Toto Wolff Sebut Mick Schumacher Layak Tampil di Formula 1

Berpotensi comeback pada 2024

Karier Mick Schumacher di Formula 1 berlangsung cukup singkat. Pembalap asal Jerman tersebut hanya bertahan selama dua musim pada 2021 dan 2022 bersama Haas. Ia kemudian digantikan oleh Nico Huelkenberg pada 2023 menyusul performanya yang tak terlalu mengesankan.

Meski saat ini berstatus tanpa tim, Mick Schumacher diyakini masih punya peluang untuk kembali ke Formula 1. Hal itulah yang diungkapkan oleh Team Principal Mercedes, Toto Wolff. Wolff merasa bahwa Schumacher masih memiliki potensi untuk bersaing di lintasan kembali.

1. Mick Schumacher saat ini merupakan pembalap cadangan bagi Mercedes

Toto Wolff Sebut Mick Schumacher Layak Tampil di Formula 1Mick Schumacher (formula1.com)

Selama dua musim tampil untuk Haas, performa Schumacher tak bisa dibilang mengesankan. Ia hanya mampu mengoleksi 12 poin yang didapat dari GP Inggris dan GP Austria 2022. Sisanya, Schumacher lebih sering finis di luar zona poin. Haas yang ingin bersaing di papan tengah pun memutuskan untuk tak memperpanjang kontraknya.

Setelah tak mendapat kursi untuk musim 2023, Mick Schumacher tak mau jauh-jauh dari lintasan Formula 1. Ia ditunjuk untuk menjadi pembalap cadangan bagi Mercedes. Hal ini membuat Schumacher memiliki kesempatan untuk turun pada sesi latihan bebas atau bahkan menggantikan posisi George Russell dan Lewis Hamilton jika keduanya berhalangan ketika race.

2. Toto Wolff yakin Mick Schumacher masih bisa bersaing di Formula 1

Toto Wolff Sebut Mick Schumacher Layak Tampil di Formula 1Toto Wolff (formula1.com)

Kebersamaan Mick Schumacher dengan Mercedes membuat Toto Wolff tahu betul potensi yang dimiliki Schumacher. Wolff menyebut bahwa Schumacher merupakan pembalap berkualitas karena pernah menjuarai Formula 3 dan Formula 2. Wolff juga memuji kontribusi Schumacher terhadap timnya ketika berada di balik simulator.

Menurutnya, Schumacher selama ini tak pernah menunjukkan potensi maksimalnya di Formula 1. Wolff juga merasa Schumacher tak pernah mendapat mobil yang bagus selama di Haas. Hal itu membuat Schumacher menjadi kurang percaya diri sehingga memengaruhi performanya di lintasan.

"Saya pikir dia pantas berada di grid. Saat Anda tidak merasa percaya diri dengan mobil dalam waktu lama, semakin banyak tekanan yang Anda berikan pada diri sendiri, semakin kurang bagus performa Anda, dan saya pikir ini terjadi di Haas," Ucap Wolff mengutip situs resmi Formula 1.

Baca Juga: Toto Wolff Nilai Red Bull Bisa Sapu Bersih Kemenangan di F1 2023

3. Williams menjadi opsi terbaik bagi Mick Schumacher

Toto Wolff Sebut Mick Schumacher Layak Tampil di Formula 1Logan Sargeant (formula1.com)

Menurut Wolff, dari beberapa tim yang belum mengonfirmasi pembalap mereka untuk musim 2024, Williams menjadi opsi terbaik bagi Schumacher. Meski posisi Alex Albon sudah terjamin untuk musim 2024, kursi Logan Sargeant masih belum aman. Performa Sargeant yang kurang maksimal musim ini bisa saja membuatnya tak dipertahankan musim depan.

Williams musim ini juga sudah mulai berbenah dengan memetik poin dalam beberapa balapan. Mereka saat ini berada di posisi ketujuh di tabel klasemen konstruktor dengan koleksi 21 poin hingga GP Italia. Jika perkembangan mobil mereka berjalan baik, bukan tak mungkin Williams bisa lebih sering mendulang poin musim depan.

4. Sebastian Vettel juga meyakini Mick Schumacher bisa kembali ke F1

Toto Wolff Sebut Mick Schumacher Layak Tampil di Formula 1Sebastian Vettel (formula1.com)

Tak hanya Toto Wolff yang meyakini Mick Schumacher bisa kembali ke Formula 1, hal yang sama juga diungkapkan oleh Sebastian Vettel. Juara dunia empat kali tersebut memang terbilang dekat dengan Mick Schumacher karena relasinya dengan ayah Mick, Michael Schumacher. Meski begitu, Vettel juga bahwa menyebut situasi saat ini cukup sulit karena hanya sedikit kursi yang tersisa musim depan.

Vettel menyebut bahwa ada tiga tim yang bisa menjadi pelabuhan bagi Mick Schumacher, yakni AlphaTauri, Alfa Romeo, dan Williams. Dari ketiga tim tersebut, Williams dianggap sebagai opsi yang paling masuk akal. Hal itu tak lain karena performa Logan Sargeant yang masih angin-anginan pada musim pertamanya.

Vettel juga menganggap bahwa Mick Schumacher saat ini merupakan talenta muda terbaik yang dimiliki Jerman. Meski masih ada Nico Huelkenberg di lintasan, usianya kini sudah tak muda lagi. Tak heran Vettel begitu menantikan kembalinya Mick Schumacher ke lintasan Formula 1.

5. Banyak pembalap yang comeback ke Formula 1

Toto Wolff Sebut Mick Schumacher Layak Tampil di Formula 1Daniel Ricciardo (formula1.com)

Kembali ke Formula 1 setelah kehilangan kursi bukanlah hal yang mustahil. Ada beberapa pembalap yang pernah melakukannya. Contoh terdekat adalah Daniel Ricciardo yang mengisi kursi AlphaTauri setelah kontraknya diputus oleh McLaren musim lalu. Ada juga Fernando Alonso, Kevin Magnussen, dan Nico Huelkenberg yang pernah meninggalkan Formula 1.

Melihat hal tersebut, peluang bagi Mick Schumacher untuk comeback masih cukup terbuka. Namun, hal itu juga bergantung pada sisa kursi yang dimiliki oleh para tim musim depan. Untuk saat ini, Mick harus fokus terhadap perannya sebagai pembalap cadangan bagi Mercedes agar tak kehilangan sentuhannya di lintasan.

Peluang Mick Schumacher untuk kembali ke Formula 1 masih terbuka. Toto Wolff dan Sebastian Vettel pun masih yakin akan talenta yang dimiliki oleh Mick Schumacher untuk bisa bersaing di Formula 1.

Baca Juga: Kans Besar Mick Schumacher Kembali Mengaspal di Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya