Zhou Guanyu Bertahan di Alfa Romeo hingga Formula 1 2024

Zhou berkesempatan tampil di GP China

Alfa Romeo dan Zhou Guanyu menyepakati kontrak kerja sama baru hingga Formula 1 2024. Alfa Romeo sepertinya masih percaya akan kemampuan pembalap berusia 24 tahun tersebut. Musim 2024 sendiri akan menjadi musim ketiganya tampil di Formula 1.

Perpanjangan kontrak tersebut juga membuat Zhou Guanyu berkesempatan tampil di GP China yang merupakan balapan kandangnya. Balapan di Sirkuit Shanghai tersebut selalu batal dalam 2 musim sejak Zhou masuk ke Formula 1. GP China menjadi salah satu hal yang cukup dinantikan Zhou musim depan bersama Alfa Romeo.

1. Zhou Guanyu senang mendapat kontrak baru dari Alfa Romeo

Zhou Guanyu Bertahan di Alfa Romeo hingga Formula 1 2024Zhou Guanyu (formula1.com)

Zhou Guanyu mengaku senang bisa mendapat perpanjangan kontrak dari Alfa Romeo. Zhou mengatakan jika ia bangga bisa menjadi bagian dari Alfa Romeo. Perpanjangan kontrak ini juga makin memotivasinya untuk bisa menampilkan performa terbaik pada setiap balapan.

"Bergabung kembali dengan tim selalu menjadi perasaan yang luar biasa, terutama ketika kami mengetahui perkembangannya. Saya telah bekerja sangat keras sejak hari pertama dan ada tingkat motivasi yang luar biasa untuk terus melakukannya tiap hari," ucap Zhou mengutip situs resmi Formula 1.

2. Performanya masih kalah dari Valtteri Bottas

Zhou Guanyu Bertahan di Alfa Romeo hingga Formula 1 2024Zhou Guanyu (formula1.com)

Meski mendapat kontrak baru, performa Zhou Guanyu bisa dibilang kurang memuaskan. Pada 2023 ini, ia baru mendapat empat poin hingga GP Italia yang membuatnya berada di urutan ke-16 klasemen pembalap. Zhou berada 1 tempat di bawah rekan setimnya, Valtteri Bottas, dengan selisih 2 poin.

Performa tersebut bisa dibilang sebagai peningkatan jika dibandingkan dengan 2022. Pada musim debutnya tersebut, Zhou Guanyu hanya mampu berada di urutan ke-18 dengan koleksi enam poin. Ia tertinggal cukup jauh dari Bottas yang menghuni posisi kesepuluh dengan koleksi 49 angka.

Baca Juga: Sosok Valtteri Bottas yang Bimbing Zhou Guanyu Selama Formula 1 2022 

3. Berkesempatan tampil di GP China

Zhou Guanyu Bertahan di Alfa Romeo hingga Formula 1 2024Sirkuit Shanghai (formula1.com)

GP China sudah absen dari kalender Formula 1 sejak 2020 akibat pandemik COVID-19. Hal ini membuat Zhou Guanyu belum sempat tampil di hadapan para pendukungnya. Namun, perpanjangan kontrak Zhou bersama Alfa Romeo membuat penantian tersebut sepertinya akan berakhir musim depan.

Zhou mengatakan jika ia sangat menantikan untuk bisa tampil di kandangnya sendiri. Ia akan merasa sangat bangga bisa balapan dengan dukungan penuh fansnya. Rasa antusias juga pasti akan dirasakan warga China karena Zhou Guanyu merupakan pembalap Formula 1 pertama asal China.

4. Valtteri Bottas masih menjadi tandem Zhou Guanyu

Zhou Guanyu Bertahan di Alfa Romeo hingga Formula 1 2024Zhou Guanyu dan Valtteri Bottas (formula1.com)

Lineu-p pembalap Alfa Romeo tak akan berubah karena Valtteri Bottas juga masih punya kontrak hingga 2024. Zhou dan Bottas diketahui punya hubungan yang cukup baik sebagai rekan setim. Keduanya saling mendorong satu sama lain agar bisa menjadi lebih terbaik di lintasan.

Dengan kepastian kursi yang mereka dapat musim depan, kedua pembalap tersebut bisa fokus untuk meningkatkan performa mereka di lintasan. Bottas mengatakan jika dirinya sudah tak sabar menantikan petualang baru untuk 2024. Keduanya bersiap untuk mengatrol posisi Alfa Romeo yang musim ini masih berkutat di papan bawah.

5. Alessandro Alunni Bravi masih percaya kemampuan kedua pembalapnya

Zhou Guanyu Bertahan di Alfa Romeo hingga Formula 1 2024Alessandro Alunni Bravi (formula1.com)

Alessandro Alunni Bravi yang merupakan Team Representative Alfa Romeo mengatakan jika mempertahankan Zhou Guanyu dan Valtteri Bottas merupakan sebuah investasi. Keputusan ini diambil untuk menjaga stabilitas tim yang tengah berada dalam masa transisi. Bravi juga menyebut jika kedua pembalapnya mempunyai kemampuan dan kerja sama mereka sangat baik di lintasan.

Misi Bravi dan Alfa Romeo musim depan adalah membuat mobil yang kompetitif bagi kedua pembalapnya. Dengan mobil yang bagus, Bravi percaya Alfa Romeo bisa lebih kompetitif untuk setidaknya berada di zona poin tiap balapan. Mengingat mereka cukup kesulitan mencetak poin pada 2023.

Zhou Guanyu akhirnya mendapat kontrak baru dari Alfa Romeo hingga 2024. Hal ini juga membuatnya berkesempatan tampil di GP China musim depan.

Baca Juga: Zhou Guanyu Ingin Bertahan di Alfa Romeo Selepas Formula 1 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya