Ambisi Aldila Jadi Orang Indonesia Pertama yang Raih Grand Slam

Aldila sempat menembus semifinal Wimbledon 2023

Jakarta, IDN Times - Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi berambisi mengukir sejarah dengan meraih gelar juara Grand Slam pertama di Australia Terbuka 2024. Tampil di nomor ganda putri bersama petenis Jepang Miyu Kato, dia akan memulai perjalanannya dari babak utama.

Aldila sendiri menempati peringkat 26 ganda putri WTA pada awal 2024 ini. Sementara, pasangannya Miyu Kato berada di peringkat ke-27 ganda putri WTA.

Pasangan ini tercatat jadi unggulan ke-12 dalam Australian Terbuka 2024 yang berlangsung di Melbourne. 

1. Aldila Sutjiadi Semangat hadapi Australia Terbuka

Ambisi Aldila Jadi Orang Indonesia Pertama yang Raih Grand SlamPetenis Indonesia-Jepang, Aldila Sutjiadi/Miyu Kato memenangkan ajang WTA 250 bertajuk ASB Classic di Selandia Baru. (instagram.com/asbclassic)

Jadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang Grand Slam kali ini, Aldila memiliki ambisi besar menjadi orang Indonesia pertama yang meraih gelar juara Grand Slam.

"Saya sangat bersemangat untuk mengikuti Australia Terbuka tahun ini. Ini adalah kesempatan besar bagi saya untuk meraih gelar Grand Slam pertama saya,”  kata petenis yang hobi travelling itu dalam rilis yang dierima IDN Times.

Aldila punya pengalaman yang cukup baik di Australia Terbuka. Dalam ajang itu di edisi sebelumnya, dia mampu mencapai babak 16 besar. Perjalanan Aldila/Kato dihentikan pasangan Coco Gauff/Jessica Pegula yang merupakan unggulan kedua. 

Baca Juga: [WANSUS] Aldila Sutjiadi, Srikandi Tenis yang Harumkan Nama Indonesia

2. Aldila tak takut walau bersua petenis top dunia

Ambisi Aldila Jadi Orang Indonesia Pertama yang Raih Grand SlamPetenis Indonesia-Jepang, Aldila Sutjiadi/Miyu Kato memenangkan ajang WTA 250 bertajuk ASB Classic di Selandia Baru. (instagram.com/asbclassic)

Pada Australia Terbuka edisi kali ini, Aldila menilai jika persaingan perebutan gelar juara bakal berjalan berat. Terlebih, dirinya akan bertemu dengan petenis-petenis top dunia di setiap babak. 

Namun demikian, dia tetap optimistis dan bakal berusaha sekuat tenaga meraih prestasi terbaik.

"Saya akan berjuang sekuat tenaga untuk meraih gelar juara. Saya percaya bahwa saya bisa melakukannya,” ujar dia.

3. Pelatih yakin Aldila bisa membuat sejarah

Ambisi Aldila Jadi Orang Indonesia Pertama yang Raih Grand SlamPetenis Indonesia, Aldila Sutjiadi jalani debut di Australian Open 2022. (instagram.com/dila11)

Sementara, pelatih Aldila, yakni Martin Setiawan, juga optimistis dan menyebut Aldila punya kans meraih Grand Slam pertamanya. 

"Aldila memiliki potensi yang besar untuk meraih grand slam. Dia memiliki teknik yang bagus, mental yang kuat, dan pengalaman yang cukup. Saya yakin Aldila bisa mencapai targetnya jika dia terus bekerja keras dan fokus pada permainannya,” beber Martin. 

Australia Terbuka 2024 akan dimulai pada Minggu (14/1/2024). Australia Terbuka merupakan Grand Slam pertama tahun ini, yang notabene merupakan turnamen tenis profesional level tertinggi.

Aldila menjadi salah satu dari sedikit petenis Indonesia yang bisa bermain di Grand Slam. Dia pun bertekad menjadi orang Indonesia pertama yang meraih gelar juara Grand Slam. 

Baca Juga: Mantap! Aldila Sutjiadi Juara WTA 250 Auckland

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya