvin Hirsch? Melvin Hirsch mulai dikenal orang bukan karena permainan yang mumpuni, tetapi gara-gara ia adalah pemain basket NBA terpendek ke-3.

Memang miris kalau mengetahui profil seseorang bukan karena kehebatannya. Melvin Hirsch bermain basket di NBA bersama klub Boston Celtics. Ia bermain di Celtics hanya 13 pertandingan dan cuma mencetak 19 angka.

Baca Juga: 8 Pemain Aktif NBA dengan Gelar Juara Terbanyak, Ada Stephen Curry!

9. Earl Boykins (165 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!pinterest.com

Tak hanya pemain basket terpendek ke-2 di NBA, Earl Boykins merupakan pemain basket NBA yang paling ringan berat badannya (60 kg). Earl Boykins menghabiskan masa bermainnya di klub Denver Nuggets. Walaupun tidak cukup terkenal, namanya cukup dikenal di kota Denver.

Baca Juga: 3 Pemain Legendaris dari NBA Draft 1960, Ada yang Jadi Logo NBA

10. Muggsy Bogues (160 cm)

10 Pemain Basket Terpendek di NBA, Paling Pendek 160 Cm!Tyrone 'Muggsy' Bogues, pemain basket terpendek di NBA (instagram.com/therealmuggsy)

Tyrone Curtis Bogues mempunyai tinggi badan 160 cm. Pemain basket kelahiran 1965 ini memang menyukai basket sejak kecil. Bermain basket di lingkungan tempat tinggal bersama teman-temannya. 

Di antara teman-temannya, Muggsy Bogues yang paling pendek di antara mereka. Tetapi walau pun pendek, dia mempunyai kegesitan dan keahlian bermain basket yang mumpuni di antara teman-temannya.

Itulah 10 pemain basket terpendek yang pernah bermain di NBA. Ternyata pemain basket tak selamanya memiliki postur yang tinggi-tinggi, ya!

Baca Juga: Profil Giannis Antetokounmpo, Kapten di NBA All Star 2023

Papi Eyic Photo Writer Papi Eyic

https://www.linkedin.com/in/erickranes/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Rihanna Bunga
  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya