Dramatis: Pesilat Indonesia Ini Menang di 3 Detik Terakhir! 

Nyaris kalah di penghujung pertandingan

Jakarta, IDN Times – Pesilat Indonesia Abdul Malik menang secara dramatis atas Dinh Tuan Nguyen dari Vietnam dalam pertandingan babak 16 besar pencak silat putra kelas B 50-55Kg Asian Games 2018 yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Kamis (23/8).

1. Unggul pada babak pertama

Dramatis: Pesilat Indonesia Ini Menang di 3 Detik Terakhir! IDN Times/Helmi Shemi

Malik unggul mutlak di babak pertama. Kelima juri memberikan kemenangan baginya dengan skor 6-0, 3-0, 7-0, 5-0, 5-0. Kepada wartawan ia mengaku sering menggunakan teknik andalannya berupa teknik guntingan untuk menjatuhkan lawan.

“Itu salah satu teknik guntingan buat ngejatuhin lawan cuma itu bisa dibikin salah satu alternatif buat mengulur waktu,” katanya di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (23/8).

Baca Juga: Asian Games 2018: Iqbal Bawa Indonesia Masuk 8 Besar Pencak Silat

2. Permainan Malik dibaca lawan

Dramatis: Pesilat Indonesia Ini Menang di 3 Detik Terakhir! IDN Times/Helmi Shemi

Malik mengaku sempat hilang fokus karena salah satu teknik andalannya dipatahkan lawan di babak kedua. Ia pun mencoba mengubah teknik namun menjadi tegang dan tidak rileks.

“Cuma yang aku ngeblank salah satu teknik andalan aku bisa kebaca. Makanya aku sempet ngerubah teknik tapi agak tegang, gak rilek sama teknik yang aku lakukan tadi. Ya jadi banyak kecolongan,” ungkapnya.

Tiga dari lima juri memenangkan Nguyen dengan skor 5-4, 5-4, 1-6, (-1)-6, 1-4. Nguyen membalikan keadaan.

3. Dramatis di tiga detik terakhir

Dramatis: Pesilat Indonesia Ini Menang di 3 Detik Terakhir! IDN Times/Helmi Shemi

Malik masih tertinggal di babak ketiga. Dalam waktu normal pertandingan yakni 120 detik, hingga detik 117 Malik hanya unggul di 2 juri untuk total skor. Yakni 20-16, 17-16, 14-16, 9-16 dan 13-14.

Sisa 3 detik ia manfaatkan dengan baik dengan mengeluarkan seluruh jurus simapannya untuk menjatuhkan Nguyen.

“Tinggal tiga detik aku liat di juri 5 selisih satu poin kan kalau tendangan 2 poin. Nah aku ngambil celah dari situ dua tendangan harus di depan juri 5. Pas nah (kena) langsung berubah poinnya,” ungkap Malik.

Hasil pun berubah dengan kemenangan dari 3 juri untuknya. Ia mendapat skor 22-16, 19-16, 16-16, 11-16 dan 15-14. Dengan hasil ini Malik melaju ke babak 8 besar.

Baca Juga: 5 Perguruan Pencak Silat Indonesia yang Paling Disegani

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya