Komang Ayu Jadi Pahlawan, Indonesia ke Final Uber Cup 2024!

Komang Ayu Cahya Dewi kalahkan Kim Min Sun di duel penentuan

Jakarta, IDN Times - Indonesia membuat catatan apik dengan melaju ke final Uber Cup 2024. Kemenangan Indonesia dipastikan tunggal putri, Komang Ayu Cahya Dewi, yang mampu mengalahkan Kim Min Sun melalui rubber game 17-21, 21-16, 21-19.

Dalam duel penentu di Hi-Tech Zone Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu (4/5/2024), Komang Ayu mengawali duel dengan gugup. Hal itu dimanfaatkan Kim di awal gim pertama hingga unggul tipis 4-6.

Kim semakin dominan menguasai jalannya pertandingan. Dia mampu menempatkan bola-bola sulit ke arah Komang Ayu. Hasilnya, Kim menutup interval pertama dengan skor 7-11.

Komang sempat memberi perlawanan dengan memperpendek jarak poin 14-17. Namun, Kim yang tampil tenang, mampu menyelesaikan gim pertama dengan keunggulan 17-21.

Memasuki gim kedua, Komang Ayu coba memgambil alih jalannya duel. Hal itu membuat Kim sulit mengembangkan permainan. Memanfaatkan momentum, Komang unggul lebih dulu 5-3.

Duel antara kedua pemain muda ini berjalan lebih ketat pada gim kedua. Kim beberapa kali memperkecil ketertinggalan, tapi Komang Ayu mampu menutup interval ini dengan skor 11-6.

Permainan Komang Ayu sempat kendur di gim ini. Kim terus berupaya keluar dari tekanan. Namun, Komang Ayu bisa berusaha bangkit dan kembali unggul 15-10.

Komang Ayu mampu memanfaatkan momentum lagi dengan baik. Walau Kim mampu memberikan perlawanan sengit, dia bisa menutup gim kedua melalui pukulan cantiknya dengan skor 21-16.

Duel terpaksa dilanjutkan dengan rubber game dihelat untuk menentukan pemenang laga ini. Komang Ayu yang tampil lebih tenang, mendapat perlawanan sengit. Kedua tunggal putri ini bahkan sempat berbagi poin 5-5.

Kim mulai bisa mengembangkan permainan. Sebaliknya, Komang Ayu juga tak mau mengendurkan tekanannya. Interval gim ini ditutup dengan keunggulan Komang dengan skor 11-9.

Komang Ayu coba bermain di depan net. Hal itu ternyata berjalan efektif. Dia mampu memperlebar keunggulan menjadi 15-11.

Kim yang mulai tertekan, beberapa kali melakukan unforced error. Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Komang Ayu. Melalui smash kerasnya, Komang pun mampu menutup duel dengan kemenangan 21-19.

Hasil ini membuat Indonesia menang 3-2 atas Korsel. Mereka untuk pertama kalinya kembali tampil di final Uber Cup. Prestasi serupa terakhir kali diraih srikandi tanah air 16 tahun silam, tepatnya di edisi 2008.

Indonesia ditantang China di final Uber Cup 2024. Mereka berpeluang mencetak sejarah jika mampu meraih gelar juara yang terakhir kali diraih pada edisi 1996.

Baca Juga: Lani/Ribka Kalah, Korsel Samakan Kedudukan 2-2

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya