Pertarungan Seru yang Akan Tersaji di Formula 1 2023 GP Abu Dhabi

Seri pemungkas 2023

Formula 1 2023 memasuki seri pemungkas di GP Abu Dhabi, Minggu (26/11/2023). Max Verstappen memang sudah memastikan diri menjadi juara dunia 2023. Sergio Perez dan Lewis Hamilton juga sama-sama mengamankan peringkat kedua dan ketiga. Di tabel konstruktor, Red Bull bahkan mengamankan titel juara konstruktor.

Meski begitu, ternyata masih ada beberapa pertarungan seru yang menarik untuk disaksikan. Salah satunya adalah perebutan runner-up konstruktor antara Mercedes dan Ferrari. Ada juga pembalap yang bersaing untuk mendapat peringkat terbaik musim ini.

1. Perebutan posisi keempat pembalap masih sengit

Tiga posisi teratas musim ini memang sudah diamankan Max Verstappen, Sergio Perez, dan Lewis Hamilton. Namun, perebutan peringkat keempat ternyata masih cukup sengit mengjelang GP Abu Dhabi. Tak tanggung-tanggung, terdapat 4 pembalap dari 3 tim berbeda yang mempunyai poin berdekatan.

Carlos Sainz dan Fernando Alonso mempunyai peluang terbesar karena sama-sama mengantongi 200 poin. Sainz ingin melanjutkan performa apiknya di GP Las Vegas, meski sempat mendapat penalti. Sementara itu, Alonso, yang di GP Las Vegas hanya mampu finis kesembilan, harus bisa bangkit jika tak ingin kehilangan tempat keempat.

Lando Norris yang mengoleksi 195 poin juga berambisi mengamankan peringkat keempat pembalap. Pembalap McLaren tersebut gagal mendulang poin di GP Las Vegas karena mengalami insiden. Namun, melihat performanya yang konsisten musim ini, bukan tak mungkin Norris yang pada akhirnya menempati peringkat keempat.

Satu pembalap lain yang tak bisa dikesampingkan adalah Charles Leclerc. Meski poin miliknya saat ini hanya 188, masih sangat mungkin baginya untuk mengudeta ketiga pembalap di atasnya. Apalagi, pembalap asal Monako tersebut berbekal penampilan apik di GP Las Vegas dengan mengunci pole position dan finis kedua ketika balapan.

Baca Juga: 7 Pembalap Formula 1 2023 yang Pernah Naik Podium di GP Abu Dhabi

2. Ferrari dan Mercedes memperebutkan posisi kedua klasemen konstruktor

Pertarungan Seru yang Akan Tersaji di Formula 1 2023 GP Abu DhabiMercedes dan Ferrari bersaing memperebutkan posisi runner up konstruktor F1 2023. (formula1.com)

Red Bull benar-benar berada di level yang berbeda dari para pesaingnya musim ini. Hal itu membuat Ferrari dan Mercedes hanya bisa memperebutkan posisi runner-up. Musim ini, Ferrari hanya mampu mengamankan satu kemenangan di GP Singapura. Sementara, Mercedes bahkan tak mampu membawa dua pembalapnya berdiri di puncak podium.

Secara hasil balapan, Mercedes berhasil naik podium sebanyak 7 kali berbanding 8 kali milik Ferrari. Pada sesi kualifikasi, Ferrari unggul telak dengan koleksi 7 pole position berbanding 1 pole position Mercedes. Keduanya juga sama-sama tujuh kali gagal mendulang poin musim ini.

Menjelang GP Abu Dhabi, Mercedes sedikit unggul dengan koleksi 392 poin. Namun, Ferrari juga tak berselisih jauh dengan perolehan 388 poin. Dengan perbedaan poin yang begitu tipis, kedua tim besar tersebut masih sangat mungkin mengakhiri musim 2023 di peringkat kedua konstruktor.

3. Peringkat keempat konstruktor juga masih diperebutkan McLaren dan Aston Martin

Pertarungan Seru yang Akan Tersaji di Formula 1 2023 GP Abu DhabiAston Martin dan McLaren bertarung memperebutkan posisi keempat klasemen konstruktor F1 2023. (formula1.com)

Selain posisi kedua konstruktor, pertarungan antara McLaren dan Aston Martin dalam perebutan posisi keempat juga masih sengit. McLaren saat ini punya keuntungan karena memiliki 284 poin. Sementara itu, Aston Martin menempati peringkat keempat dengan koleksi 273 poin.

Penampilan McLaren yang bangkit dari awal musim yang buruk membuat mereka mendulang banyak poin. Tim yang bermarkas di Woking, Inggris, tersebut bahkan sudah merasakan sembilan kali naik podium. Oscar Piastri menang pada sesi sprint race GP Qatar.

Di sisi lain, Aston Martin sebenarnya tampil moncer pada awal musim berkat aksi Fernando Alonso yang meraih 5 podium dari 6 balapan pertama. Aston Martin sempat menjadi pesaing Red Bull di puncak klasemen. Namun, penampilan mereka sedikit mengalami penurunan memasuki paruh kedua.

Meski gelar juara dunia pembalap dan konstruktor Formula 1 2023 sudah disegel Max Verstappen dan Red Bull, masih ada beberapa pertarungan seru untuk disaksikan di GP Abu Dhabi. Lantas, siapakah dari mereka yang berhasil menjadi pemenang dalam duel tersebut? Kita lihat saja aksi mereka di Sirkuit Yas Marina.

Baca Juga: Formula 1 Berencana Menggunakan AI untuk Memantau Track Limit

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya