Comscore Tracker

5 Pemain Asal Belanda Terbaik yang Pernah Bermain di Liga Inggris

Dari Van der Sar hingga Bergkamp

Belanda merupakan salah satu negara di Eropa yang selalu menetaskan banyak pemain sepak bola berbakat. Bahkan, akademi milik Ajax dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Banyak lulusannya yang menjadi pemain kelas dunia.

Maka tak heran para tim Liga Inggris banyak yang mengincar mereka. Bahkan, ada dari mereka yang menjadi pemain penting dengan membawa timnya meraih banyak gelar juara. Berikut lima pemain asal Belanda terbaik yang pernah bermain di Liga Inggris.

1. Edwin van der Sar

5 Pemain Asal Belanda Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisEdwin van der Sar (uefa.com)

Edwin van der Sar tampil kokoh ketika masih membela Ajax Amsterdam, ia bahkan selalu menjadi andalan Timnas Belanda di turnamen besar. Pada tahun 1999 ia sempat berkarier di Serie A bersama Juventus, sebelum dibeli Fulham pada tahun 2001.

Penampilan impresifnya membuat Manchester United kepincut dibuatnya. Padahal kala itu usianya suah tak muda lagi, yakni 35 tahun pada musim 2005. Namun, sepertinya usia tak menurunkan kualitas van der Sar. Terbukti ia membantu setan merah meraih empat gelar Liga Inggris dan satu trofi Liga Champions. 

2. Ruud van Nistelrooy

5 Pemain Asal Belanda Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisRuud van Nistelrooy (thesefootballtimes.co)

Sejak dibeli dari PSV Eindhoven pada tahun 2001, Ruud van Nistelrooy tak butuh waktu lama untuk menunjukkan kemampuannya. Terbukti pada musim pertamanya ia langsung meraih gelar pemain terbaik Liga Inggris.

Selama membela The Red Devils, Nistelrooy total mencetak 95 gol dari 150 penampilannya. Ia juga turut mempersembahkan satu gelar Liga Inggris dan satu Piala FA sebelum dijual ke Real Madrid pada tahum 2006.

3. Virgil van Dijk

5 Pemain Asal Belanda Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisVirgil van Dijk (thisisanfield.com)

Sejak didatangkan dari Southampton pada tahun 2018, van Dijk menjadi bagian penting bagi skuat Liverpool. Terbukti kala ia absen cukup lama musim lalu, The Reds tak mampu berbicara banyak di Liga Inggris dan tereliminasi lebih cepat di Liga Champions.

Padahal ketika ia dalam kondisi prima, van Dijk tak diragukan lagi adalah salah satu bek tengah terbaik di dunia. Ia bahkan sukses memberikan gelar Liga Inggris bagi Liverpool setelah menunggu selama 30 tahun. Semusim sebelumnya ia juga membawa Liverpool meraih gelar Liga champions keenam mereka.

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut Real Madrid dari Klub Medioker Liga Inggris

4. Robin van Persie

5 Pemain Asal Belanda Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisRobin van Persie (bleacherreport.com)

Robin van Persie menjadi penyerang tajam Arsenal usai mereka kehilangan Dennis Bergkamp yang pensiun dan Thierry Henry yang hijrah ke Barcelona. Selama membela The Gunners ia total telah mencetak 96 gol dari 194 penampilan.

Tak banyak meraih trofi selama di Arsenal, ia kemudian merapat ke tim rival, Manchester United pada tahun 2012. Tiga musim di Old Trafford ia turut mempersembahkan gelar Liga inggris yang tak pernah diraihnya kala membela klub London Utara.

5. Dennis Bergkamp

5 Pemain Asal Belanda Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisDennis Bergkamp (paininthearsenal.com)

Dennis Bergkamp menjadi salah satu penyerang yang paling dicintai oleh pendukung Arsenal. Teknik olah bola yang fenomenal serta tajam di depan gawang membawanya ke puncak kariernya.

Bersama The Gunners ia sukses mempersembahkan tiga gelar Liga Inggris dan empat Piala FA sebelum pensiun pada tahun 2006. Berkat jasanya itu kini Bergkamp telah dibuatkan patung dirinya di Emirates Stadium.

Para pemain tersebut selalu menampilkan performa terbaik kala membela timnya. Bahkan beberapa ada yang menjadi legenda klubnya masing-masing. Jadi, siapa idola kalian? 

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Liga Inggris yang Mengawali Karier dari Liga Amatir

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya