Fred Vasseur Meminta Kompensasi Kerusakan Mobil Sainz di GP Las Vegas

Memengaruhi budget cap Ferrari

Ferrari sepertinya masih tidak terima terkait penalti yang didapat Carlos Sainz di Formula 1 GP Las Vegas, Minggu (19/11/2023). Sainz mendapat penalti turun sepuluh posisi karena mengganti komponen mobilnya. Hal itu memaksa Sainz mengawali balapan dari urutan ke-12 meski berhasil meraih waktu terbaik kedua di belakang rekan setimnya, Charles Leclerc.

Masalahnya, Ferrari terpaksa mengganti komponen tersebut setelah mobilnya menabrak penutup saluran drainase di Sirkuit Jalan Raya Las Vegas. Team Principal Ferrari, Frederic Vasseur, menilai jika timnya tak seharusnya menerima penalti karena kerusakan mobil Sainz diakibatkan kondisi lintasan. Vasseur juga mengatakan jika perbaikan tersebut akan mempengaruhi budget cap Ferrari pada 2023 dan meminta kompensasi dari pihak penyelenggara balapan.

1. Carlos Sainz menabrak penutup saluran drainase pada sesi latihan bebas

Fred Vasseur Meminta Kompensasi Kerusakan Mobil Sainz di GP Las VegasMobil Carlos Sainz dievakuasi dengan crane setelah menabrak penutup saluran drainase pada sesi latihan bebas pertama GP Las Vegas 2023. (twitter.com/F1)

Carlos Sainz menabrak tutup saluran drainase di Sirkuit Jalan Raya Las Vegas pada sesi latihan bebas pertama. Kerusakan yang diterima mobil Ferrari SF-23 milik Sainz terbilang cukup parah hingga merusak bagian internal combustion engine, control electronics, dan energy store. Akibat hal tersebut, Ferrari terpaksa mengganti komponen-komponen yang membuat Sainz dijatuhi penalti turun sepuluh posisi.

Selain Sainz, Esteban Ocon juga mengalami insiden yang sama dengan Sainz meski dampaknya tak terlalu parah. Sebelumnya, Fernando Alonso sempat terlihat menghindari bagian di mana penutup saluran drainase mengalami masalah. Kejadian ini membuat sesi latihan bebas pertama dihentikan untuk memperbaiki seluruh penutup saluran drainase yang ada di lintasan. Sebagai gantinya, sesi latihan bebas kedua menjadi lebih panjang.

2. Fred Vasseur kesal dengan FIA yang tak kunjung mengibarkan red flag

Fred Vasseur Meminta Kompensasi Kerusakan Mobil Sainz di GP Las VegasFrederic Vasseur (formula1.com)

Team Principal Ferrari, Frederic Vasseur, juga menyoroti lambatnya tindakan yang diambil steward ketika Carlos Sainz mengalami insiden. Mengutip Motorsport, Vasseur menyayangkan mengapa red flag tak kunjung dikibarkan, padahal terdapat benda asing di lintasan yang bisa membahayakan para pembalap. Marshal hanya mengibarkan bendera kuning dan baru sekitar 1 menit kemudian red flag dikibarkan, sekaligus mengakhiri sesi latihan bebas pertama.

Usai kejadian yang dialami Sainz, Ferrari sebenarnya sempat melakukan negosiasi dengan pihak FIA. Namun, pada akhirnya, Ferrari harus menerima kenyataan pahit karena penalti yang diberikan kepada Sainz tak bisa dibatalkan. Menurut mereka, tak ada aturan yang membuat penalti tersebut dibatalkan, meski kerusakan terjadi akibat kondisi lintasan.

Baca Juga: Carlos Sainz Ingin Bersama Ferrari Selepas Formula 1 2024

3. Carlos Sainz finis keenam pada saat balapan

Fred Vasseur Meminta Kompensasi Kerusakan Mobil Sainz di GP Las VegasCarlos Sainz finis keenam di GP Las Vegas 2023. (twitter.com/Carlossainz55)

Ferrari sebenarnya mempunyai pekan yang cukup baik di GP Las Vegas terlepas dari penalti yang diterima Carlos Sainz. Pada sesi kualifikasi, Charles Leclerc mampu menjadi yang tercepat sementara Sainz berada tepat di belakangnya. Sayang, Sainz harus turun sepuluh posisi ke urutan ke-12 akibat penalti yang ia terima.

Balapan GP Las Vegas diwarnai safety car yang dua kali masuk ke lintasan membuat hasil balapan tak bisa ditebak. Leclerc gagal merebut kemenangan dengan finis di posisi kedua di belakang Max Verstappen. Sedangkan, Sainz mampu bangkit dan berhasil mengakhiri balapan di urutan keenam berkat strategi dua kali pit stop yang dilakukan Ferrari.

Sainz dalam sebuah wawancara setelah balapan mengatakan jika penalti yang ia alami sedikit menghambatnya ketika balapan. Start dari posisi ke-12 membuatnya terjebak di tengah para pembalap sehingga membuat mesin mobilnya panas dan degradasi ban yang lebih cepat. Sainz juga mengatakan, jika dirinya tak mendapat penalti, maka Ferrari bisa saja mendapat hasil yang lebih baik.

4. Frederic Vasseur meminta kompensasi atas penalti Carlos Sainz

Fred Vasseur Meminta Kompensasi Kerusakan Mobil Sainz di GP Las VegasFrederic Vasseur (formula1.com)

Seusai balapan, Frederic Vasseuer menyebut jika pihaknya akan melakukan diskusi pribadi dengan pihak penyelenggara balapan GP Las Vegas terkait hukuman yang diterima Carlos Sainz. Vasseur mengatakan jika kerusakan pada mobil milik Sainz membuat Ferrari harus mengeluarkan dana tambahan. Hal tersebut jelas akan berdampak kepada budget cap mereka musim ini.

Menurut Vasseur, efek yang dialami Ferrari tak hanya dirasakan di GP Las Vegas. Sebab, kerusakan yang diterima Sainz membuat stok suku cadang mereka menipis. Bahkan, Ferrari harus menerbangkan sasis baru dari markas mereka, Maranello, Italia, untuk balapan selanjutnya di GP Abu Dhabi.

"Tidak ada ketentuan dalam anggaran atau batasan biaya, kecuali kecelakaan. Tentunya Anda memiliki banyak biaya tambahan. Loom rusak, gearbox rusak, baterai rusak, dan mesin mati. Kita mempunyai banyak konsekuensi dari sisi keuangan, dari sisi olahraga, dan bahkan dari sisi stok suku cadang, dan dari sisi anggaran. Tentunya itu bukan hal yang mudah," ujar Vasseur mengutip Motorsport.

Sebenarnya permasalahan penutup saluran drainase bukan kali pertama terjadi. Masalah ini pernah beberapa kali terjadi, terutama di sirkuit jalan raya seperti GP Monako dan GP Azerbaijan. Namun, Kejadian yang menima Sainz mirip dengan apa yang dialami Romain Grosjean di GP Malaysia 2017.

Pada GP Malaysia 2017, Romain Grosjean menabrak penutup saluran drainase di bagian kerb yang membuat mobilnya menabrak dinding pembatas dengan keras. Namun, Grosjean yang ketika itu membela Haas baru mendapat kompensasi setahun berselang. Menurut Vasseur, kejadian seperti ini memang sulit untuk diprediksi dan dihindari, tetapi penanganan yang tepat dari pihak penyelenggara balapan merupakan bagian yang paling penting.

Ferrari mengalami kerugian yang cukup besar akibat kejadian yang menimpa Carlos Sainz di GP Las Vegas. Kini, mereka ingin berdiskusi dengan pihak penyelenggara balapan untuk meminta kompensasi.

Baca Juga: Begini Asal Usul Logo Kuda Jingkrak di Mobil Ferrari 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya